Kontroversi Pencopotan Sekda Tanah Bumbu, Ombudsman: Jangan Lampaui Kewenangan Live Mola TV! MU vs Chelsea di Liga Inggris, Prediksi Skor, Line up dan Link Streaming Siaran Langsung Pembantai Tetangga di Kelumpang Kotabaru Diancam Penjara Seumur Hidup! ANEH, 3 Proyek Jembatan di Banjarmasin Jalan Terus Walau Tanpa IMB Seruan Tokoh Tanah Bumbu: Pendukung SHM-MAR Jangan Ikut Sebar Hoaks dan Fitnah

Izin Investasi ke BKPM, Hipmi Yakin Bahlil Belum Bisa Tidur Nyenyak

- Apahabar.com Jumat, 22 November 2019 - 08:26 WIB

Izin Investasi ke BKPM, Hipmi Yakin Bahlil Belum Bisa Tidur Nyenyak

Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia sebelum pelantikan menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10/2019). Presiden RI Joko Widodo mengumumkan dan melantik Menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju serta pejabat setingkat menteri. Foto: Kompas.com

apahabar.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengembalikan pengurusan perizinan mengenai investasi ke Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP Hipmi) Mardani H. Maming (MHM) menyambut baik putusan Presiden tersebut.

“Kami menyambut baik putusan Presiden tersebut. Kita berharap tahun depan mulai terlihat perbaikan kemudahan memulai bisnis di Tanah Air,” ujar MHM, Jumat (22/11).

Saat ini, MHM menilai hambatan terbesar dalam berinvestasi ada di masalah perizinan. Satu langkah besar sudah diambil Presiden atas proposal dari BKPM.

Sebagaimana diketahui, Presiden Jokowi juga telah memerintahkan Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung untuk membuat surat resmi terkait pengembalian wewenang perizinan kepada BKPM.

Selain itu, Presiden Jokowi juga telah memberikan target kepada Bahlil untuk mendorong indeks Kemudahan Berbisnis (Ease of Doing Business/EODB) Indonesia, dari peringkat 73 pada tahun ini menuju posisi 40-50 pada 2021 mendatang.

Hanya saja, kata MHM, pelimpahan perizinan ke BKPM itu, belum akan mampu membuat Kepala BKPM Bahlil Lahadalia tidur nyenyak. Pasalnya, masih banyak faktor-faktor penghambat investasi lainnya menunggu perbaikan.

“Tugas beliau masih sangat banyak. Misalnya saat ini sebanyak 347 peraruran daerah (Perda) dicurigai bermasalah dan menghambat investasi di 1.109 dari 153 kabupaten/kota di 32 provinsi,” ujar MHM.

apahabar.com

Ketua Umum Hipmi Mardani H Maming (kanan) bersama Kepala BKPM Bahlil Lahadalia ketika bertemu Presiden Joko Widodo. Foto – Antara

Sebuah riset, kata MHM, menunjukan dari 347 perda bermasalah dan menghambat investasi, sebanyak 67 persen merupakan perda terkait pajak retribusi, lalu disusul perda terkait perizinan sebanyak 18 persen, perda terkait ketenagakerjaan sebanyak 2 persen dan perda lain-lain seperti KTR, non-pungutan, TJSL dan pertambangan sebanyak 13 persen.

Hipmi, kata MHM, optimistis putusan Presiden tersebut merupakan langkah awal yang baik dalam membantu BKPM memperbaiki iklim investasi di Tanah Air.

“Posisi BKPM kan sangat tanggung ya. Sehingga perlu sekali ada distribusi kewenangan dari kepala pemerintahan agar efektif dan perizinan lebih sederhana serta meningkatkan kepastian hukum bagi pelaku usaha atau investor,” papar MHM.

Selain itu, tugas berat mantan ketua umum BPP Hipmi 2015-2019 itu adalah bagaimana menciptakan iklim dan kenyamanan berusaha di daerah.

“Jangan sampai Perda-Perda hanya menjadi instrumen politik, ormas-ormas dan politisi untuk memeras para pengusaha di daerah. Sebab itu, aparat penegak hukum harus mampu melindungi investor di daerah,” pungkas dia.

Tugas berat Bahlil lainnya adalah bagaimana menyelesaikan tumpang-tindih peraturan serta maraknya Perda-Perda yang dinilai bertentangan dengan Undang-Undang.

“Kami dengar ada 70-an lebih peraturan yang mengganggu investasi akan dicabut. Hipmi berharap benar-benar membawa angin perubahan yang fundamental bagi prospek investasi ke depan,”papar MHM mengakhiri.

Baca Juga: “Singkong Dusun” Masuk 10 Besar Proposal Bisnis Terbaik HIPMI 

Baca Juga: Ketua Umum Hipmi Optimistis Pertumbuhan Ekonomi Berjalan Cepat

Baca Juga: Hipmi: Tugas Berat Bahlil Kalahkan Investasi Vietnam

Baca Juga: BKPM Apresiasi Komitmen Pemprov Kalsel di Bidang Investasi

Editor: Fariz Fadhillah

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Jokowi: Diperkirakan Puncak Panen Beras Capai 5,62 Juta Ton
apahabar.com

Nasional

Kominfo Catat 1.028 Hoaks Tersebar Terkait Covid-19
apahabar.com

Nasional

GMNI Banjarmasin Kecam Aksi Kekerasan Terhadap AU
apahabar.com

Nasional

Demi Pemerataan Ekonomi, Hipmi Kirim 100 Nama Konglomerat Baru ke Jokowi
apahabar.com

Nasional

BPOM Sebut Tidak Ada Efek Samping Serius Saat Uji Vaksin Covid-19
apahabar.com

Nasional

Kejam, Beredar Video Tahanan Kondisi Diborgol Diseret dan Dipukuli di Nusakambangan
apahabar.com

Nasional

Kapal Wisata Tenggelam di Perairan Pulau Padar TN Komodo
apahabar.com

Nasional

Adelia ‘Spiderman’ Cilik Asal Pekalongan Mulai Latihan Panjat Tebing
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com