Jadwal Liga Inggris Sheffield United vs Man City Malam Ini, Live Streaming Mola TV, Guardiola Tanpa Aguero! Video Viral Pria Bawa Jenazah Ibunya Pakai Motor di Atas Bronjong, Sang Perekam pun Ketakutan! Video Detik-detik Mobil Tabrak Gerbang Masjidil Haram Mekkah dengan Kecepatan Tinggi Video Viral Rombongan Klub Harley Keroyok 2 Anggota TNI, Polisi Melerai Dicuekin, Ini Gara-garanya Biang Kebakaran Hebat di Patmaraga Kotabaru Mulai Terungkap

Banyak Tiang Listrik Miring, Warga Batola Khawatir

- Apahabar.com Sabtu, 16 November 2019 - 16:11 WIB

Banyak Tiang Listrik Miring, Warga Batola Khawatir

Petugas PLN Rayon Marabahan mendirikan tiang listrik yang roboh di Desa Sungai Kambat. Foto-apahabar.com/Bastian Alkaf

apahabar.com, MARABAHAN – Akibat usia dan korosi, tidak sedikit tiang listrik besi di Barito Kuala yang mulai bertumbangan.

Kejadian terakhir terjadi di Desa Sungai Kambat, Kecamatan Cerbon, Senin (11/11) sore. Dibantu terjangan angin puting beliung, enam tiang listrik patah.

Tidak cuma memutus aliran listrik, tiang yang patah juga menutupi jalan dari dan menuju Marabahan. Beruntung ketika kejadian, tidak terdapat pengendara yang melintas.

Sementara sebelumnya warga Desa Belandean Dalam Kecamatan Alalak, juga melaporkan beberapa tiang yang roboh dan menghalangi jalan.

Itu belum terhitung sejumlah tiang listrik yang miring di Desa Puntik Luar Kecamatan Mandastana.

“Kalau terus dibiarkan miring, bisa saja tiang tersebut roboh dan menimpa warga,” papar Ibrahim, salah seorang warga Marabahan.

“Andai cuma miring, mungkin masih bisa ditahan dengan tali. Tetapi kalau memang patah, tentu harus diganti,” imbuhnya.

Untungnya reaksi PLN Rayon Marabahan terbilang cukup cepat. Tiang-tiang yang roboh di Sungai Kambat langsung diganti, kendati tidak semuanya baru.

“Tak cuma tiang, karena kabel dan aliran listrik juga mendapatkan pemeliharaan,” papar Supervisor Pelayanan Pelanggan PLN Rayon Marabahan, Abdul Muzawir, Sabtu (16/11).

“Kecuali untuk kejadian darurat, penggantian tiang listrik tak bisa langsung dilakukan. Kami hanya bisa meneruskan usulan-usulan ke PLN Wilayah Kalselteng untuk pengadaan,” imbuhnya.

Diestimasi usia tiang listrik dari besi sekitar 20 hingga 30 tahun. Namun pengaruh air asam seperti yang terjadi di wilayah Batola, bisa memperpendek usia tiang.

Terkait status sebagai unit pelayanan pelanggan, PLN Rayon Marabahan juga tidak memiliki banyak stok tiang listrik baru. Hal ini sekaligus menjawab pemasangan tiang-tiang bekas untuk kejadian darurat.

“Pengusulan sendiri berhubungan dengan sistem anggaran dan perencanaan pekerjaan. Namun kalau terdapat sisa anggaran atau material, pasti langsung diganti baru,” jelas Muzawir.

Guna memantau kondisi tiang listrik dan gangguan lain, PLN Rayon Marabahan juga berjanji memperhatikan pengaduan masyarakat melalui call center 123.

“Lebih baik mengadu melalui call center dibanding menuliskan keluh-kesah melalui media sosial. Seandainya tidak memperhatikan pengaduan, kami pasti ditegur atasan,” tegas Muzawir.

“Khusus di Batola, kami juga memiliki grup Whatsapp yang beranggotakan ratusan kepala desa. Kalau terjadi gangguan kelistrikan, kepala desa bisa langsung berkomunikasi dalam grup tersebut,” tandasnya.

Baca Juga: Pesan Zairullah Kepada Wisudawan STIA Bina Banua: Tiru Nadiem Makariem

Baca Juga: Keuangan RSUD Ulin ‘Di Ujung Tanduk’, Memelas BPJS Kesehatan Bayar Tunggakan

Reporter: Bastian Alkaf
Editor: Aprianoor

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Horee, Puluhan Ribu Keluarga Miskin di Banjarmasin Diguyur Bantuan Pusat
apahabar.com

Kalsel

IAKMI Kalsel Bakal Makin Gencar Dorong Kawasan Bebas Rokok
apahabar.com

Kalsel

Puluhan Pelajar SMA Se-Banjarmasin Dapat Pencerahan Keimigrasian
apahabar.com

Kalsel

Hasil Pengembangan, Polsek Tanta Tabalong Tangkap Pemasok Sabu
apahabar.com

Kalsel

Akses Jalan RS Haji Boejasin Jadi Polemik, Bupati Tala Tawarkan Solusi
apahabar.com

Kalsel

H-1 Haul Guru Sekumpul, Polisi Jamin Keamanan Jemaah di Batola
apahabar.com

Kalsel

Bekali Informasi Lahan Gambut Indonesia, AJI Perkenalkan PRIMS
apahabar.com

Kalsel

Didiklat, CPNS Harus Punya Etika dan Karakter Melayani
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com