Putrinya Hanyut, Bapak Meregang Nyawa di Irigasi Karang Intan Kabar Baik, Tanbu Tambah Pasien Sembuh dari Covid-19 Kurang dari Sehari, Kalsel Tambah Puluhan Kasus Baru Covid-19 Hotspot Terdeteksi, Puncak Kemarau Kalsel Diprediksi Sebentar Lagi Lapas Banjarmasin Terpapar Covid-19, Satu Positif dan 8 Reaktif




Home Nasional

Kamis, 7 November 2019 - 05:30 WIB

Baca Jadwal Tentatif Seleksi CPNS 2019

Redaksi - Apahabar.com

Suasana jelang tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Gedung Wali Kota Jakarta beberapa waktu lalu. Foto-Net

Suasana jelang tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Gedung Wali Kota Jakarta beberapa waktu lalu. Foto-Net

apahabar.com, JAKARTA – Jika sebelumnya jadwal seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)  2019) masih berupa gambaran kasar, sekarang pemerintah melalui Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah memberikan informasi terbaru.

Meski jadwal yang dibagikan masih bersifat tentatif atau sementara (jadwal masih dapat berubah), namun setidaknya hal ini merupakan angin segar bagi para calon pelamar CPNS tahun ini.

Melalui postingan di Twitter resminya, @BKNgoid, BKN mengumumkan informasi mengenai jadwal tentatif seleksi CPNS 2019 yang akan dimulai pada 11 November 2019 mendatang melalui portal SSCASN, sscasn.bkn.go.id.

Pengumuman tersebut menjabarkan setidaknya 14 jadwal tentatif seleksi CPNS 2019, yang mana dimulai dari pengumuman formasi pada 28 Oktober 2019 hingga usul penetapan NIP pada April 2020.

Dari pengumuman tersebut juga, dapat diketahui bahwa pada rekrutmen tahun ini, ada yang berbeda bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Tahun ini, peserta diberi sebuah keuntungan, yaitu diberi waktu atau masa sanggah. Lantas, apa itu masa sanggah? Masa sanggah CPNS 2019 adalah waktu atau masa yang diberikan kepada peserta CPNS untuk memberikan sanggahan atau protes terkait hasil seleksi administrasi.

Baca juga :  Jokowi: Kuliah Daring Sudah Jadi Normal Baru

Dengan kata lain, bagi pelamar yang dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) seleksi administrasi, diberikan waktu sanggah maksimal tiga hari pasca pengumuman. Sementara instansi diberikan waktu maksimal tujuh hari untuk menjawab sanggahan dari peserta CPNS tersebut.

Menurut BKN, hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya ketidakpuasan dalam putusan hasil seleksi administrasi yang diterbitkan instansi. BKN juga mengimbau agar peserta CPNS mempersiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan.

Meski terdapat perbedaan dengan adanya tambahan jadwal masa sanggah, namun untuk tahap seleksinya sendiri masih tetap sama dengan tahun sebelumnya, yaitu Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Pada pengumuman tersebut pula, BKN memberikan informasi tambahan dan tips saat melakukan pendaftaran CPNS 2019. BKN menyarankan agar para peserta CPNS 2019 menggunakan PC atau laptop ketika melakukan pendaftaran. BKN melarang peserta CPNS 2019 untuk mendaftar melalui smartphone atau tablet.

Baca juga :  Pengumuman Hasil SBMPN 2020 Sudah Bisa Dicek

BKN juga mengingatkan para peserta CPNS 2019 untuk berhati-hati saat melakukan pendaftaran. Jika ternyata telah terlanjur ada yang salah, proses perbaikan masih dapat dilakukan selama dalam tahap simpan data. Namun setelah submit atau kirim data lamaran, maka sudah tidak dapat diubah kembali.

  1. Pengumuman Formasi : 28 Oktober 2019
  2. Pembukaan Pendaftaran : 11 November 2019
  3. Verifikasi Berkas : 13 November 2019
  4. Penutupan Pendaftaran : 24 November 2019
  5. Penutupan Verifikasi : 12 Desember 2019
  6. Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi : 16 Desember 2019
  7. Masa Sanggah : 16-19 Desember 2019
  8. Pengumuman Sanggah : 26 Desember 2019
  9. Pengumuman Pelaksanaan SKD : Januari 2020
  10. Pelaksanaan SKD : Februari 2020
  11. Pengumuman Hasil SKD : Maret 2020
  12. Pelaksanaan SKB : Maret 2020
  13. Integrasi Nilai SKD SKB : April 2020
  14. Usul Penetapan NIP : April 2020

Baca Juga: Politikus PDIP Polisikan Novel Baswedan Soal Penyiraman Air Keras

Baca Juga:  Soal Dugaan Desa Fiktif, Jokowi: Kejar Pelakunya hingga Tertangkap

Sumber: Liputan6.com
Editor: Syarif

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Saudi Stop Umrah, Kemenag Turunkan Petugas di Bandara
apahabar.com

Nasional

Denah Panggung Telah Disiapkan, BPP Sebut Prabowo Batal Hadir di Kalsel
apahabar.com

Nasional

Kebiri Pelaku Kekerasan Seksual Anak!
apahabar.com

Nasional

Pentingnya Edukasi Keuangan Sejak Dini
apahabar.com

Nasional

Jalan Rusak jadi Tempat Foto Model, Begini Kata Gubernur Sumsel
apahabar.com

Nasional

Viral Bayi Jokowi Amin, Sempat Lemah Setelah Lahir 
apahabar.com

Nasional

BPN: Usut Pendukung Prabowo Keroyok Warga Berkaus Jokowi
apahabar.com

Nasional

Pasok BBM ke Labuan Bajo, Pertamina Andalkan Jalur Alternatif
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com