Akhirnya, Pelaku Pembunuhan Guru di RM Wong Solo Tanbu Tertangkap Ketum HIPMI Pusat Bakal Jadi Pembicara di HUT JMSI ke-2 di Sulteng Kalsel Ingin Adopsi Kawasan Kumuh jadi Wisata di Yogyakarta Waspada, Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang Ancam 3 Kabupaten Kalsel Tok! KPU-Kemendagri Sepakat Jadwal Pemilu 14 Februari 2024

Sumur Wakaf Jadi Solusi Krisis Air di Desa Kintap

- Apahabar.com     Sabtu, 12 Oktober 2019 - 14:58 WITA

Sumur Wakaf Jadi Solusi Krisis Air di Desa Kintap

Warga Desa Kintap menikmati aliran air bersih dari sumur wakaf. Foto-Syahrida Haliyati

apahabar.com, PELAIHARI – Khairuddin (42 tahun), tokoh agama yang juga pengurus Mesjid Al-Hidayah Desa Kintap berulang kali menuturkan rasa terima kasihnya kepada Global Wakaf – ACT.

“Alhamdulillah senang sekali kami mendapatkan bantuan sumur wakaf, apalagi ditambah bangunan MCK juga. Bantuan yang telah lama kami idamkan,” ucap Khairuddin kepada tim Global – ACT, Kamis (10/10) kemarin saat peresmian sumur wakaf di Desa Kintap Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

“Warga di sini sering kekurangan air saat musim kemarau. Toilet di masjid ini juga cuma ada satu, sehingga kerepotan kalau ada acara besar seperti peringatan hari besar Islam. Pasti berebut,” kisahnya.

apahabar.com

Suasana peresmian sumur wakaf di Desa Kintap yang dihadiri Kepala Cabang ACT Kalsel Zainal Arifin (tengah baju hitam). Foto-Syahrida Haliyati

Krisis air memang masih menjadi momok yang menyusahkan bagi masyarakat di Desa Kintap, terutama pada saat musim kemarau yang berkepanjangan seperti tahun ini. Namun, hadirnya sumur wakaf menjadi kebahagiaan tersendiri bagi warga di sana. Hal ini disampaikan Syahbani (40 tahun) selaku perwakilan aparat desa.

“Terima kasih kepada Global Wakaf – ACT atas bantuan sumur dan bangunan MCK di desa kami ini. Tentu ini sangat bermanfaat bagi warga dan semoga silaturahim terus berlanjut,” ujarnya.

Kepala Cabang ACT Kalsel Zainal Arifin yang hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan bahwa program sumur wakaf merupakan ikhtiar terbaik dari Global Wakaf untuk membantu masyarakat yang kesusahan, terutama di wilayah krisis air bersih.

apahabar.com

Bangunan sumur wakaf dan fasilitas di Desa Kintap, Kalsel. Foto-Syahrida Haliyati

“Ini amanah dari dermawan yang memang harus kami tunaikan. Semoga adanya sumur wakaf ini dapat menambah kesolehan masyarakat untuk beraktifitas di masjid,” tutur Zainal.

Kegiatan ditutup dengan doa yang dibacakan oleh Habib Abdurrahman Assegaf. Bersama warga, doa kebaikan dikirimkan kepada para dermawan dan relawan yang telah mewujudkan harapan mereka memiliki sumber air bersih dan fasilitasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Desa Kintap hanya memiliki satu sumber air bersih milik warga, yang letaknya di sisi dataran rendah desa tersebut. Warga harus membayar Rp 2 ribu untuk satu jeriken dan Rp 70 ribu untuk satu tandon atau setara 120 liter.

Saat musim kemarau datang, sumur yang menjadi tumpuan warga satu desa itu pun perlahan mengering. Akhirnya, kehadiran sumur wakaf telah membuahkan tawa bahagia di Desa Kintap. Terima kasih dermawan.

Baca Juga: Aksi Pemulihan Dampak Asap ACT Disambut Bahagia Warga Banjarbaru

Baca Juga: Dapur Umum dan Layanan Kesehatan ACT Terus Bantu Korban Gempa Ambon

Sumber: ACT Kalsel
Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

ACT

ACT dan PANDI Sapa 6 Desa Terdampak Karhutla Kalsel
apahabar.com

ACT

ACT bersama 5 NGO Internasional Raih Penghargaan dari Pemerintah Sigi
apahabar.com

ACT

Dampingan Psikososial dari ACT Bagi Anak-Anak Pulau Sebuku
apahabar.com

ACT

ACT Luncurkan Program ‘Marhaban Ya Dermawan’
apahabar.com

ACT

Bersama ACT, Havaianas Ajak Donasikan Sandal Layak Pakai
apahabar.com

ACT

Global Zakat-ACT Distribusikan Air Bersih dan Makanan Gratis Bagi Warga Terdampak Kekeringan di Bekasi
apahabar.com

ACT

Layanan Air Bersih ACT Temani Pemulihan Banjir Kotabaru
apahabar.com

ACT

Kalsel Peduli-ACT Kolaborasi Bantu Pemulihan Kebakaran Sebuku
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com