Terduga Penyusup Diamankan, Kapolda Kalsel Angkat Bicara Ingat Setahun Jokowi tapi Mahasiswa di Banjarmasin Lupa Prokes Refleksi Setahun Jokowi-Ma’ruf, BEM Kalsel Ancam Demo Tiap Pekan NASA Tunjuk Nokia untuk Bangun Jaringan Seluler di Bulan, 2024 Kirim Manusia Bermukim di Sana Demo Setahun Jokowi-Ma’ruf, Pelajar di Banjarmasin Kepergok Bawa Miras

Borneo Mengabdi, Panggil Relawan Meratus Latihan Kepemimpinan

- Apahabar.com Rabu, 27 November 2019 - 19:42 WIB

Borneo Mengabdi, Panggil Relawan Meratus Latihan Kepemimpinan

Borneo Mengabdi. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Kawasan Meratus terus menjadi perhatian banyak pihak. Salah satu wilayah pegunungan yang terletak di tenggara pulau Kalimantan ini memang menyimpan sejuta kekayaan alam dan budaya.

Belakangan, bukan hanya pesona alam saja yang terangkat. Aksi Save Meratus sempat menjadi tuntutan masyarakat Kalsel dalam menyelamatkan hutan di pulau Borneo ini.

Dari situ, banyak dukungan dari sejumlah pihak untuk sama-sama menjaga adat dan kebudayaan yang telah terpelihara selama ini. Salah satunya, Borneo Mengabdi. Organisasi non-pemerintah ini tergerak memanggil para relawan untuk turun langsung melakukan pemberdayaan dan pengabdian masyarakat.

“Kami punya program namanya Meratus, diambil dari singkatan dari memimpin dan mengabdi bersama tunas bangsa,” ucap salah satu relawan Borneo Mengabdi, Muhammad Irpan kepada apahabar.com, Rabu (27/11) malam.

Diinisiasi oleh pemuda-pemudi Kalimantan dari berbagai latar belakang profesi, program ini mengajak para relawan dalam menjalankan pelatihan kepemimpinan dan pengabdian masyarakat yang berlokasi di daerah pedalaman kawasan Meratus.

“Program ini merupakan suatu realisasi amanat reformasi untuk memperkenalkan dan menghormati kesatuan masyarakat adat beserta kebudayaan yang ada di dalamnya,” bebernya.

Menularkan semangat kebermanfaatan kepada generasi muda untuk lingkungan sekitar, Bornoe Mengabdi juga mengajak relawan dari seluruh penjuru negeri untuk ikut dalam kegiatan yang akan dilaksanakan di Desa Kamawakan, Kecamatan Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan Kalsel, 9-15 Januari 2020 mendatang.

“Para relawan yang ingin mendaftar bisa hanya dikenakan biaya donasi sebesar Rp 75 ribu, selebihnya fully funded (didanai penuh) bagi yang lolos seleksi administrasi,” ungkapnya.

Untuk mengikuti rangkaian kegiatan ini, dia juga mengajak para relawan agar segera mendaftarkan diri sebelum 16 Desember 2019 nanti.

“Link pendaftaran tinggal klik bit.ly/daftarmeratus1 , kemudian info lebih lanjut bisa cek di instagram @borneo.mengabdi , atau hubungi di 087753564481,” sebut dia.

Baca Juga: Penyerahan 557 DIPA ke SKPD, Paman Birin Singgung Desa ‘Hantu’

Baca Juga: Terungkap, Motif Pembunuhan Sadis di Kotabaru Versi Polisi

Reporter: Musnita Sari
Editor: Syarif

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Penegakkan Perbup Prokes Nomor 26 2020: 3 Warga Tanta Tabalong Disuruh Beli Masker
apahabar.com

Kalsel

Tegakkan Disiplin Protokol Kesehatan, Polsek Rantau Badauh Masih Toleransi
apahabar.com

Kalsel

Hujan Disertai Petir Diprakirakan Bakal Guyur 3 Daerah Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Pastikan Kamtibmas Aman Kondusif, Polres HSU Gelar Pengamanan Salat Idul Adha
apahabar.com

Kalsel

Pilkada Kalsel, Gerindra Hati-Hati Tetapkan Calon Jagoan
apahabar.com

Kalsel

Pilgub Kalsel 2020, Netralitas Kejaksaan Negeri Rantau Kembali Diuji
apahabar.com

Kalsel

Kebun Terendam, Petani Karet Damit Hulu Gagal Panen
apahabar.com

Kalsel

KSOP 1 Banjarmasin Pastikan Gelombang Laut Rendah
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com