apahabar.com
Kejuaraan Nasional Shorinji Kempo sekaligus ajang Babak Kualifikasi Prapon 2019 di Gor Rudy Resnawan, Banjarbaru, Kalsel. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARBARU – Kalsel peroleh 1 Emas di ajang Kejuaraan Nasional Shorinji Kempo sekaligus ajang Babak Kualifikasi Prapon 2019.

Ketua Umum Pengurus Provinsi Persaudaraan Shorinji Kempo Indonesia (Perkemi) Kalsel, Akhmad Fidayeen mengatakan, dengan diraihnya emas otomatis Kalsel menyabet 1 tiket ke Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 di Papua.

“Kalsel berhasil raih satu emas atas nama Desi Jakal Kuswinarni dari randori putri kelas 60 kg,” ujarnya kepada¬†apahabar.com¬†saat ditemui di GOR Rudy Resnawan, Banjarbaru, Sabtu (16/11) siang.

apahabar.com
Ketua Umum Pengurus Provinsi Persaudaraan Shorinji Kempo Indonesia (Perkemi) Kalsel, Akhmad Fidayeen (Baju Merah). Foto-apahabar.com/Nurul Mufidah

Meski Kalsel hanya dapat meraih 1 emas dari 3 emas yang ditargetkan pada ajang bergengsi ini, ia tetap berbangga kepada semua kontingen putra putri banua ini.

“Capaian tahun ini luar biasa, mereka kalah menuju babak 4 besar, itu sudah bagus sekali,” lanjut Ketua Pelaksana ini.

Menurutnya, saat inilah kebangkitan Kalsel dari sebelumnya capaian tertinggi terakhir adalah perunggu.

“Dulu Kalsel tahun 92 meraih jura paling tinggi itu perunggu, lali baru 2019 ini Kalsel berdiri lagi, inilah pertama kali dapat Emas,” jelasnya.

“Ada 17 no ini masing masing 6 tiket terbaik dikurangi Papua jadi 5 tiket terbaik yang bisa diambil, dan kita raih 1 tiket itu,” sambungnya.

Sehingga ia sangat bersyukur atas apa yang telah di raih saat ini meski tak capai target.

Untuk diketahui, kegiatan ini dilaksanakan di GOR Rudy Resnawan, Banjarbaru, Kalsel, pada tanggal 13 sampai dengan 16 November 2019. Diikuti sebanyak 33 provinsi dengan jumlah total peserta sebanyak 576 orang.

Baca Juga: Gelar Event Internasional, Pemerintah Anggarkan Rp6,5 Miliar

Baca Juga: Kodok Sambur Kuasai Kejuaraan Open Perahu Naga Batola

Reporter: Nurul Mufidah
Editor: Syarif