Kecewa, Pengembang Pelaihari City Mall Ngadu ke Menkopolhukam Jalan Berlubang Km 88 Tapin Renggut Nyawa Pemuda HST Ortu Oke, Belajar Tatap Muka di SMP Banjarmasin Dimulai November Menhub Datang, Pengembangan Runaway Bandara Teweh Dibahas Kronologi Lengkap Petaka Lubang Maut di Tapin yang Tewaskan Pemuda HST

BKKBN Kalsel Bekali Mahasiswa UMB Lewat Orasi Ilmiah

- Apahabar.com Rabu, 20 November 2019 - 08:53 WIB

BKKBN Kalsel Bekali Mahasiswa UMB Lewat Orasi Ilmiah

Wakil Rektor 3, Hj. Musphyanti Chalida Puteri saat diwawancara awak media. Foto-istimewa

apahabar.com, BARITO KUALA – Badan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kalimantan Selatan terus melakukan pembinaan terhadap remaja sebagai generasi bangsa di masa depan.

Sebagai calon penduduk usia produktif, remaja diharapkan mampu menjadi aktor atau pelaku pembangunan.

“Pembinaan ketahanan remaja ini dilakukan dalam upaya menyiapkan mereka sebagai calon orang tua yang mampu membangun keluarga berkualitas, sehingga melahirkan generasi yang juga berkualitas,’’ papar Plt Kepala Perwakilan BKKBN Kalsel, Ramlan dalam Orasi Ilmiah satu dasawarsa Genre Indonesia di Universitas Muhammadiyah Banjarmasin, Jalan Gubernur Syarkawi, Kabupaten Batola, Selasa (19/11).

Sesuai dengan pasal 48 UU No. 52 tahun 2009, pembinaan ketahanan remaja dilakukan dengan memberikan akses informasi, pendidikan, konseling dan pelayanan tentang kehidupan berkeluarga. Hasilnya yaitu pembentukan Genre oleh BKKBN.

“Mereka adalah remaja yang memiliki perencanaan dalam mempersiapkan dan melewati transisi kehidupan remaja dengan mempraktikkan hidup bersih dan sehat, melanjutkan pendidikan, memulai berkarir, menjadi anggota masyarakat yang baik, serta membangun keluarga yang berkualitas,” beber Ramlan.

Berdasarkan data UNFPA tahun 2014, di antara 7,2 juta pengangguran di Indonesia, 71 persen di antaranya adalah remaja. Hal ini menunjukkan bagaimana kualitas remaja tidak mampu bersaing untuk mendapatkan pekerjaan.

“Pembinaan ketahanan remaja mutlak diperlukan karena kondisi remaja saat ini bukan tanpa tantangan. Masih ada permasalahan yang mengancam remaja,” tuturnya

Dalam membangun kesadaran tentang pentingnya perencanaan berkeluarga bagi remaja dalam mempersiapkan dan melewati transisi kehidupan remaja, hadir langsung dalam kegiatan ini Sekretaris utama BKKBN pusat, Nofrijal sebagai pemberi materi orasi ilmiah.

Tahun ke dua mendapat kepercayaan dalam Aksi Genre ini, Wakil Rektor 3, Hj. Musphyanti Chalida Puteri mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan ini.

“Kami menyiapkan satu ruangan khusus untuk mereka (Genre) bekerja,” ungkapnya.

Dalam hal ini, Genre akan memberikan konseling kepada para mahasiswa UMB. Mulai dari perencanaan pendidikan, pekerjaan, maupun kehidupan.

“Anak-anak kami yang tergabung dalam genre akan memberikan penyuluhan sebaya. Jadi kalua teman-teman mereka ada yang punya masalah bias dating ke posko Genre,” tutup dia.

Baca Juga: Gelar Forum Sinkronisasi, BKKBN Kalsel Bahas Anggaran DAK

Baca Juga: BKKBN Kalsel Kembangkan Kampung KB Lewat Advokasi Program KKBPK

Reporter: Musnita Sari
Editor: Puja Mandela

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Strategi BKKBN Kalsel Ubah Pelayanan KB di Tengah Pandemi Covid-19

BKKBN Kalsel

Strategi BKKBN Kalsel Ubah Pelayanan KB di Tengah Pandemi Covid-19
apahabar.com

BKKBN Kalsel

Sukseskan Harganas, Pemprov Kalsel Dorong Peran Pers
apahabar.com

BKKBN Kalsel

BKKBN Kalsel Lakukan Perubahan Struktural Jabatan
apahabar.com

BKKBN Kalsel

Tahun Depan, SMPN 4 Banjarmasin Siap Menjadi Sekolah Siaga Kependudukan
apahabar.com

BKKBN Kalsel

Hadapi Bonus Demografi, BKKBN Kalsel Bekali Remaja
apahabar.com

BKKBN Kalsel

BKKBN Kalsel Libatkan Guru Perangi Stunting
apahabar.com

BKKBN Kalsel

Pengunjung Harganas XXVI Diprediksi Tembus Belasan Ribu
apahabar.com

BKKBN Kalsel

CNN Indonesia Hang Out Sambut Harganas ke-XXVI di Kalsel
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com