Resmi, Hakim Vonis Pemilik Gudang Sabu di Banjarmasin Penjara Seumur Hidup! Remaja Korban Tabrakan di Tabalong Akhirnya Diamputasi, Keluarga Pilih Ikhlas Periksa 16 Mahasiswa, Polisi Terbitkan SPDP untuk Korwil BEM Kalsel Dapat Lampu Hijau, SMA di Kalsel Belum Berani Buka Sekolah Netizen Gagal Paham Soal Bingkisan SHM-MAR, Bawaslu: Sarung Boleh

Lewat Prasasti Digital, Jokowi Akhirnya Resmikan ‘Tol Langit’

- Apahabar.com Senin, 14 Oktober 2019 - 11:31 WIB

Lewat Prasasti Digital, Jokowi Akhirnya Resmikan ‘Tol Langit’

Penandatanganan prasasti digital oleh Presiden Jokowi saat peresmian Palapa Ring di Istana Negara, Jakarta pada Senin siang. Foto-Antara

apahabar.com, JAKARTA – Presiden Jokowi akhirnya meresmikan infrastruktur jaringan telekomunikasi, Palapa Ring, Senin (14/10) siang.

Proyek internet cepat ke seluruh Indonesia ini sejak lama disebut Tol Langit. Proyek ini sebenarnya ditarget rampung Agustus kemarin.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti digital di Istana Negara, Jakarta.

“Pemerintah berkomitmen menuntaskan Palapa Ring sebagai infrastruktur tol langit kita,” kata Jokowi dalam sambutannya, dikutip apahabar.com dari Antara.

Menurut Presiden, pembangunan jaringan telekomunikasi itu diharapkan tidak hanya membangun sektor ekonomi. Tetapi juga memajukan sektor sosial, budaya, dan politik di seluruh Indonesia.

Dia menjelaskan ketersambungan komunikasi akan menyatukan Indonesia dari Sabang sampa Merauke serta Miangas ke Pulau Rote.

“Konektivitas ini harus bisa kita manfaatkan untuk kesejahteraan dan kemajuan bangsa untuk penguatan persatuan kita, persaudaraan di antara kita, untuk memperkuat pendidikan di antara kita dan memfasilitasi lalu lintas ilmu pengetahuan di seluruh pelosok nusantara,” kata Presiden.

Untuk menguji Palapa Ring, dalam acara itu juga dilakukan konferensi video dengan sejumlah pemerintah daerah di Ba’a Rote Ndao, Sabang, Penajam Paser Utara, dan Merauke, serta Sorong.

Sejumlah pejabat yang hadir pada acara itu antara lain Menko bidang Perekonomian Darmin Nasution, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri Perencanaan dan Pembangunan Bambang Brodjonegoro, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Kepala BIN Budi Gunawan, Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti, Kepala Bekraf Triawan Munaf.

Menurut keterangan dalam laman Kementerian Komunikasi dan Informatika, Palapa Ring adalah infrastruktur telekomunikasi jaringan serat optik di sepanjang wilayah Indonesia seluas 36.000 kilometer.

Pembangunan serat optik nasional menjangkau 440 kota/kabupaten. Proyek itu terdiri dari tujuh lingkar kecil serat optik di wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Nusa Tenggara, Papua, Sulawesi dan Maluku.

Proyek Palapa Ring akan mengintegrasikan jaringan yang telah terbangun dengan jaringan baru pada wilayah timur Indonesia.

Palapa Ring-Timur dibangun sejauh 4.450 KM yang terdiri dari sub marine cable sejauh 3.850 km dan land cable sepanjang 600 KM dengan landing point sejumlah lima belas titik pada 21 kota/kabupaten.

Baca Juga: Hari Ini, Jokowi Bakal Resmikan Proyek ‘Tol Langit’

Editor: Fariz Fadhillah

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Aturan Baru TBA, Garuda Susah Kejar Target Untung
apahabar.com

Nasional

Doni Monardo: Pemprov DKI Jakarta Belum Pernah Mencabut PSBB
ABK China di Kotabaru Terindikasi Corona, Warga Diminta Tenang

Nasional

ABK China di Kotabaru Terindikasi Corona, Warga Diminta Tenang
apahabar.com

Nasional

Bantu Amankan Jakarta, Polda Kaltim Kirim 1 SSK Brimob
apahabar.com

Nasional

Bahaya Konsumsi Obat Nyeri Tiap Kali Haid
apahabar.com

Nasional

Harapan Indah untuk Menikah Pupus Akibat Kekasih Diterjang Tsunami
apahabar.com

Nasional

Presiden Ingatkan Pentingnya Ikhtiar Batiniah Saat Pandemi Covid-19
apahabar.com

Nasional

Anak dan Mantu Maju Pilkada, Jokowi: Rakyat Sudah Pintar Memilih
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com