BANJIR KALSEL: 2 Ribu Jiwa Mengungsi, Pasukan Khusus TNI Mendarat di Banjarbaru Jokowi Telepon Gubernur Soal Banjir Kalsel, Gak Kebalik Pak? Breaking News: Respons Jokowi Atas Banjir di Kalsel, Segera Kirim Perahu Karet Tak Ucapkan Dukacita, Habib Banua Tantang Presiden ke Kalsel Warga Banjiri IG Presiden Jokowi: Kalsel Juga Berduka Pakkk!!!

Bursa Bumdes di Tala; Pamerkan Kain Sasirangan, Marning, sampai Telur Asin

- Apahabar.com Kamis, 7 November 2019 - 15:53 WIB

Bursa Bumdes di Tala; Pamerkan Kain Sasirangan, Marning, sampai Telur Asin

Penjabat Sekda Tala Muhammad Darmin saat meresmikan Bursa Bumdes Tanah Laut 2019, di RTH Kijang Mas, Rabu (06/11). Foto-Istimewa

apahabar.com, PELAIHARI – Ada berbagai produk olahan lokal yang dipamerkan pada kegiatan Bursa Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Kabupaten Tanah Laut.

Event digelar di RTH Kijang Mas sudah berlangsung sejak Rabu (06/11) kemarin.

Mengusung tema “Gerakan Membangun Inovasi Ekonomi Masyarakat Desa” atau Gerbang Sikomad, kegiatan tersebut diikuti 11 kecamatan yang memamerkan berbagai produk olahan masyarakat lokal.

Kecamatan Tambang Ulang yang sudah terkenal dengan produk kain sasirangan, memamerkan produk olahan makanan marning dengan berbagai varian rasa.

Sementara Kecamatan Bati-Bati berpartisipasi dengan memamerkan asbak dari limbah plastik, gula merah, telur asin, madu, dan kerajinan rumah banjar.

“Melalui ‘Gerbang Sikomad’, pemerintah memberikan dukungan untuk penguatan Bumdes agar mampu berproses semakin kuat untuk memberdayakan masyarakat,” sebut Bupati Tanah Laut melalui Penjabat Sekda, M Darmin, saat membuka kegiatan.

Saat ini, Tanah Laut memiliki 81 Bumdes yang dibentuk dari 130 desa. Ia menilai kemajuan Bumdes akan sangat tergantung dengan sinergisitas antara pemerintah daerah dengan masyarakat.

“Karena itu, Bumdes harus didukung semua pihak, baik itu pemerintah, perguruan tinggi, swasta, perusahaan maupun pihak perbankan,” imbuh Darmin.

Pemkab Tanah Laut saat ini sudah melakukan kerjasama dengan sejumlah pihak, di antaranya dengan Fakultas Perikanan dan Kelautan ULM Banjarbaru.

Fakultas tersebut sudah menandatangani MoU dengan Bumdes Gawi Manuntung Desa Sambangan, Bati-Bati, untuk membina masyarakat ekonomi kreatif berbasis penguatan nilai produk lokal selama dua tahun.

Kementerian Desa dan PDTT RI juga memberikan bantuan permodalan kepada Bumdes Bina Bersama Desa Tirtajaya, Kecamatan Bajuin, sebesar Rp 50 juta, karena berhasil masuk sebagai nominasi desa terbaik nasional kategori pelayanan publik dan transparasi informasi pada 2018.

Kegiatan ditandai dengan penandatanganan komitmen bersama mendukung kemajuan Bumdes, diawali Pj Sekda diikuti unsur Forkopimda dan Kepala SKPD Tanah Laut.

Baca Juga: Desa Bumi Jaya Jadi Percontohan Kampung Iklim di Tala

Baca Juga: Abdi Rahman Mengharap Berkah Maulid Nabi

Reporter: Ahc14
Editor: Puja Mandela

Editor: Amrullah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kab. Tanah Laut

Gubuk Milik Nenek Berusia 95 Tahun di Tala Akan Dibedah
apahabar.com

Kab. Tanah Laut

Di Desa Kayu Abang, Sukamta Ingatkan Pentingnya Tugas Kepala Desa
apahabar.com

Kab. Tanah Laut

Seluruh Fraksi DPRD Tala Terima Raperda APBD 2020
Bnajir

Kab. Tanah Laut

Alamak! Air Sungai Meluap, Banjir Tala Makin Parah
Bangunan Lama Rumah Sakit Boejasin Pelaihari Akan Dijadikan Tempat Karantina

Kab. Tanah Laut

Bangunan Lama Rumah Sakit Boejasin Pelaihari Akan Dijadikan Tempat Karantina
apahabar.com

Kab. Tanah Laut

Peredaran Uang di Tala Expo Mencapai Rp 5,5 Miliar
apahabar.com

Kab. Tanah Laut

Nekat Nongkrong, Perkumpulan Anak Muda di Tala Dibubarkan
apahabar.com

Kab. Tanah Laut

Sukamta Tegaskan Percepatan Penanganan Covid-19
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com