apahabar.com
Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024, Joko Widodo – Ma’ruf Amin. Foto – Kompas.com/Garry Lotulung

apahabar.com, JAKARTA – Wakil Presiden Terpilih Ma’ruf Amin mengungkapkan bocoran jumlah kementerian di Pemerintahan yang akan membantu dia dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Pemerintahan 5 tahun ke depan.

Menurutnya, ada 34 kementerian yang nantinya di dalam Kabinet Kerja Jilid II. Dari jumlah tersebut ada sejumlah kementerian yang akan memiliki wakil menteri.

“Ya ada 34 (kementerian), sekitar segitu,”ungkap Ma’ruf dikutip dari wawancarai tvOne, Sabtu (19/10).

Dia menjelaskan, selain karena porsi kerjanya besar, posisi wakil menteri di sejumlah kementerian pun ditentukan untuk mengakomodir koalisi partai pendukung pemerintah.

“Koalisi pasti (Dapat posisi), sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan. masing-masing parpol. PDIP berapa, Golkar berapa, NasDem berapa, PKB berapa, dan PPP berapa. Kan ada komposisinya,” ungkap Ma’ruf.

Selain dari perwakilan parpol, kabinet kerja jilid II juga menurutnya akan banyak diisi oleh profesional. Sehingga diharapkan kinerjanya dapat digenjot.

Sementara itu untuk non koalisi, tidak menutup kemungkinan masuk di jajaran kabinet. Dia pun mengakui, pertemuan Jokowi dengan Prabowo dan Susilo Bambang Yudhoyono merupakan bagian dari negosiasi tersebut.

“Ya itu kan bagian dari negosiasi, tapi nanti yang umumkan pak Jokowi apakah yang non parpol akan masuk,” tambahnya.

Baca Juga: Simak! Ini Rangkaian Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Besok

Baca Juga: Indo Barometer Ragu Susunan Kabinet Langsung Diumumkan Usai Pelantikan

Sumber: Vivanews.com

Editor: Aprianoor