Gugatan 2BHD Diterima MK, SJA-Arul Pede Menangi Pilbup Kotabaru Alhamdulillah, 21 Warga Tanbu Sembuh dari Covid-19 Gunakan Pakaian Adat, Mitra Pariwisata Kapuas Galang Dana untuk Banjir Kalsel Terparah dalam Sejarah, Jokowi Blakblakan Biang Kerok Banjir Kalsel Wali Kota Beber Biang Kerok Banjir Banjarmasin, Bukan karena Hujan

Berebut Simpati Warga, 75 Calon Kades Duduk di ‘Kursi Panas’ 

- Apahabar.com Selasa, 12 November 2019 - 15:06 WIB

Berebut Simpati Warga, 75 Calon Kades Duduk di ‘Kursi Panas’ 

Ilustrasi pilkades. kumparan.com

apahabar.com, MUARA TEWEH – Sebanyak 75 calon kepala desa dari 20 desa se-Barito Utara Kalimantan Tengah seolah menduduki kursi panas , Selasa (12/11) hari ini. Mereka menatap Pilkades dengan perasaan was-was, terpilih atau tidak sebagai kepala desa.

Di antara 20 desa, ada 2 desa yang calonnya hanya dua orang, sedangkan 18 desa lainnya calon ada 5 orang,  sehingga diperkirakan akan menambah “suhu panas” persaingan mereka.

Dua desa tersebut adalah Desa Lemo I Kecamatan Teweh Tengah dan Desa Kandui Kecamatan Gunung Timang.

Proses pemungutan suara di 20 desa tersebut mendapat pengawalan khusus pihak aparat keamanan dari Polres Barito Utara dan Kodim 1013  Muara Teweh.

Wakil Bupati, Sugianto Panala Putra turun langsung memantau tempat pemungutan suara didampingi Kabag Ops AKP Alex Andreas SIK serta Ketua Pengadilan Agama Muara Teweh serta Camat Teweh Tengah.

apahabar.com

Camat Teweh Tengah,  Mastur,  (tengah) bersama jajaran keamanan foto bersama saat. Memantau Pilkades Serentak di Desa Lemo I, Selasa (12/11/2019). Foto apahabar.com/Nasution

Di sela kegiatan tersebut, Sugianto mengharapkan agar semua warga yang mempunyai hak pilih agar menentukan pilihannya sesuai hati nurani. Dia juga berharap, pelaksanaan pemilihan berjalan lancar dan aman.

Selain itu, dia juga menyampaikan, warga hendaknya bisa saling menghormati pilihan orang lain agar siapapun yang dipercaya nanti bisa mengemban amanah untuk membangun desanya masing-masing.

Camat Teweh Tengah,  Mastur menambahkan, di wilayahnya Teweh Tengah ada tiga desa yang hari ini melaksanakan pemilihan kepala desa serentak yakni,  Desa Lemo I, Rimba Sari dan Desa Sei Rahayu I.

Dari hasil pantauan pihaknya, desa yang agak rawan adalah Desa Lemo I, hal ini dikarenakan hanya ada dua calon, sehingga ada pengelompokan massa, namun sejauh ini masih aman karena pihaknya sudah mensosialisasikan pilkades serentak tersebut. selain itu, pihaknya juga mengupayakan keamanan tetap kondusif dengan  merangkul tokoh agama, tokoh masyarakat serta pemuda.

Diakuinya,  pemilihan kades ini mendapat respon besar dari warga terutama yang bersangkutan, bahkan pemilih yang datang mencapai 80 persen lebih, hal ini terlihat banyaknya warga yang datang terutama di Desa Lemo I.

“Sebagaimana ketentuan, maka pada pemilihan atau penjoblosan suara sampai pukul 13.00 WIB,  dan langsung dilakukan penghitungan suara,” tandasnya.

Baca Juga: Dinas Sosial PMD Barut Sortir Surat Suara Pilkades 

Baca Juga: DPRD Barut Rekomendasikan Pilkades Muara Inu Ditunda

Reporter: AHC17
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Satpol PP Kapuas Hentikan Pembangunan Rumah di Bantaran Sungai
apahabar.com

Kalteng

Bersatu Lawan Covid-19, PT Jakon, PWI dan Satlantas Barut Berbagi Masker
apahabar.com

Kalteng

Gratis Air PDAM di Kapuas Diperpanjang, Khusus Golongan Ini
apahabar.com

Kalteng

Dua Mantan Atlet Kalteng Sampaikan Uneg-Uneg Kekecewaan
apahabar.com

Kalteng

Perkumpulan Pemuda Dayak Kapuas Kalteng Sosialisasikan Pilkada Damai
Covid-19

Kalteng

Seorang Pasien Covid-19 di Kapuas Meninggal Dunia
Rapid

Kalteng

Pemeriksaan Rapid Test di Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya Meningkat
apahabar.com

Kalteng

Penghujung PSBB, Kasus Positif Covid-19 di Kapuas Melonjak
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com