apahabar.com
Jemaah memenuhi masjid Ponpes Al Muhajirin Pamangkih untuk mendengarkan tausiah Habib Tohir Al Kaff dalam rangka Maulid Nabi Muhammad SAW. Foto-apahabar.com/HN Lazuardi

apahabar.com, BARABAI – Pondok Pesantren Al Muhajirin Pamangkih menggelar peringatan bulan lahirnya Nabi Besar Muhammad SAW bersama ribuan warga Hulu Sungai Tengah (HST), kemarin.

Dalam tausiyahnya, Habib Tohir bin Abdullah Al Kaff dari Tegal, Jawa Tengah mengungkap keistimewaan bulan Rabiul Awal dengan empat bulan Islam lainnya.

“Memang ada bulan yang mulia seperti bulan Muhararam, Zulhijjah, Zulkaidah dan Ramadhan. Di Rabiul Awal juga dimuliakan, karena pada bulan ini junjungan Nabi Besar Muhamamd SAW dilahirkan,” kata Habib Tohir.

Tidak hanya bulan, ada juga tempat-tempat yang dimuliakan seperti Makkah dan Madinah. “Kedua tempat itu di mana nabi dilahrikan dan dan wafat,” jelas Habib Tohir.

Pada kesempatan itu, Bupati HST, HA Chairansyah yang tengah bersafari maulid berkesempatan mengunjungi Ponpes itu.

Bupati pun disambut oleh Pengasuh Ponpes, KH Mukhtar dan Habib Tohir.

“Moment memperingati kelahiran Nabi Besar Muhammad SAW dapat dijadikan ajang silaturrahim antara para habaib, ulama dan umara serta masyarakat,” kata Chairansyah dalam sambutannya.

Sebagai daerah agamis, kata Chairansyah, hampir seluruh lapisan masyarakat di HST selalu menyemarakkan Rabiul Awal dengan menggelar pembacaan syair maulid.

“Semoga peringatan maulid menjadi ciri khas daerah kita yang perlu disemarakkan, sehingga terwujud masyarakat yang agamis mandiri sejahtera dan bermartabat sesuai dengan visi kita,” harap Chairansyah.

apahabar.com
Pimpinan Ponpes Al Muhajirin Pamangkih KH Mukhtar menyambut kedatangan Bupati HST HA Chairansyah. Foto-apahabar.com/HN Lazuardi
apahabar.com
Habib Tohir Al Kaff menyalami Bupati HST HA Chairansyah. Foto-apahabar.com/HN Lazuardi

Baca Juga: Tak Banyak yang Tahu, Datu Sanggul Pernah Menyalurkan Ilmu Melalui Sastra

Baca Juga: Konfercab NU HST, Kepengurusan Baru Harus Membawa Kemaslahatan

Baca Juga: Pelajaran Berharga Dari Sang Wali Allah Habib Basirih

Baca Juga: Sebelum Dikuasai Wahabi, Makkah Merayakan Maulid Nabi

Repoter: HN Lazuardi
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin