Dampak Banjir di Satui Tanah Bumbu: 145 Rumah, 55 Ha Sawah Terendam, 101 Jiwa Mengungsi Lebaran Hari Kedua, Simak Prediksi Cuaca Pasca-Banjir di HST dan Tanah Bumbu Sudah Ditemukan, Jasad Korban Longsor di Batu Bini HSS Dievakuasi Besok Banjir di Haruyan HST Berangsur-Angsur Surut, BPBD Imbau Warga Tetap Siaga Lebaran di Lapas Balikpapan, Antre Video Call Lepas Rindu

Bupati Tebar 120 Ribu Bibit Ikan di DAM Tringsing

- Apahabar.com Kamis, 21 November 2019 - 19:24 WIB

Bupati Tebar 120 Ribu Bibit Ikan di DAM Tringsing

Bupati Barito Utara H Nadalsyah bersama FKPD setempat menebarkan 120 berbagai jenis bibit ikan di DAM Trinsing, Kecamatan Teweh Selatan, Kamis (21/11). Foto - Istimewa

apahabar.com, MUARA TEWEH – Bupati Barito Utara (Barut) H Nadalsyah menebarkan 120 ribu bibit ikan di DAM Trinsing, Kecamatan Teweh Selatan, Kamis (21/11).

Jenis bibit ikan yang ditebar bupati bersama wakil bupati, Sekda, Dandim 1013/Muara Teweh serta pejabat lainnya, antara lain, ikan Betok atau Papuyu, Mujair, Nila serta jenis ikan lainnya.

Di sela kegiatan tebar ikan atau restolking yang di laksanakan oleh Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan ini, Nadalsyah menginginkan agar kegiatan tersebut bisa diagendakan tiap tahun sehingga akan ada bibit bibit baru yang berkembang.

“Saya menginginkan agar kegiatan tebar benih/bibit ikan ini diagendakan tiap tahun dan bukan hanya di Tringsing saja namun juga bagi daerah yang mempunyai lahan dan siap untuk penyebaran bibit, seperti Trahean dan lainnya,” kata Koyem panggilan akrab bupati.

“Penebaran bibit ini juga sangat berpengaruh pada ketersediaan ikan di Barito Utara, karena selama ini kita masih mendatangkan ikan dari luar daerah untuk memenuhi kebutuhan akan ikan,” imbuhnya.

Dia juga berharap agar masyarakat sekitar tambak ikan atau DAM ikut berperan dalam menjaga dan memanfaatkan ketersediaan ikan, serta ke depan untuk menjadikan daerah Trinsing dan Trahean untuk objek wisata Mancing Mania.

Dengan demikian maka prospek pemanfaatan DAM selain sebagai wisata dan tujuan mancing mania akan berpengaruh pada perekonomian warga sekitarnya.

Masyarakat harus jeli dalam mengambil peluang yang ada dengan memanfaatkan sumber daya alam, karena menurutnya Desa Trinsing mempunyai potensi alam yakni mempunyai danau alami yang cukup luas sehingga bisa menjadi sumber pendapatan warga sekitarnya.

Baca Juga: Tiga Perwira Polres Barito Utara Bergeser

Baca Juga: Dinas Sosial Kalteng Tegaskan Tak Pernah Telantarkan Lansia

Reporter: Ahc17
Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Satuan Pendidikan Non Formal Dinilai Berperan Aktif dalam Proses Pembelajaran
Puting beliung

Kalteng

Disapu Puting Beliung, 1 Rumah di Dadahup Kapuas Rusak Berat
Covid-19

Kalteng

Satu Lagi Pasien Covid-19 Kapuas Meninggal Dunia
apahabar.com

Kalteng

Bantu Masyarakat, BPJS Kesehatan Barut Programkan Relaksasi Tunggakan
Dinsos Kalteng

Kalteng

Dinsos Kalteng Bantu Sembuhkan Trauma Anak yang Orangtuanya Bunuh Diri
apahabar.com

Kalteng

Walhi Minta Pemerintah Bangun Rumah Sakit Korban Karhutla Kalteng
apahabar.com

Kalteng

Di Tengah Pandemi, Latihan Perdana Balap Motor Kapuas Resmi Dimulai
Kapuas

Kalteng

Clear, BPN Serahkan Sertifikat Tanah Pemkab Kapuas di 3 Kecamatan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com