VIDEO: Polisi Rilis Tersangka Pencurian Hp Rosehan di Pesawat Sengketa Kepemilikan Kampus Achmad Yani, Gugatan Adik Berlanjut di PN Banjarmasin Magrib, Mayat di Jembatan Kayu Tangi Gegerkan Warga Sekolah Tatap Muka di Banjarmasin: Waktu Belajar Dipangkas, Sehari Hanya 5 Jam Sehari Jelang Penutupan, Pendaftar BLT UMKM di Batola Capai 5.000 Orang

Kongres I SMSI, Pemilihan Ketum Jadi Agenda Utama

- Apahabar.com Sabtu, 23 November 2019 - 09:39 WIB

Kongres I SMSI, Pemilihan Ketum Jadi Agenda Utama

ilustrasi SMSI. Foto-Istimewa

apahabar.com, JAKARTA – Desember mendatang, organisasi perusahaan media massa berbasis internet Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) menggelar Kongres I.

Kongres di Jakarta itu untuk memilih Ketua Umum SMSI periode 2019-2024.

Keputusan itu diambil saat rapat Dewan Pendiri di Jalan Kebun Sirih, Jakarta, Jumat (22/11).

Hadir dalam rapat, lima pendiri SMSI, yakni Atal S. Depari, Mirza Zulhadi, Teguh Santosa, Mursyid Sonsang, dan Firdaus. Ketua Umum SMSI Auri Jaya juga hadir memberikan laporan kegiatan 2018-2019.

SMSI dideklarasikan pada 17 April 2017. Organisasi yang dibesut sejumlah pengelola media massa berbasis internet ini juga diperkuat sejumlah tokoh nasional sebagai penasehat, seperti Chaerul Tanjung, Dahlan Iskan, Rizal Ramli, Prita Kemal Gani, dan Jaya Suprana.

Kini SMSI telah berdiri di 30 provinsi dan memiliki lebih dari 1.000 anggota.

Sejak dideklarasikan, SMSI telah dipimpin oleh dua ketua umum, yakni Teguh Santosa untuk periode 2017-2018 dan Auri Jaya untuk periode 2018-2019. Dalam kapasitas sebagai ketua umum, keduanya adalah mandataris Dewan Pendiri.

Selain memutuskan penyelenggaraan Kongres I, rapat Dewan Pendiri juga menyepakati penghapusan Ayat (1) Pasal 10 yang memberikan kewenangan kepada Dewan Pendiri untuk menyusun kepengurusan SMSI untuk lima tahun pertama.

“Dalam dua tahun pertama telah banyak kemajuan yang dicapai SMSI. Organisasi ini sudah semakin matang. Sehingga kami sepakat untuk menghapuskan keistimewaan yang dimiliki Dewan Pendiri (menyusun pengurus SMSI untuk lima tahun pertama),” ujar Mirza Zulhadi yang memimpin rapat.

“Setelah ini Dewan Pendiri dapat dinyatakan bubar, dan hanya menjadi catatan dalam sejarah SMSI,” tambah Teguh Santosa.

Ketua Umum Auri Jaya dalam laporannya menjelaskan sejumlah kegiatan yang telah dilakukan SMSI terutama dalam penyelenggaraan Hari Pers Nasional (HPN) 2019 di Surabaya bulan Februari lalu.

“Berbagai kegiatan itu, seperti peluncuran buku bertema jurnalisme pariwisata dan gala dinner HPN 2019 diselenggarakan untuk memantapkan branding SMSI,” ujar Auri Jaya yang didampingi Sekjen Firdaus.

Setelah mendengar laporan pengurus SMSI periode 2018-2019, Dewan Pendiri SMSI menyatakan menerima dengan baik laporan kegiatan itu.

“Kami juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas pengabdian Ketua Umum dan Sekjen selamat memimpin organisasi SMSI,” ujar Atal S. Depari.

“Ketua Umum dan Sekjen memperlihatkan dedikasi yang tinggi dalam membawa SMSI hingga bisa lebih berkibar lagi,” sambung Mursyid Sonsang.

Setelah laporan yang disampaikannya diterima, Auri Jaya dan Firdaus mengembalikan mandat kepada Dewan Pendiri SMSI yang untuk sementara berperan sebagai caretaker hingga Ketua Umum SMSI yang baru terpilih dalam Kongres mendatang.

Adapun undangan kepada pengurus SMSI di tingkat provinsi akan dikirimkan dalam waktu dekat.

Baca Juga:  Media Online Belum Terverifikasi, SMSI Kalsel Tawarkan Solusi

Editor: Fariz Fadhillah

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Kambing Mata Satu Mirip ‘Dajjal’ Lahir di Bogor

Nasional

Tsunami Selat Sunda, Masyarakat Dilarang Mendekat Krakatu Radius 2 Km
apahabar.com

Nasional

Bawaslu: Laporkan Segala Bentuk Kecurangan
apahabar.com

Nasional

6 Syarat Pemberlakuan ‘New Normal’ dari WHO, Indonesia Siap?
apahabar.com

Nasional

Kapolri Dalami Keterlibatan Asing Dalam Ricuh di Papua

Nasional

Pelaku Pembunuhan Mayat di Dalam Drum Tertangkap!
apahabar.com

Nasional

Kemenhub Larang Penerbangan ke Wuhan China
apahabar.com

Nasional

Kembali Doakan Jokowi Menang Pilpres, Mbah Moen: Jaa’a qowiyyun
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com