Warga Banjarmasin Terpesona Menikmati Pantai Teluk Tamiang Kotabaru Duh! Anggaran Pembinaan Atlet Banjarmasin Tertunggak 6 Bulan Isu Lemahnya KPK Digaungkan, Mahasiswa Siap Geruduk DPRD Kalsel Kritik PSU Kalsel, Dosen Uniska Uhaib ‘Dihadiahi’ Somasi Tim BirinMu Heboh Dikira Disembunyikan Makhluk Gaib, Ibu Muda di HST Akhirnya Ditemukan

Berikut 4 Cara Merawat Bahan Pakaian Agar Tetap Awet

- Apahabar.com Minggu, 10 November 2019 - 12:48 WIB

Berikut 4 Cara Merawat Bahan Pakaian Agar Tetap Awet

Ilustrasi menyetrika pakaian. Foto – fimela.com

apahabar.com, JAKARTA – Pakaian merupakan kebutuhan pokok semua orang. Selain berfungsi untuk melindungi tubuh, pakaian juga sebagai fashion statement dan bentuk ekspresi diri. Namun tidak semuanya mengerti cara perawatan pakaian yang benar sehingga pakaian seringkali cepat rusak atau warnanya memudar.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, mulai dari penggunaan detergen hingga mengatur suhu setrika. Setrika yang terlalu panas bisa membuat serat pakaian mudah rusak sehingga tidak bisa dipakai lagi.

Ada pula bahan pakaian yang tidak perlu disetrika agar tetap awet dan terjaga. Beberapa perusahaan pakaian biasanya mencantumkan di label bagaimana cara agar pakaian awet dan nyaman untuk digunakan. Berikut tips yang bisa Anda coba untuk merawat pakaian sesuai dengan bahannya.

Bahan polyester

Bahan pakaian dari polyester hampir mirip dengan jersey. Biasanya polyester dipakai untuk pakaian olahraga, hijab dan busana muslim lainnya. Merawat pakaian berbahan ini harus melihat label pakaian, meski bahan polyester tak perlu disetrika. Ingat, pengaturan suhu setrika dan mencuci untuk bahan ini agar tetap awet.

Bahan corduroy

Bahan corduroy atau yang dikenal dengan istilah old school ini kembali hits. Bahan corduroy memiliki serat unik yaitu garis lurus sebagai pattern. Dengan tekstur ini bahan tidak perlu terlalu sering disetrika, atau bila ingin disetrika gunakan setrika uap supaya bahan tidak mudah rusak dan tetap awet.

Bahan wol

Pakaian berbahan wol biasanya sering digunakan ketika cuaca dingin atau hujan. Bahan tebal ini juga cenderung konsisten sehingga mudah dalam perawatannya. Ketika menjemur pakaian berbahan wol Anda hanya cukup menggantungkan pakaian, usahakan pakaian tidak diperas menggunakan mesin cuci agar serat terjaga. Bahan pakaian wol juga tidak perlu disetrika karena dengan menjemur yang benar bahan ini sudah rapi dan jauh dari kusut. Bila ingin disetrika gunakan setrika uap, bila tak punya gunakan setrika dengan suhu rendah beserta semprotan pelicin dan pelembut pakaian.

Bahan brokat

Bahan pakaian brokat sering dipakai untuk undangan, wisuda, pernikahan hingga brides maid. Bahan ini biasanya diberi hiasan atau ornamen seperti swarovski dan payet. Bila ingin mencuci bahan tersebut lebih baik  memakai jasa dry cleaning, jangan menggunakan mesin cuci atau rendam dengan deterjen. Kemudian bila ingin disetrika atur suhunya menjadi rendah, lalu balikkan baju atau lapiskan kain dengan kertas. Cara ini dilakukan agar bahan pakaian brokat tetap awet.

Baca Juga: Mengintip Kisah Si Cantik asal Rantau Doyan Kendarai Vespa Piaggio

Baca Juga: Punya Tiga Istri yang Akur, Lora Fadil Ungkap Rahasia Ranjangnya di Malam Hari

Sumber: Ceknricek.com
Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Gaya

5 Fakta Ngeri Pasar Tomohon, Tempat Paling Sadis yang Membuatmu Beruji Nyali
apahabar.com

Gaya

5 Inspirasi Busana ke Pernikahan untuk Anda yang Berhijab
Whatsapp

Gaya

Pengguna Bakalan Tak Bisa Akses Whatsapp
apahabar.com

Gaya

Posisi Duduk saat Makan Tambah Nikmat
Performa HP Melambat? Lakukan 6 Cara Ini!

Gaya

Performa HP Melambat? Lakukan 6 Cara Ini!
apahabar.com

Gaya

60 Persen Varietas Kopi di Dunia Terancam Punah
apahabar.com

Gaya

3 Mobil Pusaka Awal Kemerdekaan RI, Intip Sejarahnya
apahabar.com

Gaya

Wiko, Smartphone Prancis Dibanderol Murah Ramaikan Pasar Indonesia
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com