Eks Bos Berulah, Kepala Penjual Pentol Rantau Nyaris Terbelah Hendak Benarkan Tas, Pemotor Tabrak Truk di Angsau Tanah Laut Negosiasi Rampung: Bagus Lega, Hasnur Rela, Nitizen Bahagia, Bagaimana FC Utrecht? Jelang Masa Tenang, Bawaslu Kalsel Minta Paslon Copot APK Longsor Tergerus Banjir, Oprit Jembatan di Tabalong Diperbaiki

Aturan Passing Grade CPNS 2019 Dikaji

- Apahabar.com Selasa, 12 November 2019 - 05:30 WIB

Aturan Passing Grade CPNS 2019 Dikaji

Para peserta CPNS. Foto-Net

apahabar.com, JAKARTA – Badan Kepegawaian Negara (BKN) menetapkan nilai ambang batas atau passing grade untuk seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 saat ini masih dikaji oleh Panitia Seleksi Nasional atau Panselnas.

Deputi Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen mengatakan, besaran passing grade tersebut akan disampaikan setelah kebijakan itu selesai diteken oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo.

“Kebijakan passing grade diharapkan segera ditandatangani oleh pak Menteri (Tjahjo),” ujar dia.

Adapun proses pendaftaran CPNS 2019 di portal Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) sscasn.bkn.go.id baru akan dibuka nanti malam pukul 23.11 WIB. Suharmen menyampaikan, waktu itu dipilih karena pertimbangan angka cantik, yakni 11-11 pukul 11.11 pm.

“Pertimbangannya ini lebih ke angka cantik, dan angka 11.11 adalah angka menarik untuk membuat semua orang aware. Ini yang kami coba tawarkan kepada masyarakat,” ungkap dia.

Pendaftaran daring diagendakan akan dibuka selama 14 hari sampai 24 November 2019, yang dilanjutkan dengan pengumuman hasil seleksi administrasi pada 16 Desember.

Masa sanggah terhadap hasil seleksi administrasi dibuka 16-19 Desember, kemudian dilanjutkan dengan pengumuman masa sanggah pada 26 Desember.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) memprediksi, jumlah pendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 akan meningkat sebanyak 5-10 persen dari total pendaftar pada seleksi di 2018.

“Dugaan saya mungkin naik sekitar 5-10 persen,” ungkap Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen di kantornya, Jakarta, Senin (11/11/2019).

Sebagai informasi, jumlah pelamar di situs web sscn.bkn.go.id pada seleksi CPNS 2018 lalu tercatat ada sebanyak 4.436.694 akun.

Lebih lanjut, Suharmen menyatakan, berdasarkan pengalaman pada 2018 kemarin, masa puncak pendaftaran CPNS terjadi sekitar satu pekan terakhir.

Dia menduga, portal pendaftaran CPNS pada tahun ini juga akan kembali dipadati calon pelamar di penghujung batas masa daftar. Ramalan ini dikeluarkannya lantaran proses pendaftaran kini sudah difasilitasi dengan Simulasi Pemilihan Formasi (SPF) yang bisa menghitung total pelamar pada satu formasi.

“Sebetulnya di situ (SPF) dia bisa menghitung satu formasi ini sudah berapa orang yang mendaftar di situ. Dengan semakin banyak orang yang mendaftar di situ, artinya kompetitor dia akan semakin banyak. Jadi orang akan wait and see,” tuturnya.

“Tetapi kalau waktunya sudah mepet-mepet kan enggak mungkin lagi wait and see. Dia sudah harus mendaftar, submit dokumen. Jadi dugaan saya di akhir-akhir itu akan puncak,” dia menandaskan.

Baca Juga: H1 Pendaftaran CPNS, Pemohon SKCK di Banjarbaru Membeludak

Baca Juga: Pendaftaran CPNS di Banjarmasin Dibuka Besok, Ketahui Syaratnya

Sumber: Liputan6.com

Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Demo DPRD Kalsel, Ratusan Mahasiswa Desak Pengesahan RUU Farmasi

Kalsel

Hari ini, Pejuang Kemanusiaan Kelumpang Hulu Salurkan Belasan Juta Rupiah untuk Korban Kebakaran
apahabar.com

Kalsel

Antisipasi Kemacetan di Tablig Akbar UAS, Dishub Alihkan Jalur Lalu Lintas
Darurat Covid-19, Kapolres Kotabaru: Bubarkan Massa, Tindak Tegas yang Melawan

Kalsel

Darurat Covid-19, Kapolres Kotabaru: Bubarkan Massa, Tindak Tegas yang Melawan
apahabar.com

Kalsel

Rayakan HUT Ke-56, GM Angkasa Pura I Targetkan Terobosan Baru
apahabar.com

Kalsel

Terkuak, Motif Bidan Muda di Teweh Nekat Habisi Anak Sendiri
Lewat Bahan Pokok, Polres Batola Dukung Perjuangan Petugas Medis

Kalsel

Lewat Bahan Pokok, Polres Batola Dukung Perjuangan Petugas Medis
apahabar.com

Kalsel

BMKG: Dikepung Awan Konvektif, Kalsel Bakal Diguyur Hujan Sampai Tengah Malam Ini
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com