apahabar.com
Aksi bersih Sungai Tatas oleh warga Banjarmasin dan Koramil 1007-03/BBT. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Dandim 1007/Banjarmasin, Kolonel Inf Anggara Sitompul memberikan arahan kepada jajarannya untuk mengadakan kegiatan kebersihan.

Kegiatan bersih-bersih dilakukan di Sungai Tatas, seputaran belakang dan samping Masjid Raya Sabilal Muhtadin, Jumat (10/11) pagi.

Selain Jajaran Koramil 1007-03/Banjarmasin Barat-Tengah (BBT), kegiatan kebersihan tersebut juga melibatkan puluhan warga di Kelurahan dan Kecamatan setempat.

Danramil 1007-03/BBT, Mayor Czi Tandra Wideru, nampak langsung terjun mengomando kegiatan bersih-bersih tersebut.

Dikatakannya, kegiatan itu sekaligus mengajak masyarakat bersama-sama untuk bergotong-royong, memelihara dan menjaga kebersihan lingkungan, terkhusus Sungai di Wilayah Kecamatan Banjarmasin Tengah.

Selain itu, kata dia, Masjid Raya Sabilal Muhtadin yang berada di sentral Kota Banjarmasin ini, juga merupakan sasaran objek wisata rohani.

Oleh sebab itu, dia mengajak untuk mari bersama-sama jaga dan pelihara kebersihan di sekitar Masjid, termasuk di pinggiran sungai.

Tandra menuturkan, kebersihan lingkungan bisa menjadi cerminan jati diri warga Kota Banjarmasin sendiri. Sesuai dengan motto Walikota Banjarmasin dengan sebutan “Baiman” Barasih Wan Nyaman -Bersih dan Nyaman-.

Dia pun menghimbau kepada masyarakat, khususnya para remaja Kota Banjarmasin, untuk menumbuhkan kesadaran dimulai dari diri sendiri untuk bisa memberikan contoh kepada generasi penerus bangsa agar saling menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan apalagi di sungai.

“Sungai merupakan sumber kehidupan bagi orang banyak, sampah harusnya bisa diolah untuk menghasilkan limbah yang bermanfaat dan baik untuk lingkungan,” harapnya.

Baca Juga: Rayakan HUT TNI, KoramilĀ 1007-03/BBT Dikunjungi Polsekta Banjarmasin Tengah

Baca Juga: Bersama Kalsel Peduli, Koramil 1007-03/BBT Bantu Korban Kebakaran di Saka Permai

Reporter: Riyad Dafhi R
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin