Hendak Benarkan Tas, Pemotor Tabrak Truk di Angsau Tanah Laut Negosiasi Rampung: Bagus Lega, Hasnur Rela, Nitizen Bahagia, Bagaimana FC Utrecht? Jelang Masa Tenang, Bawaslu Kalsel Minta Paslon Copot APK Longsor Tergerus Banjir, Oprit Jembatan di Tabalong Diperbaiki Benny Wenda Deklarasi Papua Merdeka, Pemerintah RI Jangan Diam!

Deklarasi Partai Gelora Tunggu Proses Kemenkumham

- Apahabar.com Selasa, 12 November 2019 - 06:30 WIB

Deklarasi Partai Gelora Tunggu Proses Kemenkumham

Mahfudz Siddiq. Foto-Republika

apahabar.com, JAKARTA – Inisiator Partai Gelora Indonesia, Mahfudz Siddiq, mengungkapkan, deklarasi partainya belum akan dilakukan dalam waktu dekat.

Deklarasi partai yang dimulai dari Ormas Gerakan Arah Baru Indonesia (Garbi) itu dilakukan setelah Gelora telah resmi berbadan hukum. Saat ini, Partai Gelora masih dalam tahap mendaftar sebagai partai politik berbadan hukum di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

“Gelora baru akan deklarasi sesudah resmi jadi parpol berbadan hukum berdasarkan SK Menkumham,” ujar Mahfudz.

Mahfudz mengatakan, saat ini Partai Gelora sedang melengkapi seluruh persyaratan pendaftaran partai politik yang ditetapkan oleh undang-undang. Karena itu, ia belum dapat memastikan waktu tepat Partai Gelora akan deklarasi.

“Kami masih melengkapi persyaratan-persyaratan yang diperlukan untuk daftar ke Kemenkumham. Namun, ya prinsipnya semakin cepat semakin bagus. Dalam UU, proses di Kemenkumham itu dua bulan,” ujar Mahfudz.

Sebelumnya, para inisiator dan penggagas Partai Gelora melakukan konsolidasi nasional pada Sabtu (11/11) lalu. Dalam kesempatan itu, Mahfudz mengatakan, konsolidasi sebagai forum untuk memastikan kesiapan pendirian Partai Gelora. Sebab, untuk proses pendaftaran partai politik membutuhkan kesiapan tidak hanya pusat, tetapi juga provinsi.

“Kita gunakan forum ini untuk cek tingkat kesiapan dari setiap provinsi seperti apa, kalau jadwal daftarnya sendiri kita belum bisa kita pastikan karena bergantung pada evaluasi,” kata Mahfudz.

Termasuk halnya struktur dan kepengurusan Partai Gelora, menjadi bagian yang masih dimatangkan. Sebab, saat proses pendaftaran nantinya, harus sudah ditetapkan struktur dan kepengurusan partai dari pusat hingga daerah.

“Jadi, kita akan baru deklarasi termasuk umumkan struktur lengkapnya, siapa pengurus pusat sampai wilayahnya. Itu nanti kalau semua proses sudah selesai,” ujarnya.

Namun, Mahfudz tidak menutup kemungkinan Partai Gelora akan diketuai oleh Anis Matta yang merupakan penggagas utama Partai Gelora.

“Kalau boleh saya buat proyeksi, ya penggagas utamanya kan Pak Anis. Saya pikir teman-teman juga tidak punya atau belum punya preferensi lain selain Pak Anis, menurut saya, tapi lihat nantilah kalau sudah pastinya gimana,” katanya.

Baca Juga: Daftar ke PAN, Kepala Kemenag Kotim Siap Bertarung di Pilkada 2020

Baca Juga: Menuju Pilwali Banjarmasin, Habib Alwi Melirik Kursi Gerindra

Sumber: Republika
Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Politik

Tiga Nama Lamar PDIP HST, Berry Tilik Peluang Koalisi
apahabar.com

Politik

Pengamat: Soal Lingkungan, Kedua Capres Punya Kelebihan
apahabar.com

Politik

Penuhi Syarat Kesehatan, Andin-Guru Oton Siap Tatap Muka Bersama Masyarakat Banjar
Kota Banjarmasin

Politik

Program Baiman Sulap Kawasan Jalan A Yani Banjarmasin Jadi Elok Rupawan
apahabar.com

Politik

Pilpres 2019: Floating Voters Kalsel Dominan Milenial
apahabar.com

Politik

Hasto Bantah Berselisih dengan Risma Terkait Pilkada Surabaya
apahabar.com

Politik

Jokowi: Kita Mulai Bangun Jalur Kereta Api Makassar ke Parepare
apahabar.com

Politik

Tiga Kota di AS Cetuskan #AmerikaBerSATU untuk Jokowi-Ma’ruf Amin
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com