Busyet! Buaya Masuk Rumah Warga Saat Banjir di Kaltim Lama Buron, Mantan Kades di Katingan Tilap Dana Desa Rp 1,1 M Berhasil Diringkus di Kapuas Jalan Provinsi di HSU Rusak Parah, Truk Bermuatan Semen Amblas Persiba Cuci Gudang, Coret Tujuh Pemain Jelang Delapan Besar Liga 2 Paman Birin Minta Wali Kota dan Bupati Maksimalkan Serapan Anggaran 2022

2020, BRI Akan Fokus kepada Pelaku Usaha Super Mikro

- Apahabar.com     Rabu, 27 November 2019 - 20:10 WITA

2020, BRI Akan Fokus kepada Pelaku Usaha Super Mikro

Ilustrasi pedagang buah di pasar Minggu, Jakarta, sebagai salah satu usaha ekonomi mikro. Foto – Antara/Muhammad Adimaja/aww

apahabar.com, JAKARTA – Pada 2020, Bank BRI akan fokus untuk mendukung pembiayaan kepada pelaku usaha super mikro yang selama ini belum tersentuh oleh perbankan.

“Fokus ke mikro, terutama super mikro, karena selama ini belum banyak yang terlayani dan menyentuh karena kecil sekali,” kata Sunarso dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi XI DPR di Jakarta, Rabu (27/11).

Sunarso mengatakan cara untuk mendukung pembiayaan kepada pelaku usaha super mikro ini adalah dengan melakukan transformasi digital.

Transformasi digital ini, tambah dia, dibutuhkan untuk menekan biaya layanan maupun risiko operasional yang masih tinggi.

Cara ini menurut Sunarso, menjadi upaya yang realistis untuk melayani masyarakat di seluruh Indonesia dengan biaya yang lebih efisien.

“Biaya operasional tinggi karena banyak jaringan dan berbagai pihak yang harus digaji. Maka untuk menurunkan biaya harus pergi ke transformasi digitalisasi,” kata Sunarso.

Saat ini, total penyaluran kredit BRI untuk usaha mikro hingga triwulan III-2019 mencapai Rp301,9 triliun atau tertinggi diantara kredit sektor lainnya.

Dalam periode ini, kredit untuk sektor konsumer juga telah mencapai Rp137,3 triliun diikuti kredit ritel komersial Rp194,1 triliun.

Secara keseluruhan, porsi pinjaman sektor UMKM telah mencapai 76,3 persen dari total outstanding kredit BRI sebesar Rp857,3 triliun pada 2019.

Baca Juga: Hingga Oktober 2019, BRI Telah Salurkan Rp83,3 Triliun KUR

Baca Juga: Jelang Natal dan Tahun Baru, Garuda Indonesia Perkirakan Kenaikan Penumpang di Banjarmasin

Sumber: Antara
Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Ekbis

Tiga Petinggi Bank Kalsel Dicopot Pemegang Saham
apahabar.com

Ekbis

Dibayangi Wabah Covid-19, IHSG Diprediksi Bergerak Variatif
apahabar.com

Ekbis

Lawan Covid-19, ADB Setujui Hibah 3 Juta Dolar untuk Indonesia

Ekbis

Kompensasi Tambang Rp 700 Miliar di Kotabaru, Hipmi: Geliatkan Ekonomi Daerah
apahabar.com

Ekbis

Anggota Komisi X DPR RI Dorong Pemerintah Selamatkan Pariwisata
apahabar.com

Ekbis

BI Sebut Uang Peringatan Kemerdekaan Alat Pembayaran Sah, Berikut Cara Mendapatkannya
apahabar.com

Ekbis

Harga Cabe di Marabahan Naik Lagi
apahabar.com

Ekbis

Dari Banjarmasin, Giliran NAM Air Perkuat Bandara Samarinda
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com