Ditangkap di Tabalong, Janda asal Ampah Kalteng Sudah Teler dari Amuntai Guru Danau Imbau Ulama Kalsel Tidak Berpolitik Praktis Puncak Pandemi, Berapa Limbah Infeksius Covid-19 di Kalsel? Amankan Pilgub Kalsel 2020, Polres Tapin Siapkan 258 Personel Akhir 2024, Agropolitan Anjir Pasar Batola Ditarget Berdaya Saing

R-APBD 2020, Pemkab Tabalong Buat Program Jaminan Kesehatan Semesta

- Apahabar.com Senin, 28 Oktober 2019 - 19:17 WIB

R-APBD 2020, Pemkab Tabalong Buat Program Jaminan Kesehatan Semesta

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong dr Taufiqurrahman Hamdie saat Konsolidasi dengan Komisi 1 DPRD Kabupaten Tabalong. Foto-Humas Pemkab Tabalong

apahabar.com, TANJUNG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabalong melalui Dinas Kesehatan menganggarkan dana sebesar Rp25 miliar pada Rancangan-APBD 2020. Hal itu dilakukan untuk merealisasikan program Jaminan Kesehatan Semesta atau Universal Healthy Covarage (UHC).

“Insya Allah program UHC ini kita realisasikan Januari 2020,” kata Kepala Dinas Kesehatan Tabalong, dr Taufiqurrahman Hamdie saat rapat kerja dengan Komisi I DPRD Tabalong.

Dengan UHC yang dianggarkan itu nantinya, 240 ribu masyarakat Bumi Sarabakawa, sebutan Tabalong, pemerintah setempat akan membayarkan premi atau iuran Jaminan Kesehatan Nasional melalui Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

“Melalui anggaran pemerintah kita, seluruh masyarakat Tabalong sudah tercover. Melalui anggaran pemerintah daerah, kita akan memberikan pembayaran premi untuk BPJS, sehingga 240 ribu masyarakat Tabalong sudah tercover pelayanan BPJS,” jelas Taufiq.

Saat ini, Taufiq mengatakan, masih sekitar 78 ribu masyarakat Tabalong belum memiliki kartu. Sehingga kedepannya akan diakomodir melalui program UHC.

Anggota DPRD Tabalong Komisi I, Nabahan Fiji mendukung program tersebut dan berharap dapat mencakup seluruhan masyarakat Tabalong dan betul-betul dilaksanakan serta berhasil.

Program UHC yang diproyeksi tahun depan kata Fiji ditujukan supaya masyarakat memiliki akses untuk mendapat pelayanan kesehatan tanpa harus menghadapi kesulitan finansial.

“UHC harus bisa mengcover kepesertaan BPJS untuk masyarakat Kabupaten Tabalong, baik itu yang miskin maupun yang kaya, sehingga target UHC ini betul-betul tercapai bisa 100 persen,” tegas Fiji.

Pun demikian dengan Kepala BPJS Kesehatan Tabalong, Ideham Halik  yang juga mengaku mengaku senang atas progres UHC yang sudah di depan mata itu.

“Kami siap mengawal dan memastikan Program JKN-KIS UHC di Tabalong bisa berjalan berjalan dengan baik.,” harap Ideham.

Halik menjelaskan, UHC sendiri penyelenggaraannya bukan tanpa dasar. Hal tersebut sudah diatur Perpres 82 Tahun 2018 yang merupakan pondasi pentingnya program tersebut.

Seperti yang tertuang pada Pasal 6 Ayat 1 dan Pasal 12. Dijelaskan bahwa setiap penduduk Indonesia wajib menjadi peserta dan penduduk yang belum terdaftar sebagai peserta JKN-KIS dapat didaftarkan oleh pemerintah.

“Sebelum adanya Perpres 82, pemberian jaminan kesehatan dari pemerintah hanya diperuntukkan kepada yang miskin dan tidak mampu saja untuk jadi peserta. Namun sekarang, seluruh penduduk yang belum terdaftar bisa didaftarkan apabila dari segi anggaran pemdanya mampu. Dalam hal ini, pemda secara regulasi diperbolehkan,” papar Ideham.

Selain kedua pasal diatas, Pasal 102, pemerintah yang menyelenggarakan jaminan kesehatan di daerah wajib mengintegrasikan jamkesdanya.

“Wajib dipahami bahwa sudah tidak ada lagi jaminan kesehatan yang dikelola sendiri oleh pemerintah daerah. Namun saat ini wajib diintegrasikan dengan Program JKN-KIS,” tegas Halik.

Baca Juga: Kisah Ipda Jody Dharma Mengungkap Narkoba, Berawal Nonton Film Detective Horatio

Baca Juga: Kaltim dan Kalteng Kirim Utusan Sumpah Pemuda di Kaki Gunung Meratus

Reporter: HN Lazuardi
Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Alasan Keselamatan Pengendara, Tiga Jembatan di Banjarmasin Diperkokoh
apahabar.com

Kalsel

Muntah, Muntah, Bocah 125 Kg Tanah Laut Dilarikan ke Puskesmas
apahabar.com

Kalsel

Menengok Sejarah, Flu Spanyol Sempat Menghantui Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Satu Calon Jemaah Haji Batola Gagal Berangkat
apahabar.com

Kalsel

Kebakaran Pasar Kotabaru, Pedagang Ikan Rugi Miliaran
apahabar.com

Kalsel

Lepas Peserta Festival Gema Takbir, Paman Birin Ajak Masyarakat Bergembira
apahabar.com

Kalsel

Debt Collector Beraksi di Banjarbaru, Satu DPO Eks Polri
apahabar.com

Kalsel

Dewan Temukan Kejanggalan Pembangunan Jembatan Penghubung di Km 5
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com