Kecewa, Pengembang Pelaihari City Mall Ngadu ke Menkopolhukam Jalan Berlubang Km 88 Tapin Renggut Nyawa Pemuda HST Ortu Oke, Belajar Tatap Muka di SMP Banjarmasin Dimulai November Menhub Datang, Pengembangan Runaway Bandara Teweh Dibahas Kronologi Lengkap Petaka Lubang Maut di Tapin yang Tewaskan Pemuda HST

Dorong Komunitas, Bank Kalsel Siapkan Program Modal Barakah

- Apahabar.com Senin, 25 November 2019 - 08:58 WIB

Dorong Komunitas, Bank Kalsel Siapkan Program Modal Barakah

Expo Pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan gelar produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Siring Menara Pandang Banjarmasin, Sabtu (23/11) kemarin. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Bank Kalsel terus memberdayakan diri sebagai Bank Pembangunan Daerah. Berbagai program terus diluncurkan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Kami juga punya program lain untuk membangun komunitas, namanya pinjaman modal barakah,” ungkap Direktur Utama Bank Kalsel, Agus Syabarrudin, dalam acara Expo Pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan gelar produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Siring Menara Pandang Banjarmasin, Sabtu (23/11) kemarin.

Program Modal Barakah yang dimaksud adalah program pinjaman ultra mikro yang dikeluarkan Bank Kalsel melalui UPZ (Unit Pengumpul Zakat).

“Ini sebagai kelengkapan disamping KUR (Kredit Usaha Rakyat),” kata dia.

Pinjaman ini, kata Agus, ditujukan sebagai bentuk komitmen Bank Kalsel dalam mengembangkan program pemberdayaan produktif untuk memfasilitasi para pelaku usaha ultra mikro. Fasilitas pinjaman yang disiapkan juga mudah dan tanpa tambahan, serta jaminan tidak akan memberatkan masyarakat.

“Ini seperti dana bergulir yang dapat diperuntukkan untuk semua komunitas, bahkan bagi mereka yang tidak memiliki usaha,” bebernya.

Dalam peluncuran awalnya, pelaksanaan Modal Barakah dilaksanakan melalui kerja sama komunitas berbasis keagamaan seperti pondok pesantren, majelis taklim, masjid dan komunitas lainnya.

Pinjaman ditujukan kepada anggota perorangan berbentuk kelompok usaha yang terdiri minimal 5 orang dan maksimal 10 orang dengan mekanisme tanggung renteng. Pinjaman dana total sebesar Rp 10 Juta.

“Kemudian usahanya itu meningkat menjadi visible. Lalu akan terus kita dorong menjadi bankable. Terus meningkat dari kecil, menengah, komersial bahkan korporasi,” sebutnya.

Selain pinjaman, juga akan diberikan pelatihan kewirausahaan, pengelola keuangan dan pendampingan kepada para anggota atau peminjam, sehingga ke depan para pelaku usaha ultra mikro dapat produktif menggunakan dana pinjaman yang diberikan.

Baca Juga: Dorong Peningkatan UMKM, Dinkop UKM Kalsel Gelar Expo Pembiayaan KUR

Reporter: Musnita Sari
Editor: Puja Mandela

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Bank Kalsel

Bantu APD, Bank Kalsel Cabang Marabahan Sasar Petugas Puskesmas
apahabar.com

Bank Kalsel

Sama-Sama di Garis Depan, Alasan Bank Kalsel Cabang Marabahan Bantu Jurnalis
apahabar.com

Bank Kalsel

Bank Kalsel Syariah Boyong 5 Nasabah untuk Umrah Gratis, Simak Caranya
apahabar.com

Bank Kalsel

Dirut Bank Kalsel Hadir di Pertemuan Tahunan OJK
apahabar.com

Bank Kalsel

Puncak Hari Jadi HSS, UPZ Bank Kalsel Salurkan Sarung kepada 207 Anak Yatim
apahabar.com

Bank Kalsel

Dua ASN Dapat Undian Motor dari Bank Kalsel Cabang Batulicin
apahabar.com

Bank Kalsel

Bagi Sembako, Bupati Tapin Apresiasi Langkah Bank Kalsel
apahabar.com

Bank Kalsel

Amankan Jasa Perbankan, Bank Kalsel Teken MoU dengan Polda Kalsel
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com