Breaking News! Warga Tangkap Buaya Pemangsa di Pantai Kotabaru Siap-Siap, Ditlantas Polda Kalsel Bakal Uji Coba Tilang Elektronik Usai Banjir Siapkan Hunian Layak, Polda Kalteng Bangun Rusun Bagi Anggota BPPTKG: Volume Kubah Lava Merapi Masih Tergolong Kecil Sedikit Surut, Puluhan Rumah di Martapura Masih Terendam Banjir

Haul Sultan Sulaiman Rahmatullah, Andin Sofyanoor Disambut Hangat Alim Ulama

- Apahabar.com Minggu, 3 November 2019 - 13:02 WIB

Haul Sultan Sulaiman Rahmatullah, Andin Sofyanoor Disambut Hangat Alim Ulama

Andin saat berbincang dengan Haji Muhammad Husin Mugeni. Foto-Istimewa

apahabar.com, MARTAPURA – Hadir di Haul Sultan Sulaiman Rahmatullah, Andin Sofyanoor disambut hangat para alim ulama. Haul berlangsung di Desa Lihung, Karang Intan, Kabupaten Banjar, Jumat (01/11) kemarin.

Sultan Sulaiman Rahmatullah merupakan nenek moyang atau datuk dari Andin. Praktis, haul kemarin menjadi momentum berharga. Selain dengan para tokoh ulama, Andin juga bisa bersilahturahmi dengan para dzuriat yang lain.

Kehadiran Andin Sofyanoor di tengah undangan mendapat perhatian para undangan yang berasal dari kalangan ulama. Di sana, Andin juga menceritakan silsilah keterkaitan datuk-nya dengan Sultan Sulaiman Rahmatullah, terutama saat berbincang dengan dzuriat Datuk Kelampayan yang turut hadir, Haji Muhammad bin Husin bin Ali atau Ketua Yayasan Ponpes Darussalam Martapura.

Usai haul, Andin cukup lama berbincang-bincang dengan Haji Muhammad bin Husin bin Ali serta para tokoh ulama lainnya. Dari perbincangan tersebut, mengemuka seputar rencana Andin yang berniat mengikuti kontestasi Pilkada Banjar pada 2020 tahun depan.

Andin meminta doa dan restu atas niatnya tersebut. “Semoga diberikan kemudahan oleh Allah SWT,” ujarnya.

Selain itu, agar niatnya maju sebagai salah satu calon untuk tujuan ibadah senantiasa istiqomah dan terpelihara dengan lurus.

Haul Sultan Sulaiman Rahmatullah yang juga ayahanda Sultan Adam Al Watsiq Billah dibanjiri ratusan jemaah. Mereka datang dari pelosok Banjar dan sekitaran.

Haulan dari Sultan Banjar, tampak dihadiri Habib Fathur Bahasyim, buyut dari Habib Hamid Bahasyim (Habib Basirih) yang masih ada hubungan kekerabatan dengan Kesultanan Banjar dan ikatan keluarga bagi Sultan Sulaiman Rahmatullah.

Selain itu, di sekeliling kubah turut hadir para habaib lainnya dan alim ulama maupun tokoh masyarakat serta para jemaah.

Kemudian, Andin Sofyanoor yang masih memiliki hubungan dzuriat dengan Sultan Sulaiman Rahmatilllah dan pagustian Banjar, menyempatkan waktu berada di tengah mereka untuk menghadiri haul dari Sultan Banjar memerintah sejak 1801 sampai 1825 di Kesultanan Banjar dengan pusat pemerintahan di Karang Intan.

Posisi Sultan Banjar pada 1801 Masehi dipegang Sultan Sulaiman setelah wafatnya Sultan Tahmidillah II, orang tua dari Sultan Sulaiman. Tahun 1825 Masehi, Sultan Sulaiman mengundurkan diri sebagai sultan dan digantikan puteranya, Sultan Adam.

Andin mengungkapkan dulunya haul Sultan Sulaiman sangat sedikit jemaahnya. “Bisa dhitung dengan jari, hanya sekitar 5 sampai 10 orang,” katanya.

Seiring perjalanan waktu, setiap tahun terus bertambah hingga sekarang sudah beratus-ratus orang menghadiri haulan sultan alim, bergelar Panembahan Sepuh ini.

“Saya yakin jumlah jemaah itu terus semakin membesar dan membeludak dalam setiap tahunnya,” kata Andin Sofyanoor. (Adv)

Baca Juga: Apresiasi Kegiatan KNPI, Bang Dhin: Ruang Menyampaikan Aspirasi Masih Kurang

Baca Juga: Pasar Terapung Lok Baintan, Wisata Banjar Bahari yang Masih Lestari

Editor: Milhan Rusli

Editor: Amrullah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Perwira yang Diseruduk Pemuda Mabuk Diterbangkan ke Surabaya
apahabar.com

Kalsel

Basarnas Banjarmasin Asah Kemampuan
apahabar.com

Kalsel

Warga Babayau Swadaya Perbaiki Jembatan Lama
hujan

Kalsel

Curah Hujan Tinggi Hingga DAS Meluap Picu Banjir di Tabalong
apahabar.com

Kalsel

Banjarmasin Bebas Zona Merah Covid-19, Kadinkes: Pertahankan Kondisi Ini

Kalsel

Polsek Anjir Pasar Kawal Pembagian Bantuan Sosial Tunai
CPNS Formasi

Kalsel

Ratusan CPNS Formasi Umum 2018 di HST Resmi Jadi PNS
apahabar.com

Kalsel

Momentum HUT TNI ke 75, Dandim 1022 Tanah Bumbu Ziarah ke Makam Pahlawan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com