Ditangkap di Tabalong, Janda asal Ampah Kalteng Sudah Teler dari Amuntai Guru Danau Imbau Ulama Kalsel Tidak Berpolitik Praktis Puncak Pandemi, Berapa Limbah Infeksius Covid-19 di Kalsel? Amankan Pilgub Kalsel 2020, Polres Tapin Siapkan 258 Personel Akhir 2024, Agropolitan Anjir Pasar Batola Ditarget Berdaya Saing

Kelola Lingkungan, KLHK Diminta Kolaborasikan Kearifan Lokal

- Apahabar.com Minggu, 27 Oktober 2019 - 05:45 WIB

Kelola Lingkungan, KLHK Diminta Kolaborasikan Kearifan Lokal

Akademisi Universitas Muhammadiyah Palangka Raya, Dr HM Riban Satia. Foto – Antara/Rendhik Andika

apahabar.com, PALANGKA RAYA – Akademisi Universitas Muhammadiyah Palangka Raya, Dr HM Riban Satia meminta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dapat mengolaborasikan konsep kearifan lokal pengelolaan hutan dalam rangka perbaikan lingkungan hidup.

“Harapan kami dengan dilantiknya bapak Alue Dohong sebagai Wakil Menteri Lingkungan Hidup, konsep pengelolaan lingkungan hidup yang menjadi nilai kehidupan masyarakat lokal dapat dikembangkan menjadi kebijakan nasional,” kata Riban di Palangka Raya, Sabtu (26/10).

Mantan Wali Kota Palangka Raya dua periode itu juga mengatakan masuknya Alue Dohong sebagai orang pertama Kalimantan Tengah yang masuk kabinet pemerintah memberi warna dan harapan baru dalam pengelolaan lingkungan hidup, khususnya bagi Kalteng.

Menurut dia, Alue Dohong yang sebelumnya juga masuk dalam jajaran Badan Restorasi Gambut (BRG) sangat memahami konsep budaya dan kearifan lokal dalam pengelolaan lingkungan hidup.

Selama ini pria yang juga menjadi salah satu dosen di Universitas Negeri Palangka Raya (UPR) itu mampu mengolaborasikan budaya dan kearifan lokal dengan sisi akademik dalam pengelolaan lingkungan. Sehingga ide dan pemikirannya pun diakui oleh pemerintah pusat.

Sehingga, Alue pun dinilai cocok menduduki jabatan Wakil Menteri LHK. Hal itu juga diperkuat dengan pengalaman dan kemampuannya pengelolaan lingkungan hidup yang selama ini telah dilaksanakan.

“Bagus dan kami bersyukur ada kepercayaan dari Pemerintah Pusat, ketika ada putra daerah khususnya dari Kalteng yang menjadi bagian dari kabinet kerja presiden,” kata Riban.

Riban yang juga menilai masih banyak putra daerah yang memiliki kompetensi untuk duduk di kabinet kerja pemerintah pusat.

“Banyak di UPR  dan lembaga lain di Kalteng yang cukup kompeten. Selama ini kami melihat ketika diberikan kesempatan mereka akan memberikan kontribusi yang nyata,” kata Riban.

Baca Juga: Akibat Petir, Harta Ketua RT Dusun Duku Mola Ludes Terbakar

Baca Juga: Geliat ‘Lintah Darat’ di Kalteng: Cuma 5 Menit, 1 Juta Bisa Keluar

Sumber: Antara
Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Dua Bulan Buron, Pelaku Jambret di Kapuas Berhasil Diringkus
apahabar.com

Kalteng

Wacana Penundaan Pilkada, KPU Kalteng Tegak Lurus dengan KPU RI
apahabar.com

Kalteng

DPMPTSP Kapuas Kalteng Minta Camat dan Lurah Aktif Awasi Bangunan Sarang Walet di Selat
apahabar.com

Kalteng

Pilkada Kalteng, Kajati Ingatkan Jajarannya Harus Netral
apahabar.com

Kalteng

Tenaga Medis Positif Covid-19, Puskesmas di Barut Tutup Sementara
apahabar.com

Kalteng

Dear Warga Kobar Kalteng, Biaya Rapid Tes Kini Turun Drastis
apahabar.com

Kalteng

Temuan Mayat Membusuk di Tjilik Riwut Gegerkan Warga Palangka Raya
apahabar.com

Kalteng

Dinas Peternakan Pastikan Sapi Kurban Bebas Penyakit
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com