Heboh Dikira Disembunyikan Makhluk Gaib, Ibu Muda di HST Akhirnya Ditemukan BREAKING! Warga “Bagandang Nyiru” Cari Ibu Muda yang Hilang di Cukan Lipai HST Kades-BUMDes Saradang Tabalong Ancam Polisikan Warga Penyebar Berita Bohong Kalah 39 Ribu Suara, H2D Pinta MK Kesampingkan Ambang Batas Pacu Sinergitas, Bjb Sekuritas Tandatangani PKS dengan Mandiri Sekuritas

Siswa SMAN 4 HST Dibekali Wawasan Kebangsaan

- Apahabar.com Sabtu, 12 Oktober 2019 - 08:03 WIB

Siswa SMAN 4 HST Dibekali Wawasan Kebangsaan

Acara Leadership Basic Training for Students dari Koramil 1002 Barabai yang diikuti para siswa SMAN 4 HST, Jumat (11/10). Foto-Pendim 1002 for apahabar.com

apahabar.com, BARABAI – Siswa SMAN 4 Hulu Sungai Tengah (HST) mendapat materi wawasan kebangsaan, Leadership Basic Training for Students dari Koramil 1002 Barabai, Jumat (11/10). Kegiatan itu diikuti puluhan siswa dari kelas X hingga XI.

“Wawasan kebangsaan ini sebagai upaya untuk menumbuhkan kesadaran dan rasa cinta tanah air sejak dini kepada para siswa,” kata Kapten Inf Moh Alip Suroso.

Dalam materinya, sebuah kesadaran untuk bela negara merupakan satu hal yang wajib dimiliki oleh setiap lapisan warga negara Indonesia sebagai wujud menunaikan hak dan kewajibannya dalam upaya membela negara.

Bela negara untuk para siswa, lanjut Alip sebagai modal dasar dalam rangka menjaga keutuhan NKRI, kedaulatan serta kelangsungan hidup bangsa dan negara Indonesia.

“Hal ini juga sekaligus kekuatan bangsa. Dimulai dari lingkungan sekolah contohnya, patuh pada aturan sekolah, berkata dan bersikap baik, bertanggung jawab atas tugas yang diberikan, tidak ikut tawuran, tidak terjebak dalam pergaulan bebas serta penyalahgunaan narkoba yang akan merusak generasi muda penerus perjuangan Bangsa,” papar Alip.

Sebagai pemateri, Kapten Inf Moh Alip Suroso juga menyampaikan hak dan kewajiban warga Negara Republik Indonesia yang tertuang dalam Pasal 30 UUD 1945.

Untuk diketahui pada Pasal 30 UUD 1945 itu ada 5 ayat yang terdapat di dalamnya.

Pada ayat 1, tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara.

“Maksudnya itu merupakan upaya setiap warga negara berkewajiban untuk mempertahankan Republik Indonesia dari ancama, baik ancaman dari dalam negeri maupun dari luar negeri,” terang Alip.

Sedangkan pada ayat 2, usaha pertahanan dan keamanan negara dilaksanakan melalui sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta oleh Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisisan Negara Republik Indonesia, sebagai kekuatan utama, dan rakyat sebagai kekuatan pendukung.

“Bela negara tidak hanya urusan militer. Tapi dalam mempertahankan keamanan negara kami masih memerlukan bantuan warga Negara Indonesia,” terang Alip.

Berikutnya ayat 3 hingga 5 menjelaskan fungsi-fungsi dari militer, baik TNI maupun Polri mengenai tugas-tugasnya.

Baca Juga: Siswi SMAN 1 HST Wakili Kalsel di Pentas PAI Nasional

Baca Juga: Ombudsman Dukung Penandatanganan Komitmen Lapor Pemkab HSU

Reporter: HN Lazuardi
Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Damkar Tanbu Evakuasi Sarang Tawon di Pemukiman Warga

Kalsel

MUI Kalsel Sudah Beri Lampu Hijau untuk Salat Idul Fitri, Tapi…
Haul Guru Sekumpul Ke-15, PLN Waspadai Ranting Pohon

Kalsel

Haul Guru Sekumpul Ke-15, PLN Waspadai Ranting Pohon
apahabar.com

Kalsel

Waspada, Berikut 5 Wilayah Kalsel yang Masuk Peringatan Dini BMKG
apahabar.com

Kalsel

Update Covid-19 Kalsel, Pasien Sembuh Bertambah 69 Orang, Terbanyak dari Banjarmasin
Haris

Kalsel

Tertinggal di Perhitungan Awal, Haris-Ilham Ucapkan Selamat ke Ibnu-Arifin
apahabar.com

Kalsel

Sukamta Siap Dikritik KNPI
apahabar.com

Kalsel

Balangan Siaga Kekeringan, Puluhan Hektar Lahan Ludes Terbakar
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com