Demi Aliran Sungai, Pos Polisi di Jalan Veteran Banjarmasin Dibongkar Lewat Udara, Paman Birin Salurkan Bantuan Korban Banjir dari Jokowi Pekan Ini, Rupiah Berpeluang Tembus Rp 14.000 Dini Hari, Merapi Kembali Luncurkan Awan Panas Sejauh 1,8 Km Kanada Bakal Cabut Larangan Terbang Boeing 737 Max

Launching Program Baru, KOPI Banjarmasin Siap Tampung Aspirasi Pemuda Banua

- Apahabar.com Sabtu, 16 November 2019 - 10:16 WIB

Launching Program Baru, KOPI Banjarmasin Siap Tampung Aspirasi Pemuda Banua

Acara dialog kepemudaan sekaligus peresmian program baru KOPI Banjarmasin yaitu KOPI Institut Banua dan Website KOPI Banjarmasin. Foto-apahabar.com/Musnita Sari

apahabar.com, BANJARMASIN – Kolaborasi Pemuda Indonesia (KOPI) kota Banjarmasin menggelar dialog kepemudaan dengan tema Mencari Pahlawan Indonesia bertempat di rumah makan Blitar Jalan Sultan Adam, Jumat (15/11) malam. Acara ini juga sekaligus meresmikan program baru KOPI Banjarmasin yaitu KOPI Institut Banua dan Website KOPI Banjarmasin.

Rangkaian acara dimulai dari peresmian yang dilaksanakan oleh ketua DPD KOPI Banjarmasin, Dian Firdaus Yusuf serta CEO KOPI Institut Banua, Dade Rahmana. Kemudian dilanjutkan pengenalan Website oleh Hainur Mahyuni selaku ketua umum KOPI.

“Kegiatan ini akan sering kita gaungkan. Untuk KOPI Institut, kita terbuka untuk semua elemen organisasi kepemudaan, kampus dan ormawa yang ada di Kalsel khususnya Banjarmasin,” ungkap  Firdaus kepada apahabar.com tadi malam.

Kopi institut akan menjadi wadah bagi pemuda dalam mengkaji isu-isu yang sedang terjadi di masyarakat.

“Isu abu-abu atau isu yang bisa menyebabkan kesalahpahaman mau kita luruskan di sini. Trus kita juga ingin mendiskusikan tentang nasionalisme kebangsaan untuk memperkuat pemahaman kita tentang keindonesiaan dan pancasila,” bebernya.

Acara dilanjutkan dengan dialog kepemudaan yang menghadirkan dua narasumber yaitu Wahyudi, mantan Presma ULM dan Ridha Rezeki Rahman seorang konten creator banua. Menurut Firdaus, KOPI melihat saat ini terjadi krisis narasi dan ide seiring dengan perubahan zaman. Sehingga anak muda kata dia, mulai terkotak-kotak dan mengalami krisis kepemimpinan.

“Jadi kita ingin mencari pahlawan indonesia yaitu orang yang memiliki jiwa atau naluri kepahlawanan yang siap berkontribusi untuk banua tercinta. Karena apa yang terjadi saat ini, anak-anak muda suka nyinyir di medsos. Harusnya kita bicara tentang mimpi-mimpi besar,” tutur dia

Ketua Gerakan Arah Baru Indonesia (GARBI) Kalsel, Wahyudi selaku pemateri menilai miris menyaksikan tidak semua pemimpin negeri ini memiliki narasi positif dalam membangun dan menyatukan bangsa.

“Kita punya kesempatan yang sama untuk jadi pahlawan, salah satu caranya membangun kompetensi diri dan siap berkolaborasi dengan siapapun yang ada,” kata dia.

Padahal Indonesia kata dia memiliki sumber daya yang besar dan melimpah. Apabila dikelola dengan benar, bukan tidak mungkin menjadi kekuatan yang dapat diperhitungkan dunia.

“Bagaimana kita memulai untuk mengkampanyekan narasi-narasi positif kepada para pemuda ini. Kita mulai dari anak-anak negeri khususnya di Banjarmasin,” tutup Wahyudi.

Baca Juga: Lantik KOPI Chapter ULM, Wali Kota Ibnu Selipkan Pesan ke Pemuda Kalsel

Reporter: Musnita Sari
Editor: Syarif

Editor: Kiki - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Jadi Contoh, Jemaah Masjid Miftahul Ihsan Malah Tak Disiplin

Kalsel

VIDEO: Polisi Telisik Dugaan Aliran Sesat di Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Cekcok, Pria di Sungai Lulut Main Bacok
apahabar.com

Kalsel

Ruko Walet di Banjarmasin Barat Kembali Terbakar!
apahabar.com

Kalsel

Kerugian Kebakaran di Trisakti Banjarmasin Tembus Belasan Miliar Rupiah!
apahabar.com

Kalsel

Tiga Santri Terbaik HST ke Timur Tengah
apahabar.com

Kalsel

Sempat Flu, Jasad Pria di Banjarmasin Utara Dievakuasi Standar Covid-19
apahabar.com

Kalsel

Namanya Disebut Masuk Kabinet Jokowi, Mardani H Maming: Banyak Tokoh Kalsel yang Lebih Pantas dari Saya
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com