Gubernur Sahbirin Mau Digugat karena Banjir Terparah, Walhi-Jatam Sepakat Class Action Data Lengkap Korban Longsor Mantewe Tanah Bumbu, Dari Amuntai hingga Kapuas Banjir Kalsel Berbuntut Panjang, Lawyer Banua Ancam Gugat Paman Birin Banjir Kalsel, Warga Kompleks Elite Nyinyir Rumah Miliaran “Calap Jua” Berakhir Hari Ini, Pembatasan Banjarmasin Ambyar Diterjang Banjir

Borneo Mengabdi, Panggil Relawan Meratus Latihan Kepemimpinan

- Apahabar.com Rabu, 27 November 2019 - 19:42 WIB

Borneo Mengabdi, Panggil Relawan Meratus Latihan Kepemimpinan

Borneo Mengabdi. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Kawasan Meratus terus menjadi perhatian banyak pihak. Salah satu wilayah pegunungan yang terletak di tenggara pulau Kalimantan ini memang menyimpan sejuta kekayaan alam dan budaya.

Belakangan, bukan hanya pesona alam saja yang terangkat. Aksi Save Meratus sempat menjadi tuntutan masyarakat Kalsel dalam menyelamatkan hutan di pulau Borneo ini.

Dari situ, banyak dukungan dari sejumlah pihak untuk sama-sama menjaga adat dan kebudayaan yang telah terpelihara selama ini. Salah satunya, Borneo Mengabdi. Organisasi non-pemerintah ini tergerak memanggil para relawan untuk turun langsung melakukan pemberdayaan dan pengabdian masyarakat.

“Kami punya program namanya Meratus, diambil dari singkatan dari memimpin dan mengabdi bersama tunas bangsa,” ucap salah satu relawan Borneo Mengabdi, Muhammad Irpan kepada apahabar.com, Rabu (27/11) malam.

Diinisiasi oleh pemuda-pemudi Kalimantan dari berbagai latar belakang profesi, program ini mengajak para relawan dalam menjalankan pelatihan kepemimpinan dan pengabdian masyarakat yang berlokasi di daerah pedalaman kawasan Meratus.

“Program ini merupakan suatu realisasi amanat reformasi untuk memperkenalkan dan menghormati kesatuan masyarakat adat beserta kebudayaan yang ada di dalamnya,” bebernya.

Menularkan semangat kebermanfaatan kepada generasi muda untuk lingkungan sekitar, Bornoe Mengabdi juga mengajak relawan dari seluruh penjuru negeri untuk ikut dalam kegiatan yang akan dilaksanakan di Desa Kamawakan, Kecamatan Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan Kalsel, 9-15 Januari 2020 mendatang.

“Para relawan yang ingin mendaftar bisa hanya dikenakan biaya donasi sebesar Rp 75 ribu, selebihnya fully funded (didanai penuh) bagi yang lolos seleksi administrasi,” ungkapnya.

Untuk mengikuti rangkaian kegiatan ini, dia juga mengajak para relawan agar segera mendaftarkan diri sebelum 16 Desember 2019 nanti.

“Link pendaftaran tinggal klik bit.ly/daftarmeratus1 , kemudian info lebih lanjut bisa cek di instagram @borneo.mengabdi , atau hubungi di 087753564481,” sebut dia.

Baca Juga: Penyerahan 557 DIPA ke SKPD, Paman Birin Singgung Desa ‘Hantu’

Baca Juga: Terungkap, Motif Pembunuhan Sadis di Kotabaru Versi Polisi

Reporter: Musnita Sari
Editor: Syarif

Editor: Amrullah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Jumlah Pasien Sembuh Terus Lampaui Kasus Positif Covid-19 di Kalsel
Sekda Kotabaru Minta Kadishub Tingkatkan Profesionalisme dalam Bertugas

Kalsel

Sekda Kotabaru Minta Kadishub Tingkatkan Profesionalisme dalam Bertugas
apahabar.com

Kalsel

Setelah Positif Covid-19, 8 Peserta Pilkada Kalsel 2020 Jalani Tes Kesehatan di RSUD Ulin Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Harga Cabe Di Pasar Marabahan Beranjak Turun
apahabar.com

Kalsel

Satu Warganya Positif Covid-19, Banua Anyar Dijaga Ketat

Kalsel

VIDEO: Kemesraan Jokowi-Iriana di Kampanye Akbar Banjarmasin, Bikin Jomlo Baper
aphabar.com

Kalsel

Duh, Ibu di Banjarmasin Tengah Tega Jadikan Putrinya Budak Seks!
apahabar.com

Kalsel

Ketua Komisi I DPRD Banjarmasin Sayangkan Penjagaan Pos Tanpa Pemeriksaan Kesehatan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com