Kalsel Kedatangan Pejabat Pusat, Ibnu Sina Minta Laboratorium Bertambah Belasan, 6 Positif Covid-19 di Kotabaru Pejuang Medis dan WNA Sosok AS, Terduga Teroris di Tanbu yang Diamankan Densus 88 Densus 88 Beraksi di Tanah Bumbu, Buku Jihad dan Syal Diamankan Tagihan Listrik di Kalsel-Teng Membengkak? PLN Ungkap Penyebabnya




Home Kalsel

Kamis, 10 Oktober 2019 - 18:59 WIB

Mengantongi Buku Nikah, Pasangan Gaek Ini Semringah

Triaji Nazulmi - Apahabar.com

Bupati Barito Kuala, Hj Noormiliyani AS, menyerahkan seperangkat produk layanan terpadu sidang keliling isbat nikah. Foto-Bastian Alkaf/apahabar.com

Bupati Barito Kuala, Hj Noormiliyani AS, menyerahkan seperangkat produk layanan terpadu sidang keliling isbat nikah. Foto-Bastian Alkaf/apahabar.com

apahabar.com, MARABAHAN – Hampir 36 tahun menunggu, harapan Muhammad dan Hatma untuk memperoleh dokumen pernikahan resmi, baru benar-benar terwujud, Kamis (10/10).

Pasangan dari Desa Beringin, Kecamatan Alalak ini merupakan satu dari 31 pasangan yang menerima produk layanan terpadu sidang keliling isbat nikah.

Produk tersebut berupa sepasang buku nikah dan Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga, serta Akte Kelahiran sebanyak jumlah anak yang ditanggung. Penyerahan simbolis semua dokumen dilakukan Bupati Batola, Hj Noormiliyani AS, di Balai Latihan Masyarakat.

Sebelum mendapatkan dokumen tersebut, mereka menjalani sidang isbat nikah yang melibatkan Pengadilan Agama Marabahan. Sementara dokumen lain diberikan Kementerian Agama dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Batola.

Dengan putusan penetapan isbat nikah, perkawinan telah resmi tercatat. Ini juga berarti memberi perlindungan hukum terhadap hak-hak suami, istri maupun anak-anak dalam perkawinan tersebut.

Baca juga :  Marcus Kartu Merah di All England, Ini Jenis Penalty Card Bulutangkis

“Sidang isbat nikah dilakukan karena pernikahan belum atau tanpa dicatat, serta tak punya akta nikah dengan penyebab keterbatasan biaya, hilang atau terlalu jauh dari KUA,” papar Noormiliyani.

“Tanpa dokumen-dokumen kependudukan tersebut, ketersediaan layanan kesehatan dan pendidikan gratis menjadi tidak berarti,” imbuhnya.

Penyerahan dokumen tersebut sekaligus mengakhiri penantian Muhammad dan Hatma, setelah 36 tahun menikah, dikaruniai tiga anak dan beberapa orang cucu.

“Ketika dinikahkan penghulu di pertengahan 1983, kami tak sempat mengurus buku nikah karena sibuk bekerja. Lantas setelah dicari ke KUA puluhan tahun kemudian, data tersebut sudah hilang,” papar Muhammad.

“Kami ikut sidang isbat nikah lantaran diinformasikan salah seorang keponakan. Meski tidak setiap hari dipakai, setidaknya kami tenang sudah memiliki dokumen pribadi,” imbuh pria berusia 53 tahun ini.

Baca juga :  H+1 Idulfitri, Terminal Pal 6 Sepi Penumpang

Alalak sendiri merupakan kecamatan pertama yang disasar sidang keliling isbat nikah. Selanjutnya program ini berlanjut ke Tabunganen dan Kuripan.

Sedianya terdapat 40 pasangan yang mendaftarkan diri mengikuti sidang. Namun setelah diverifikasi, hanya 32 pasang yang berhak mengikuti sidang. Belakangan cuma 31 pasangan yang berhak memperoleh dokumen.

“Pasangan yang gagal mengikuti sidang disebabkan kekurangan data,” sahut Rusdiana, Ketua Pengadilan Agama Marabahan.

“Mendaftarkan diri dengan status duda atau janda, mereka tidak dapat menghadirkan akte perceraian dari Pengadilan Agama. Padahal setelah diperiksa, perkawinan mereka yang pertama sah,” tandasnya.

Baca Juga: Lawan Hoaks Imunisasi, Dinkes Batola Minta Komitmen Lintas Sektor

Baca Juga: Ini Penyebab Bayi Hidrosefalus Di Batola Belum Dioperasi

Reporter: Bastian Alkaf
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Peduli Lingkungan, PT. JBG Tetapkan Area Konservasi Beruang Madu dan Kayu Balangiran
apahabar.com

Kalsel

BMKG Prakirakan Malam Hari Kalsel Dikepung Asap
apahabar.com

Kalsel

Warning NU Kalsel Soal People Power, Haris: Mending Doa di Rumah
apahabar.com

Kalsel

Di Hari Juang, Dandim 1004 Kenang Sejarah Pasukan Infanteri Hancurkan Sekutu
apahabar.com

Kalsel

Mengenal Perilaku Anak Kecanduan Gadget dan Tips Mengatasinya
apahabar.com

Kalsel

Awal Tahun, Lalu Lintas di Bundaran Banjarbaru Padat Merayap
apahabar.com

Kalsel

Seluruh Aparatur Desa Balangan Dilatih Mengatur Perubahan APBDes
apahabar.com

Kalsel

Batola dan Lima Wilayah Kalsel Lainnya Diprakirakan Hujan Berpetir dan Angin Kencang