Mulai Esok, RS Idaman Banjarbaru Kembali Terima Pasien Baru PPKM Level IV: Banjarmasin Jauh Lebih Boros Ketimbang Banjarbaru Ssttt.. Satu Pembunuh Perawat RSDI Banjarbaru Lolos Penyergapan di Jawa Laut Cerita Relawan Banjar: Pahitnya Daun Sungkai Bisa Menyembuhkan Bantu Pasien Isoman, Menteri Muhadjir Pantau Asman Toga di Banjarmasin Utara

Bukan Wisata Alam, Ini Yang Digenjot Pariwisata Batola

- Apahabar.com     Senin, 11 November 2019 - 16:24 WITA

Bukan Wisata Alam, Ini Yang Digenjot Pariwisata Batola

Selain susur sungai, Barito Kuala membutuhkan destinasi lain untuk menggenjot pengembangan pariwisata. Foto-apahabar.com/Bastian Alkaf.

apahabar.com, MARABAHAN – Meski tidak banyak memiliki potensi alam, pengembangan pariwisata tetap menjadi salah satu prioritas Barito Kuala.

Komitmen tersebut ditunjukkan melalui kesepakatan antara Pemkab Batola dengan DPRD Batola, terkait Raperda Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah.

Kesepakatan dilakukan dalam rapat paripurna DPRD Batola bersama Bupati Hj Noormiliyani AS beserta Forkopimda, Senin (11/11).

“Melalui Raperda Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah, pengembangan pariwisata sebagai peningkatan ekonomi masyarakat sudah memiliki payung hukum,” ungkap Noormiliyani.

“Rencana ini juga menjadi landasan semua kegiatan pemanfaatan potensi pariwisata sebagai bagian dari rencana pembangunan daerah,” imbuhnya.

Sebelumnya dalam kesempatan berbeda, Noormiliyani mengakui potensi pariwisata Batola tidak bisa bergantung dengan kondisi alam saja.

Pun objek wisata di Batola seperti wisata religi dan susur sungai, juga dimiliki daerah-daerah lain. Di sisi lain, Batola tak memiliki pantai maupun pegunungan.

Lantas solusi yang ditawarkan Noormiliyani agar membuat orang berkunjung ke Batola adalah melalui serangkaian kegiatan bertaraf nasional.

“Sudah beberapa kegiatan bertaraf nasional yang digarap sepanjang 2019. Selain festival burung dan layang-layang, juga segera digelar Tour de Batola,” papar Noormiliyani.

“Kami berencana membuat 12 festival sepanjang 2020. Di antaranya Festival Muharram yang diharapkan membuat perayaan Tahun Baru Islam lebih meriah,” tegasnya.

Disamping Raperda Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah, rapat paripurna DPRD juga menyepakati Raperda Penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.

Kesepakatan lain diberikan untuk Raperda Perubahan Atas Peraturan Nomor 13 Tahun 2011 Tentang Retribusi Perizinan Tertentu, serta Raperda Penyelenggaran Administrasi Kependudukan dan Catatan Sipil.

Dalam kesempatan yang sama, diajukan lima Raperda baru tentang penyelenggaraan perpustakaan, penyelenggaraan kearsipan, penyertaan modal kepada Bank Kalsel, rencana pembangunan industri dan perubahan nama PD BPR Alalak.

Terkait penyertaan modal kepada Bank Kalsel, Pemkab Batola sudah memasukkan Rp70 miliar dalam kerjasama profit oriented per 31 Desember 2018 dengan persentase share kepemilikan 5,46 persen.

Sementara hingga 2017, dividen yang diperoleh Pemkab Batola mencapai Rp8,6 miliar melalui 280 ribu lembar saham.

Selanjutnya dalam tahun anggaran 2020, disuntikkan dana tambahan sebesar Rp10 miliar. Ditargetkan hingga 2022, kerjasama profit oriented ini bernilai Rp100 miliar.

Baca Juga: Rumahnya Dibedah PKK Batola, Ghalib Pun Tersenyum

Baca Juga: Usai Senam Bersama, Bupati Batola Tendang Bola Futsal

Reporter: Bastian Alkaf
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Dampak PSBB Banjarmasin, Timbunan Sampah Berkurang
apahabar.com

Kalsel

Komisi IV DPRD Banjarmasin Salurkan Bantuan ke Nenek Sabariah
apahabar.com

Kalsel

Update Covid-19 Tanbu: 20 Sembuh, Bumi Bersujud Juga Tambah Kasus Positif
apahabar.com

Kalsel

Kapolda Kalsel Bersilaturahmi dengan Santri dan Anak Panti
apahabar.com

Kalsel

Bantah Positif Covid-19, Andin Beberkan Surat RSUD Ulin Tanpa Tandatangan
apahabar.com

Kalsel

DPRD Banjarmasin Janji Sidak Agen Elpiji Nakal
Kotabaru

Kalsel

KMP JM II Nyaris Tenggelam, Tim SAR Gabungan Kotabaru Bersiap Evakuasi
apahabar.com

Kalsel

Bocah Misterius Relakan Celengannya demi Korban Kebakaran Patmaraga
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com