Dugaan Skimming Bank Kalsel, Polisi Endus Kecurigaan Baru! Daftar Bersamaan dengan KIB, PSI: Tanda-Tanda Alam Nih! Banjarbaru Ibu Kota Baru, Ovie Minta Petani Tak Tergiur Alihfungsi Lahan Datangi KPU, PSI Selipkan Aspirasi Rakyat melalui Tulisan di Kaos Polda Kalsel Respons Desakan IPW Copot AKBP AB Dkk
agustus

Presiden Jokowi Bertekad Bawa Indonesia Jadi Negara Besar

- Apahabar.com     Minggu, 20 Oktober 2019 - 18:25 WITA

Presiden Jokowi Bertekad Bawa Indonesia Jadi Negara Besar

Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Ketua MPR Bambang Soesatyo (kedua kanan) memasuki ruang paripurna sebelum pelantikan Presiden dan Wakil Presiden di kompleks parlemen, Jakarta, Minggu (20/10). Foto - Bisnis/Arief Hermawan P

apahabar.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi), mengatakan Indonesia telah keluar dari jebakan pendapatan kelas menengah dan Indonesia telah menjadi negara maju. Hal itu ia sampaikan usai dilantik menjadi presiden untuk kedua kalinya , minggu (20/10).

Jokowi pun bertekad akan membawa Indonesia menjadi negara besar.

“Mimpi kita di 2045, Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia mencapai US$ 7 triliun. Indonesia masuk 5 besar ekonomi dunia dengan kemiskinan mendekati nol persen. Kita harus menuju ke sana,” katanya.

Sebagai informasi, PDB merupakan jumlah produksi baik barang atau jasa yang dihasilkan oleh unit produksi di suatu daerah atau negara pada saat tertentu. PDB biasanya dijadikan alat ukur pertumbuhan ekonomi suatu negara.

Data Dana Moneter Internasional (IMF) pada 2019 ini, PDB Indonesia mencapai US$3, 55 triliun.

Jokowi mengatakan sudah menghitung bahwa tekad tersebut cukup masuk akal dan sangat memungkinkan untuk kita capai. Memang katanya, untuk mencapai tekad tersebut tidak mudah.

Maklum, dunia saat ini penuh dengan risiko yang sangat dinamis dan yang kompetitif. “Kita harus terus mengembangkan cara-cara baru, nilai-nilai baru. Jangan sampai kita terjebak dalam rutinitas yang monoton,” katanya.

Jokowi menyatakan untuk mencapai tekad tersebut, ada beberapa langkah yang akan dilakukannya. Pertama, membangun sumber daya manusia.

Pembangunan sumber daya akan menjadi prioritas utama. “Itu tidak bisa diraih dengan cara lama, cara baru harus dikembangkan.” katanya.

Menurutnya untuk mengembangkan itu, Indonesia perlu endowment fund yang besar.

Kedua, menggenjot pembangunan infrastruktur. Jokowi mengatakan akan melanjutkan pembangunan infrastruktur, terutama yang menghubungkan kawasan produksi dengan kawasan distribusi yang mempermudah akses ke kawasan wisata yang mendongkrak lapangan kerja baru.

Ketiga, menyederhanakan regulasi. “Pemerintah akan mengajak DPR untuk menerbitkan dua undang-undang besar. UU Cipta Lapangan Kerja dan UU Pemberdayaan UMKM,” katanya.

Keempat, menyederhanakan birokrasi supaya investasi dan penciptaan lapangan kerja bisa digenjot.

Kelima, melakukan transformasi ekonomi dengan cara menggeser ketergantungan ekonomi Indonesia dari sumber daya alam menjadi berdaya saing manufaktur dan jasa modern yang memiliki nilai tambah tinggi bagi kemakmuran bangsa demi keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Baca Juga: Pelantikan Presiden, Baju Iriana Jokowi Dapat Pujian Warganet

Baca Juga: Presiden Jokowi Ingin Indonesia Tidak Terjebak Rutinitas Monoton

Sumber: CNN Indonesia.com
Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Nasional

Kesaksian WNI di Italia, Dulu Paling Diamuk Covid-19 Kini Zona Putih

Nasional

Mabes Polri Konfirmasi Penangkapan Eks Sekum FPI Munarman

Nasional

Tepis Hoaks, UAS: Yayasan Wakaf Bukan Kado Pernikahan
Hilang Kontak Pesawat Rimbun Air

Nasional

Pesawat Rimbun Air Hilang Kontak di Pedalaman Papua
KNKT

Nasional

KNKT: Perlu 2 sampai 5 Hari Baca Data Blackbox Sriwijaya Air SJ182
apahabar.com

Nasional

Pemerintah Tunjuk 5 Jubir Baru untuk Vaksin Covid-19, Siapa Saja?
Mesya Ananda

Nasional

Mesya Ananda, Polwan Cerdas yang Diterima di 7 Universitas di Inggris
apahabar.com

Nasional

TNI AU Siapkan 3 Pesawat Antar WNI dari Wuhan ke Natuna
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com