UPDATE 264 Rumah di HST Hilang Disapu Banjir, 9 Meninggal BANYU LALU HAJA Tim Paman Birin Mau Polisikan Warga, Peradi-Komnas HAM Pasang Badan Duuh, 8 Kecamatan di Tanah Laut Hilang Disapu Banjir Dear Korban Banjir Kalsel, Telkomsel Bebaskan Telepon-SMS Demi Aliran Sungai, Pos Polisi di Jalan Veteran Banjarmasin Dibongkar

Pernah Buat Paman Birin Berteriak, Pecatur Muda Asal HST Ini Kembali Tampil Maksimal

- Apahabar.com Selasa, 29 Oktober 2019 - 10:15 WIB

Pernah Buat Paman Birin Berteriak, Pecatur Muda Asal HST Ini Kembali Tampil Maksimal

Galang (kanan) bersama peraih juara 1 kelompok catur terbuka. Foto-apahabar.com/HN Lazuardi

apahabar.com, BARABAI – Masih ingat dengan Galang Wardhana, pecatur muda asal Hulu Sungai Tengah (HST) yang mendapat tepuk tangan serta teriakan “Hidup HST” dari orang no 1 di Kalsel, H Sahbirin Noor?

Kala itu, Paman Birin –akrab Gubernur disapa- berteriak lantang. Sebab, Galang tampil maksimal di nomor catur cepat terbuka Rektor Cup IV, dalam rangka Dies Natalis ke 61 Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin, 20-22 September 2019 lalu.

Siswa yang duduk di kelas VII SMP 10 HST itu meraih juara ketiga setelah menyisihkan 50 peserta catur. Ia hanya kalah bersaing dengan mahasiswi asal Kapuas, Ria Austina yang merebut peringkat dua, dan Sultan Aulia juga dari Kapuas sebagai juaranya.

Teranyar, dia sukses  menyisihkan lawannya di kelompok junior pada Turnamen Catur Cepat Terbuka Gubernur CUP 2019 yang digelar di Aula Rektorat ULM Banjarmasin sejak 25 hingga 27 Oktober 2019.

apahabar.com

Galang (bertopi, ketiga dari kiri bawah) bersama para pemenang lainnya pada Turnamen Catur Cepat Terbuka Gubernur CUP. Foto-apahabar.com/HN Lazuardi

Kembali tampil maksimal di turnamen itu, dia bersaing dengan 71 lawannya di nomor catur cepat pada kelompok junior. Dia pun berhasil masuk ke 16 besar melalui sistem swiss perfect 9 babak.

Usai menyingkirkan ke 16 lawannya melalui sistem gugur, Galang masuk 8 besar hingga semifinal dan melesat ke juara pertama.

“Saya bersyukur bisa kembali meraih penghargaan dan bisa kembali mempersembahkan trofi untuk HST,” kata Galang, Selasa (29/10).

Diakui Galang, capaian prestasinya itu tidak lepas dari peran Pengcab Percasi dan KONI HST yang mendukung dan memfasilitasi serta membina dia.

“Ini yang menjadi penyemangat untuk saya berusaha lebih keras lagi,” ucap siswa berumur 13 tahun itu.

Selama 2019 ini, tercatat oleh media ini sejak Juli hingga Oktober, Galang telah mempersembahkan 5 piala untuk HST.

Ketua KONI, HST, Yajid Fahmi, mengapresiasi atas prestasi yang dicapai Galang. Sebab prestasi dia membanggakan nama daerah.

“Terima kasih kepada atlet, pelatih, Percasi HST yang telah konsisten dalam pembinaan atlet dan klub sehingga bisa kembali menoreh prestasi yang membanggakan,” kata Yazid.

Yazid meminta kepada Pemkab HST agar memberi perhatian kepada atlet di daerah sendiri. Terlebih kepada prestasi-prestasi atlet HST yang mengharumkan nama daerah.

Sebab, Yazid mengatakan, di 2020 akan dilaksanakan pencanangan menuju prestasi untuk menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) di Kabupaten Hulu Sungai Selatan pada 2021 nanti.

“Mohon dukungan kepada semua pihak demi martabat daerah dalam bidang olahraga,” tutup Yazid.

Pada Turnamen Catur Cepat Terbuka Gubernur CUP Oktober 2019 itu, secara resmi dibuka Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor diwakili Kadispora Kalsel, Hermansyah, Jumat (25/10) lalu.

Dari laporan Ketua Pengprov Percasi Kalsel, M Amin turnamen catur itu merupakan yang pertama terbesar di Kalsel dengan jumlah peserta terbanyak.

“Selain Kalsel peserta juga berasal dari Papua, Kalimantan Timur (Kaltim), Kalimantan Tengah (Kalteng), Bekasi Jawa Barat (Jabar) yang diikuti 166 pecatur senior dan 72 pecatur Junior,” kata Amin.

Galang sendiri sebelumnya, seperti yang diberitakan media ini, membawa pulang 2 medali emas pada ajang Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Catur Kalsel pada 5-7 Juli lalu. Masing-masing pada kelompok menengah atas dan campuran, juara 1 disabet Galang.

Berikutnya dia tampil sebagai runner up pada Kejuaraan Catur Wali Kota Samarinda Cup tingkat pelajar se Indonesia yag digelar bersama Pencab Percasi Samarinda di Gor Segiri, Samarinda pada 19-21 Juli 2019 lalu.

Baca Juga: Hari Sumpah Pemuda, Paman Birin Gelar Futsal Remaja Mesjid

Baca Juga: Final Biliar Paman Birin Cup 2019 Berlangsung Sengit

Baca Juga: Menjaring Atlet Tenis Meja Kalsel di Paman Birin Cup

Reporter: HN Lazuardi
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Kiki - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Peringati HUT Pramuka ke-59, Ansharuddin Pastikan Bangun Gedung Pramuka Tahun Depan
apahabar.com

Kalsel

Bripka Kity, Anak Buruh Bangunan Peraih Nilai Tertinggi Seleksi Calon Perwira
apahabar.com

Kalsel

Jejak Presiden Soeharto di Kalsel (2), Diam-diam Cari Ilmu Kesaktian dan Harta Karun
apahabar.com

Kalsel

Pemuda di Takisung Tewas Kesetrum, XL Axiata Angkat Bicara
apahabar.com

Kalsel

BMKG: Hari Ini, Kalimantan Selatan Diprediksi Bebas Hujan
apahabar.com

Kalsel

Positif Covid-19 di Banjarmasin Kini Tembus 1.000 Kasus
apahabar.com

Kalsel

Ini Sosok Paspampres Era SBY dan Jokowi Asal Amuntai HSU
apahabar.com

Kalsel

Buka Portal di Antar Baru, PT BPP Tunggu Hasil Mediasi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com