Biang Kebakaran Hebat di Patmaraga Kotabaru Mulai Terungkap Nasib Terkini 505 Warga Korban Kebakaran di Patramarga Kotabaru Hari Ini, 30 Warga Balangan Dominasi Kasus Positif Covid-19 di Kalsel [FOTO] Penampakan Ratusan Rumah yang Terbakar di Patmaraga Kotabaru Kena PHP, Buruh Tebar Ancaman ke Wakil Rakyat Kalsel di Senayan

Lestarikan Biota Laut, Lanal Kotabaru Tanam Terumbu Karang di Pantai Teluk Tamiang

- Apahabar.com Rabu, 20 November 2019 - 20:16 WIB

Lestarikan Biota Laut, Lanal Kotabaru Tanam Terumbu Karang di Pantai Teluk Tamiang

penanaman terumbu karang di Pantai Teluk Tamiang, Kecamatan Pulaulaut Tanjung Selayar, Kotabaru, Foto-Istimewa

apahabar.com, KOTABARU – Melestarikan biota laut tentu menjadi atensi berbagai pihak terkait, termasuk di Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan.

Bentuk komitmen memelihara biota laut ini kembali digeliatkan jajaran Lanal Kotabaru, dibawah komando Danlanal Kotabaru, Letkol Laut (P) Guruh Dwi Yudhanto.

Wujud aplikasinya, Danlanal kembali terjun dan memimpin prajuritnya untuk melakukan penanaman terumbu karang di Pantai Teluk Tamiang, Kecamatan Pulaulaut Tanjung Selayar, Kotabaru, Rabu (20/11).

Dalam pelaksanaanya, Lanal tidak sendiri, tapi menggandeng para instansi pemerintah terkait. Diantaranya, BPBD Kotabaru, Kejaksaan, KSOP, perusahaan, unsur Muspika, Kades, serta warga setempat.

Letkol Laut (P) Guruh mengatakan dipilihnya spot pantai Teluk Tamiang karena pantai tersebut menjadi suatu kawasan observasi laut.

Hal tersebut menurut Guruh, sebagai upaya pemulihan sebuah ekosistem yang menurun, rusak atau hancur sehingga dapat menjadi suatu kawasan bagi rumah ikan, biota laut lainnya dan dapat menjadi destinasi wisata bawah laut.

Karena, restorasi terumbu karang yang rusak dapat dilakukan melalui proses transplantasi karang. Cara budidaya terumbu karang untuk kepentingan rehabilitasi ekosistem terumbu karang.

“Intinya, rehabilitasi terumbu karang bertujuan untuk membuat ekosistem buatan yang dapat memperbaiki ekosistem terumbu karang yang mulai rusak,” tutur Guruh.

Ia menambahkan, proses tersebut membutuhkan jangka waktu yang panjang dengan pemantauan yang berkala dan berkesinambungan.

“Jadi, pemilihan lokasi untuk dilakukan penanaman terumbu karang harus tepat, agar proses restorasi berjalan dengan baik, dan sesuai harapan,” kata Danlanal, kepada¬†apahabar.com¬†di sela penanaman terumbu karang.

apahabar.com

Danlanal Kotabaru, Letkol Laut (P) berpose bersama dengan para pihak terkait sesaat sebelum pananaman terumbu karang di pantai Teluk Tamiang Kotabaru. Foto-Istimewa

Baca Juga: Penyebab Kebakaran Pasar di Kotabaru Mulai Ada Sinyal Terang

Reporter: Ahc20
Editor: Syarif

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Ingat Imbauan KPK, Ketua Dewan Sarankan Tak Bawa Mobil Dinas
apahabar.com

Kalsel

Dua Hari Jadi Kapolres, AKBP Afri Darmawan Rangkul Insan Pers HSU
apahabar.com

Kalsel

Animo Cukup Tinggi, Balap Kelotok Ces Masuk Agenda Tahunan
apahabar.com

Kalsel

Hujan Lebat Disertai Petir Masih Hantui Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Pemprov Kalsel Salurkan Bantuan Kemanusian Korban Kebakaran Pulau Sebuku
apahabar.com

Kalsel

Hanya 4 Kabupaten yang Diprakirakan Hujan Hari Ini
apahabar.com

Kalsel

Sudah 50 Persen, Simak Penghitungan Suara Terbaru di Kalsel Hari Ini
apahabar.com

Kalsel

Jarak Pandang Makin Tertutup, BPBD Usulkan Hujan Buatan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com