Fix, Pengeboran Migas di Mahakam Ulu Kaltim Lanjut 2021 Seruan Jokowi: Buru Pelaku Pembantaian Satu Keluarga di Sigi! Malu-maluin! Pemuda di Kotabaru Jambret Wanita demi Komix Terungkap, Korban Tewas Kecelakaan di Tapin Warga Wildan Banjarmasin INALILAHI Hujan Lebat, Pengendara Vario di Tapin Tewas

Bukan Wisata Alam, Ini Yang Digenjot Pariwisata Batola

- Apahabar.com Senin, 11 November 2019 - 16:24 WIB

Bukan Wisata Alam, Ini Yang Digenjot Pariwisata Batola

Selain susur sungai, Barito Kuala membutuhkan destinasi lain untuk menggenjot pengembangan pariwisata. Foto-apahabar.com/Bastian Alkaf.

apahabar.com, MARABAHAN – Meski tidak banyak memiliki potensi alam, pengembangan pariwisata tetap menjadi salah satu prioritas Barito Kuala.

Komitmen tersebut ditunjukkan melalui kesepakatan antara Pemkab Batola dengan DPRD Batola, terkait Raperda Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah.

Kesepakatan dilakukan dalam rapat paripurna DPRD Batola bersama Bupati Hj Noormiliyani AS beserta Forkopimda, Senin (11/11).

“Melalui Raperda Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah, pengembangan pariwisata sebagai peningkatan ekonomi masyarakat sudah memiliki payung hukum,” ungkap Noormiliyani.

“Rencana ini juga menjadi landasan semua kegiatan pemanfaatan potensi pariwisata sebagai bagian dari rencana pembangunan daerah,” imbuhnya.

Sebelumnya dalam kesempatan berbeda, Noormiliyani mengakui potensi pariwisata Batola tidak bisa bergantung dengan kondisi alam saja.

Pun objek wisata di Batola seperti wisata religi dan susur sungai, juga dimiliki daerah-daerah lain. Di sisi lain, Batola tak memiliki pantai maupun pegunungan.

Lantas solusi yang ditawarkan Noormiliyani agar membuat orang berkunjung ke Batola adalah melalui serangkaian kegiatan bertaraf nasional.

“Sudah beberapa kegiatan bertaraf nasional yang digarap sepanjang 2019. Selain festival burung dan layang-layang, juga segera digelar Tour de Batola,” papar Noormiliyani.

“Kami berencana membuat 12 festival sepanjang 2020. Di antaranya Festival Muharram yang diharapkan membuat perayaan Tahun Baru Islam lebih meriah,” tegasnya.

Disamping Raperda Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah, rapat paripurna DPRD juga menyepakati Raperda Penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.

Kesepakatan lain diberikan untuk Raperda Perubahan Atas Peraturan Nomor 13 Tahun 2011 Tentang Retribusi Perizinan Tertentu, serta Raperda Penyelenggaran Administrasi Kependudukan dan Catatan Sipil.

Dalam kesempatan yang sama, diajukan lima Raperda baru tentang penyelenggaraan perpustakaan, penyelenggaraan kearsipan, penyertaan modal kepada Bank Kalsel, rencana pembangunan industri dan perubahan nama PD BPR Alalak.

Terkait penyertaan modal kepada Bank Kalsel, Pemkab Batola sudah memasukkan Rp70 miliar dalam kerjasama profit oriented per 31 Desember 2018 dengan persentase share kepemilikan 5,46 persen.

Sementara hingga 2017, dividen yang diperoleh Pemkab Batola mencapai Rp8,6 miliar melalui 280 ribu lembar saham.

Selanjutnya dalam tahun anggaran 2020, disuntikkan dana tambahan sebesar Rp10 miliar. Ditargetkan hingga 2022, kerjasama profit oriented ini bernilai Rp100 miliar.

Baca Juga: Rumahnya Dibedah PKK Batola, Ghalib Pun Tersenyum

Baca Juga: Usai Senam Bersama, Bupati Batola Tendang Bola Futsal

Reporter: Bastian Alkaf
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Kalsel Diprakirakan Hujan Siang Ini
1 Meninggal, ODP Covid-19 di Kabupaten Banjar Turun Drastis

Kalsel

1 Meninggal, ODP Covid-19 di Kabupaten Banjar Turun Drastis
apahabar.com

Kalsel

BREAKING NEWS! Lelaki Paruh Baya Warga Pelambuan Tenggelam di Sungai Barito Akhirnya Ditemukan
apahabar.com

Kalsel

Pemodal Resmi Tersangka, 7 Penambang di Pangkut Kalteng Masih Tertimbun Longsor
Update Covid-19

Kalsel

Update Covid-19 Kotabaru 18 November: Tambah 7 Positif, 8 Sembuh
apahabar.com

Kalsel

Soal Revitalisasi Pasar, Pemkot Minta Bantu Dewan
apahabar.com

Kalsel

Sembuh dari Covid-19, Belasan Warga Kalsel Segera Dipulangkan
apahabar.com

Kalsel

Tambah 123 Kasus, Positif Covid di Kalsel Terus Melangkah Naik
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com