apahabar.com
Bupati HST,  HA Chairansyah melepas empat siswi SMAN 1 yang mewakili Kalsel dalam ajang Pentas Pai Tingkat Nasional di Makasar. Foto-Masruswian for apahabar.com

apahabar.com, BARABAI – Empat siswi SMAN 1 Hulu Sungai Tengah (HST) mewakili Provinsi Kalsel dalam Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) Tingkat Nasional ke-IX 2019 di Kota Makassar, Sulawesi Selatan pada 9-14 Oktober 2019.

Keempatnya adalah Adellay Sri Anggerainy, Jum’ati Nur, Rizka Pahrina dan Rohya Amanatul Akhairini. Mereka akan mengikuti lomba seni nasyid.

“Sebelumnya mereka meraih juara pertama pada Pentas PAI tingkat Provinsi Kalsel belum lama tadi. Karena itu mereka lanjut ke Nasional,” kata pelatih sekaligus pembina keempat siswi tersebut, Novita Anggeriani, Selasa (8/10).

Hal itu tentunya menjadi kebanggaan bagi Novita yang juga sebagai Guru Seni serta pengurus Dewan Kesenian Kabupaten (DKK) HST ini. Sebab, ketekunan dan bimbingan yang diberikannya bisa mewakili Kalsel untuk berlaga secara nasional.

Novita yang kerap disapa Gigi ini pun akan mendampingi keempat siswi itu untuk berlaga pada ajang nasional itu. Rencananya keberangkatan mereka dijadwalkan pada Selasa, 8 Oktober 2019.

“Saya berharap dengan bimbingan yang terus diberikan untuk mereka nantinya bisa konsisten menampilkan yang terbaik di tingkat Nasional,” ujar Novita.

Gayung bersambut, Ketua Umum DKK, HA Tamzil pun demikian. Ia bangga dan sangat mengapresiasi atas kinerja pengurus DKK itu, sehingga anak didiknya mampu mewakili Kalsel berlaga di tingkat Nasional

“Meski ini event internal pihak Kemenag, sebagai bagian dari misi utama DKK HST untuk memajukan semua bidang seni budaya, segala prestasi terkait dengan itu secara langsung ataupun tidak langsung telah membanggakan dan patut kita dukung dan diapresiasi oleh pemerintah daerah,” kata Tamzil.

Capaian prestasi ini seiring dan sejalan dengan misi tersebut, terlebih bisa dikatakan ini salah satu proses regenerasi atau pengkaderan dalam seni nasyid yang dalam DKK HST masuk dalam kelompok bidang seni religi.

“Sebab sasaran utama dan penjaga marwah pelestarian kesenian dan kebudayaan ini ada di pundak para adik-adik pelajar dan remaja kita. Semoga capaian ini bisa terus dipertahankan dan jika perlu ditingkatkan,” harap Tamzil yang juga merupakan Sekda HST ini.

Keempat siswi itu dilepas Bupati HST, HA Chairansyah. Sebelum diberangkatkan ke Makasar, Chairansyah berpesan untuk menjaga nama baik daerah.

Chairansyah pun bangga dengan mereka. Pujian dan ungkapkan rasa syukur serta bangga atas apa yang diraih keempat siswi itu terlontar pada mereka.

“Atas nama pribadi, masyarakat dan pemerintah daerah, saya bangga atas prestasi ini yang tentunya turut mengharumkan nama Kabupaten HST, dan apresiasi ini jangan dilihat dari nilainya, namun inilah bentuk kepedulian kami kepada anakku semua yang telah mengharumkan Kab. HST di bidang seni dan semoga nantinya bisa menampilkan yang terbaik,” ungkapnya.

Selain itu, Chairansyah juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Kementerian Agama Kabupaten HST, SMAN 1 Barabai, dan DK Kabupaten HST yang dengan segala upaya dan bimbingannya sehingga HST kembali bisa mengirimkan dutanya di ajang Pentas PAI  tingkat Nasional tahun 2019.

“Kepada Bapak Bupati HST HA Chairansyah, Bapak ketua umum DKK HST HA Tamzil kami mengucapkan terima kasih atas dukungan dan apresiasinya, yang tentunya semua itu menjadi motivasi tersendiri bagi kami untuk menampilkan yang terbaik nantinya,” ucap Novita sebelum berangkat ke Makasar.

Baca Juga: DB dan Gitapati SMAN 2 HST Raih Juara Komsos Kodim 1002 Barabai

Baca Juga: Ombudsman Dukung Penandatanganan Komitmen Lapor Pemkab HSU

Reporter HN Lazuardi
Editor: Muhammad Bulkini