Perhatian! PT KPP Rantau Ngutang Pajak Alat Berat Rp 1,8 M Warung Jablay di HSS Meresahkan, MUI Ngadu ke DPRD Jelang Pencoblosan, Warga Kalsel Diimbau Jangan Telan Mentah-Mentah Berita Medsos Disbudpar Banjarmasin Rilis Dua Wisata Baru, Cek Lokasinya Otsus Jilid Dua, Semangat Baru Pembangunan Papua

Prioritaskan Program Daerah, Anggota DPR RI Asal Kalsel Upayakan Rayu Pemerintah

- Apahabar.com Senin, 7 Oktober 2019 - 15:15 WIB

Prioritaskan Program Daerah, Anggota DPR RI Asal Kalsel Upayakan Rayu Pemerintah

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) asal Kalimantan Selatan, Rifqinizamy Karsayuda Foto-apahabar.com/Musnita Sari

apahabar.com, BANJARMASIN – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) asal Kalimantan Selatan, Rifqinizamy Karsayuda berkomitmen akan meyakinkan Presiden dalam memprioritaskan program-program yang ada di Kalsel.

 “Tadi saya meminta DPRD untuk bertemu dengan gubernur. Kita berjuang, bersama-sama meyakinkan presiden dan para menteri bahwa apa yang kita anggap prioritas itu juga prioritas di mata mereka,” katanya saat ditemui di Gedung DPRD Kalsel, Senin (7/10/2019) siang.

Apalagi setelah ditetapkannya Kalimantan Timur sebagai Ibu Kota Negara, otomatis Kalsel sebagai provinsi paling dekat adalah salah satu penyangganya. Seluruh infrastruktur baik dari sisi ekonomi, perdagangan dan jasa, menurutnya dapat diletakkan di kawasan Kalsel.

“Persis seperti Jawa Barat hari ini, kawasan industri seperti di Cikampek atau Cilegon, nanti harus dipindah di sini,” kata dia.

Meski begitu, Kalsel juga harus berbenah diri terlebih dahulu. Di antaranya, harus mampu menyediakan sejumlah infrastuktur sebagai pendahuluan.

“Misal kalau kita menginginkan adanya international port (pelabuhan internasional), maka lahan dasar hadirnya itu harus kita siapkan,” papar dia.

Artinya Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang akan bekerja pada wilayah tersebut, sedangkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang akan memantapkan infrastrukturnya. Sehingga perlu untuk membangun rasionalisasi.

“Kalau kita bicara kenapa kereta api penting, maka kita harus menyusun juga masterplan kenapa Kalsel itu harus dilalui oleh jalur kereta api di ibu kota Negara yang baru,” ujarnya.

Politisi PDIP ini juga berkomitmen untuk menjadi mediator yang baik antara pemerintah pusat dan daerah, terutama kepada mitra kerja seperti para menteri dan direktorat jenderal (ditjen). Pihaknya juga akan mengusulkan pembahasan melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) bersama dengan Presiden Joko Widodo.

“Kita ingin menggagas Musrembang, tetapi ini khusus Kalimantan. Agar kemudian bisa lebih di dengar program-program prioritas kita ke depannya oleh pemerintah,” ungkapnya.

Baca Juga: Takut Diamuk Orang Keterbelakangan Mental, Warga Minta Polsek Martapura Kota Turun Tangan

Baca Juga: PKL Siring Tendean Ingin Sampaikan Keluhan, Ibnu Sina Tak Kunjung Datang

Reporter: Musnita Sari
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Terpantau CCTV, Simpang Lima Sutoyo Langganan Pelanggaran Lalu Lintas
Tarik Minat Masyarakat, PMI Banjarmasin Buka Gerai Darah

Kalsel

Tarik Minat Masyarakat, PMI Banjarmasin Buka Gerai Darah  
apahabar.com

Kalsel

OPD Tercepat Serahkan Rekapitulasi Anggaran Siap-Siap Dapat Kado Bupati HST
apahabar.com

Kalsel

Pandemi Covid-19 Tak Pengaruhi Permintaan Hewan Korban di Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Tambah 3 Kasus Positif, Orang Dalam Perawatan Covid-19 di HST Turun
apahabar.com

Kalsel

Penabrak Lari yang Ngaku Polisi di Banjarmasin Ternyata Sudah Diamankan
Jemaah Haul Guru Sekumpul Padati Q Mall Banjarbaru

Kalsel

Jemaah Haul Guru Sekumpul Padati Q Mall Banjarbaru  
apahabar.com

Kalsel

Bakti Sosial Polda Kalsel Adakan SIM Gratis hingga Swab Massal
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com