3 Jam Hujan Deras, Ratusan Rumah Warga Desa Miawa Tapin Kebanjiran Kisah Pilu Istri Korban Disambar Buaya di Kotabaru, Harus Rawat 4 Anak, 1 di Antaranya Berusia 6 Bulan Suami Penanambaan, Ibu Terduga Pembunuh 2 Anak di Benawa HST Pernah Kuliah Produksi Migas Kalimantan-Sulawesi Lampaui Target, Kok Bisa? PLTS Tak Berfungsi, Kades Panaan Mengadu ke Dinas ESDM Kalsel

Pemkab HST Gandeng BI Latih Pengusaha Ikan Tawar di HST

- Apahabar.com Rabu, 9 Oktober 2019 - 13:43 WIB

Pemkab HST Gandeng BI Latih Pengusaha Ikan Tawar di HST

Para peserta pelatihan budidaya ikan tawar dan jajaran Pemkab HST serta perwakilan Kantor BI Kalsel berfoto bersama usai membuaka kegiatan pelatihan di Desa Labunganak, Batara, Rabu (9/10).Foto-apahabar.com/HN Lazuardi

apahabar.com, BARABAI – Puluhan pengusaha ikan mengikuti pelatihan teknik budidaya ikan air (Pokdakan) tawar dan pembuatan pakan secara mandiri yang digelar oleh Dinas Ketahanan┬áPangan dan Perikanan Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Rabu (09/10).

Kegiatan pelatihan itu bekerjasama dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Pemateri untuk pelatihan ini didatangkan dari Universitas Lambung Mangkurat, Suhaili Asmawi.

Kabid Perikanan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan HST, Adriani Razak dalam laporannya menyampaikan, para peserta pelatihan itu terdiri dari 4 Kecamatan yakni, Batang Alai Utara (Batara), Labuan Amas Utara (LAU), Pandawan dan Labuan Amas Selatan (LAS).

Semuanya dilatih bagaimana mengelola pakan dan menentukan pakan ikan. Karena hal itu sangat mempengaruhi kualitas dan jumlah ikan yang dihasilkan saat panen.

“Setelah mengikuti pelatihan, peserta diharapkan mampu menentukan pakan budidaya ikan dengan benar sesuai standar yang telah ditetapkan. Jadi melalui pelatihan ini, diharapkan sudah tidak salah lagi dalam mengelola ikan,” kata Adriani usai membuka pelatihan di desa Labunganak kecamatan Batang Alai Utara.

Sementara itu, Kepala Divisi Pengembangan Ekonomi BI Provinsi Kalsel, Dadi Esa Cipta menyampaikan tujuan pelatihan yakni, upaya untuk mengendalikan tingginya harga ikan air tawar di Kalsel akibat banyaknya permintaan masyarakat dan pengaruh cuaca yang belum dapat diantisipasi dengan baik.

“Selain itu hadirnya ikan nila juga dapat menjadi alternatif pilihan masyarakat dalam menyantap ikan yang akan berpengaruh pada pengendalian inflasi,” terang Dadi.

Bupati dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas kerjasama BI dan Pemateri dari ULM.

“Semoga dengan kerjasama ini akan saling mengikat dalam upaya mendorong pertumbuhan sektor riil dan UMKM melalui program pengembangan klaster budidaya ikan air tawar di HST,” kata Bupati HST, HA Chairansyah melalui Staf Ahli Bidang Ekonomi, H Zainudin.

Chairansyah, kata Zainudin, berharap seluruh peserta pelatihan bisa memanfaatkan kegiatan pelatihan itu dengan sebaik-baiknya sehingga dapat dijadikan bekal pengetahuan dalam upaya mendorong pertumbuhan sektor perikanan di bumi Murakata.

Baca Juga: Dugaan Wanprestasi Dalam Jerat Penipuan Bupati Balangan

Baca Juga: Sambut KKN UIN di HST, Chairansyah; Gunakan Pendekatan Sesuai Adat di Masyarakat

Reporter: HN Lazuardi
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Stick cone

Kalsel

Ada yang Unik di Jalan Ahmad Yani Banjarmasin, Terpasang Stick Cone, Intip Fungsinya
apahabar.com

Kalsel

Asyik Nongkrong, Si Penghancur Belasan Pot di Tapin yang Kebal Hukum Dibiarkan Berkeliaran
apahabar.com

Kalsel

DLH Beber Izin Perusahaan Pencemar Sungai Martapura
apahabar.com

Kalsel

Hasil Rapid Test Massal Kedua di Alalak, Naik Nyaris Dua Kali Lipat
apahabar.com

Kalsel

Sebelum Purna Tugas, Anggota DPRD Batola Dapat Pesangon
apahabar.com

Kalsel

Solusi Yang Ditawarkan Dinas TPH Kalsel Agar Petani Tidak Membakar Lahan
apahabar.com

Kalsel

Mengintip Status TJR, Pengusaha Muda Kotabaru: Jumat Berkah Penuh Inspiratif
apahabar.com

Kalsel

Mobil Berisi Mayat Pria di Gambut Sudah Bertahun-tahun Ditinggal Pemilik
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com