Magrib, Mayat di Jembatan Kayu Tangi Gegerkan Warga Sekolah Tatap Muka di Banjarmasin: Waktu Belajar Dipangkas, Sehari Hanya 5 Jam Sehari Jelang Penutupan, Pendaftar BLT UMKM di Batola Capai 5.000 Orang Pencuri Hp Rosehan Diciduk Polisi, Ini Dalih Tersangka Kronologi Pria Kelumpang Tengah Tewas Disengat Ribuan Lebah

DPRD Kalsel Mulai Godok 4 Raperda Baru, Ini Harapannya

- Apahabar.com Rabu, 27 November 2019 - 20:36 WIB

DPRD Kalsel Mulai Godok 4 Raperda Baru, Ini Harapannya

Ilustrasi Perda. Foto-Radar Cirebon

apahabar.com, BANJARMASIN – Setelah Senin (25/11) DPRD Kalsel menggelar paripurna dengan agenda mendengarkan pendapat akhir Gubernur Kalsel dan Fraksi-Fraksi, panitia khusus (pansus) sudah dibentuk.

Empat rancangan payung hukum itu adalah Raperda Pemadam Kebakaran, Raperda Perlindungan dan Pemberdayaan Petani, Raperda Keamanan Pangan dan Raperda Kebun Raya Banua.

Ketua Pansus II, Raperda Perlindungan dan Pemberdayaan Petani, Burhanuddin mengatakan alasan dibuatnya peraturan tersebut lantaran makin tergerusnya jumlah lahan pertanian di Kalsel.

“Dari data Badan Pusat Statistik (BPS) di Kalsel di tahun 2004 jumlah lahan sawah yang alih fungsi sebanyak 187 hektare per tahun, dan hingga kini jumlah itu selalu bertambah,” ujar Buhanuddin,

Dia mengkhawatirkan jumlah tersebut akan makin meluas seiring pertumbuhan pemukiman penduduk yang kian merambat setiap tahun.

Oleh sebab itu, perlu adanya payung hukum daerah tentang perlindungan dan pemberdayaan petani.

Sementara di rapat yang dipimpin Ketua DPRD Kalsel Supian HK menyebut sependapat dengan penyampaian para fraksi dan kepala daerah.

“Kami sependapat dengan jawaban kepala daerah. Selanjutnya diharapkan dapat dalam proses pembentukan dapat dipermudah,” kata Supian HK.

Gubernur Kalsel, diwakili Kepala Badan Ketahanan Pangan Ir Suparno,
dalam jawabannya atas pendapat legislatif terhadap Raperda tentang Pengelolaan Kebun Raya Banua, menyatakan, Pemprov  Kalsel akan berupaya tak hanya menjadi sarana yang nyaman dan ramah terhadap lingkungan akan tetapi juga menjadikan sesuatu yang unik dan lestari serta nyaman dinikmati para pengunjung.

Begitu pula terhadap Raperda tentang Keamanan Pangan, pihaknya sebut Suparno, menyambut baik serta akan melakukan pengawasan dan pembinaan permasalahan keamanan pangan.

“Boleh jadi terabaikan masyarakat. Namun Pemda tidak boleh lalai dalam menjaga masyarakatnya agar tidak hanya keamanannya yang terjamin, tapi juga menjadikan masyarakat Banua yang berkualitas,” ujarnya.

Baca Juga: Bapemperda DPRD Banjarmasin Ajukan 20 Raperda

Baca Juga: Fraksi PDIP dan Golkar Sepakat dengan Raperda Pengelolaan Kebun Raya Banua

Reporter: Rizal Khalqi
Editor: Syarif

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Masih Diwarnai Hujan Lokal Hari Ini
Feeder 85 Persen Normal, Sistem Kelistrikan Kalselteng Berangsur Pulih

Kalsel

Feeder 85 Persen Normal, Sistem Kelistrikan Kalselteng Berangsur Pulih
apahabar.com

Kalsel

Tolak Judicial Review ke MK, BEM se-Kalsel: Rezim Ini Sudah Kuasai Semua Lini!
apahabar.com

Kalsel

Fakta Baru Pembunuhan di Alalak Utara, Istri Sebut Suaminya Ditembak Berkali-kali
apahabar.com

Kalsel

Kartu Pencari Kerja Bisa Diurus Online
apahabar.com

Kalsel

Mesin Pemanas Picu Kemunculan Api di Hotel Rattan Inn
apahabar.com

Kalsel

PLN Kalselteng Promosi Sambung Listrik 1,7 VA untuk PT TIA
apahabar.com

Kalsel

Ma’ruf Amin Buka-bukaan Soal Pencalonannya
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com