2021, Kemenhub Kaji Wacana Pembangunan Bandara di Barabai HST Kalsel Cara Nonton Live Streaming El Clasico Barcelona vs Real Madrid di Bein Sport & Vidio.com Malam Ini Jam Tayang & Link Live Streaming UFC 254 Khabib vs Gaethje di ESPN+, Duel Dua Juara! Jadwal Timnas U16 Indonesia vs UEA Malam Ini, Live NET TV & Live Streaming Mola TV, Prediksi Skor! Kontroversi Pencopotan Sekda Tanah Bumbu, Ombudsman: Jangan Lampaui Kewenangan

Harapan Warga Murung Selong Segera Terwujud, Pemkot Berjanji Perbaiki Titian Jalan

- Apahabar.com Senin, 25 November 2019 - 14:50 WIB

Harapan Warga Murung Selong Segera Terwujud, Pemkot Berjanji Perbaiki Titian Jalan

Kondisi titian jembatan sebagai akses jalan warga Murung Selong, Kelurahan Sungai Lulut sangat memprihatinkan, kondisinya hampir ambruk dan jika dilalui bergoyang. Foto- apahabar.com/Ahya Firmansyah

apahabar.com, BANJARMASIN – Warga Murung Selong, Kelurahan Sungai Lulut, Banjarmasin Timur selama ini hidup dalam kecemasan. Pasalnya, Titian jalan penghubung rumah warga kondisinya sangat memprihatinkan.

Titian jalan yang merupakan akses satu-satunya bagi warga untuk bisa menuju terhubung ke dunia luar apabila dilalui akan sangat berasa bergetar dan bergoyang-goyang. Bahkan pada ruasnya banyak terlihat berlobang dan lantai kayunya tidak sedikit yang patah.

Mantan Ketua RT 13, Murung Selong, Kasran kepada apahabar.com mengatakan, dia bersama warga telah meminta kepada pihak terkait agar dapat membantu keresahan warga dan masalah ini dituntaskan.

“Kami sudah kemana-mana meminta bantuan untuk bisa didengar pemerintah atas permasalahan kami di sini,” ujarnya, Minggu (24/11).

apahabar.com

Kondisi titian jembatan sebagai akses jalan warga Murung Selong, Kelurahan Sungai Lulut sangat memprihatinkan, kondisinya hampir ambruk dan jika dilalui bergoyang. Foto- apahabar.com/Ahya Firmansyah

Kasran menyebut, pihak pemerintah provinsi pernah memberikan bantuan memperbaiki titian jalan menggunakan dana CSR Bulog, namun menurutnya dana itu tidak cukup untuk memperbaiki semua akses jalan titian di Muara Selong.

“Pernah pemprov memberi bantuan dari CSR Bulog, tapi itu cuma sampai di depan sana tidak seluruhnya. Selebihnya masih banyak titian yang rusak dan mengkhawatirkan, selama ini perbaikannya dari swadaya masyarakat di sini dan bantuan pribadi pihak luar,” ungkapnya.

Pemerintah sendiri kesulitan membantu warga Banjarmasin karena terganjal aturan pemerintah Nomor 38 tahun 2011 tentang larangan mendirikan bangunan di bantaran sungai, sedangkan kehidupan masyarakat di Banjarmasin sendiri mayoritasnya tinggal di bantaran sungai.

Sehingga sulit bagi pemkot untuk mealokasikan anggaran untuk bantuan sosial kepada warga yang tinggal di bantaran sungai seperti Murung Selong.

Namun kini harapan itu bakal segera terwujud. Pemkot Banjarmasin melalui Dinas Sosial segera merealisasikan perbaikan titian warga sepanjang 700 meter.

“Nanti akan kami bangun dan perbaiki titian warga sehingga warga tak risau lagi,” kata Kepala Dinsos Banjarmasin, Iwan Ristianto saat menyalurkan bantuan rehab rumah warga Murung Selong.

Ini pun menjadi kabar gembira bagi masyarakat di sana. Karena hal ini menjadi harapan warga untuk bisa menikmati akses jalan bagus.

“Harapan kami pemerintah bisa benar-benar merealisasikan janjinya, karena kami sudah sangat kasihan kalau beraktivitas. Jalan ini 90 persen menjadi jalan keluar masuk ke tempat kami,” ucap Kasran.

Sementara Sodikin, salah satu warga menceritakan, dia dan warga lainnya merasa was-was terkadang melintas di jembatan.

“Tak sedikit dari warga mengalami nasib naas bila melintas menggunakan kendaraan roda dua, ada dari kami sampai harus tercebur ke sungai,” kata Sodikin.

Maklum saja, warga Murung Selong hidup dan tinggal di bantaran Sungai Martapura. Tak cuma itu, Sodikin juga bercerita kalau di tempat mereka banyak anak-anak sekolah, dan dari mereka juga terkadang bisa tercebur ke sungai kalau sedang bersepeda mau berangkat atau selagi pulang sekolah.

“Pernah paman jualan bakso mencoba berdagang ke sini terus kecebur sama gerobaknya masuk sungai, akhirnya pedagang tidak ada yang berani masuk sini,” tutur Sodikin.

 Baca Juga: Dinsos Banjarmasin Bantu Rehabilitasi Permukiman Warga Murung Selong

Baca Juga: Kodim Banjarmasin Turunkan Personil Bantu Percepatan Rehab Rumah Warga Murung Selong

Reporter: Ahya Firmansyah
Editor: Aprianoor

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Membanggakan, Talabet Antar Sanggar Permata Ije Jela ke Istana Negara
apahabar.com

Kalsel

‘Bocah’ Terlibat Prostitusi Online, Polisi Banjarbaru Buru Muncikari
apahabar.com

Kalsel

Tingkatkan Partisipasi Pemilu, KPU Tabalong Rekrut Relawan Demokrasi
apahabar.com

Kalsel

Dipolisikan, Eks Kasat Pol PP Siap Bongkar Aib Masa Lalu
apahabar.com

Kalsel

Ancaman Banjir dan Luapan Sungai Barito Jadi Atensi Basarnas
apahabar.com

Kalsel

ULM Tambah Guru Besar, Pertama di Fakultas Kedokteran Gigi
apahabar.com

Kalsel

Pedagang Pasar Subuh Pindah, Tak Ada Biaya Lapak
apahabar.com

Kalsel

Pilkada 2020 di Tengah Pandemi, KPU Banjarbaru Beberkan Gambaran Prosesnya
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com