apahabar.com
Kedatangan Jemaah Haul Abah Guru Sekumpul dari luar daerah turut mendongkrak nama Kalsel ke kancah nasional. Foto-apahabar.com/Ahya Firmansyah

apahabar.com, BANJARBARU – Haul ke-15 Muhammad Zaini bin Abdul Ghani Al-Banjari atau Guru Sekumpul tinggal menghitung bulan.

Tak cuma panitia, Dinas Perhubungan (Dishub) Banjarbaru pun mulai sibuk berbenah.

Terbaru, mereka menggelar rapat koordinasi (rakor) dengan sejumlah relawan.

“Diperkirakan tahun ini jumlah jemaah lebih banyak dari tahun sebelumnya, oleh karena itu kami sedang berkoordinasi dengan Dishub Kabupaten Banjar, dan relawan serta panitia mengenai banyak hal,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Kota Banjarbaru, Ahmad Yani Makkie kepada apahabar.com, Jumat (15/11).

Yani turut membeberkan ihwal jumlah angkutan yang sudah dipersiapkan jelang, dan saat Haul yang dijadwalkan berlangsung pada Maret 2020 mendatang itu.

“Angkutan ada 5 unit bis besar siap, ditambah 2 mini bis jadi 7. Nanti juga ditambah mobil-mobil lain dari DPRD dan mobil dari Pemkot Banjarbaru,” bebernya.

Dishub, kata dia, selanjutnya akan melakukan evaluasi. Khususnya, evaluasi yang berkaca dari pelaksanaan haul sebelumnya. Baik dalam hal pelayanan jemaah dan pelaksanaan.

apahabar.com
Pantauan udara suasana Haul Abah Guru Sekumpul ke 14. Foto-Diskominfobanjar

“Di mana nantinya akan kita pasang tenda tempat istirahat, siapkan tempat wudu juga dan logistik, yang jelas perbaikan ini dari hasil evaluasi tahun kemarin,” ucapnya.

Dishub Banjarbaru mencacat sejumlah kendala pada pelaksanaan Haul sebelumnya. Yakni, lokasi parkir.

“Soal ini kita akan koordinasikan lagi dengan tim relawan di Sekumpul, takutnya nanti kita mau tempatkan parkir di sini eh gak boleh, makanya kita mau bahas itu supaya tidak ada lagi benturan-benturan,” jelasnya.

Meskipun begitu, ia menegaskan tidak ada kendala berarti pada pelaksanaan Haul sebelumnya.

“Tahun lalu tidak ada kendala berarti atau yang mengkhawatirkan, jemaah selamat, pelayannya selamat,” papar dia.

Yani berharap tahun ini koordinasi antara pihaknya dan panitia penyelenggara dapat lebih baik dari tahun sebelumnya.

“Kami ingin koordinasi lebih baik agar tidak ada benturan karena kami perkirakan tahun ini lebih membeludak lagi jemaahnya dari tahun sebelumnya,” katanya.

Dirinya juga mengimbau kepada masyarakat agar turut bekerja sama, terutama dalam hal ketepatan waktu.

“Kita berharap pada masyarakat jamaah Haul diharapkan datang tepat waktu, agar pelaksanaan Haul tahun ini dalam segi angkutan jemaah tidak ada kendala,” ujarnya mengakhiri.

Antisipasi dini yang dilakukan oleh Dishub Banjarbaru kiranya tak berlebihan.

Pasalnya, dari catatan apahabar.com, kawasan Sekumpul, Kabupaten Banjar, mendadak menjadi lautan manusia dengan kehadiran jutaan jemaah.

Tak cuma dari Kalsel, mereka yang datang dari pelbagai penjuru Indonesia tumpah ruah di Musala Ar-Raudhah, pusat kegiatan Haul ke-14 Abah Guru Sekumpul, Minggu 10 Maret 2019 lalu.

apahabar.com
Kadishub Banjarbaru Ahmad Yani Makkie. Foto-apahabar.com/Fida

Baca Juga: Banjarbaru Kembali Raih Prestasi di Tingkat Nasional

Baca Juga: Al Falah Banjarbaru Jadi Model Pesantren Ramah Anak

Reporter: Nurul Mufidah
Editor: Fariz Fadhillah