Resmi, Banjarmasin Hanya Izinkan SMP Sekolah Tatap Muka Januari 2021 Sekolah Tatap Muka di Kalsel, Banyak Laporan Kekhawatiran Ortu Rontok Lagi! Bawaslu RI Tolak Laporan Keberatan Denny Indrayana Kronologi Lengkap 2 Bocah asal Benawa HST Tewas Diduga Dibunuh Ibu Depresi Belum Tentu Dibekap Sang Ibu, Biang Kematian 2 Bocah Benawa HST Jadi Misteri

Mengenal Pahlawan di Uang Kertas Rupiah

- Apahabar.com Minggu, 10 November 2019 - 16:25 WIB

Mengenal Pahlawan di Uang Kertas Rupiah

Uang Rupiah. Foto-Okezone.com/Shutterstock

apahabar.com, JAKARTA – Pemasangan gambar pada uang kertas rupiah tidak lah sembarangan. Bank Indonesia (BI) pun menampilkan paras sosok pahlawan nasional melalui lembaran uang kertas emisi tahun 2016.

Ini menjadi salah satu bukti ukiran perjuangan dan pengabdian yang kekal dari para tokoh sejarah dan negarawan.

Berikut daftar nama pahlawan yang terdapat di mata uang Rupiah seperti dikutip Okezone dalam akun Instagram resmi BI @bank_indonesia, Jakarta, Minggu (10/11). 

  1. Soekarno-Hatta

Pada tanggal 18 Agustus 1945, Soekarno dan Mohammad Hatta diangkat oleh PPKI menjadi Presiden dan Wakil Presiden pertama di Republik Indonesia. Kini wajah mereka terpampang di uang pecahan Rp100.000.

  1. Djuanda Kartawidjaja

Pada tanggal 28 September 1945, Djuanda Kartawidjaja memimpin para pemuda untuk mengambil alih Jawatan Kereta Api dari Jepang. Setelah kejadian tersebut, ia diangkat oleh pemerintah Indonesia sebagai Kepala Jawatan Kereta Api untuk wilayah Jawa dan Madura.

Dia juga sempat beberapa kali menjabat sebagai Menteri di Indonesia. Bedasarkan Keputusan RI No.224/1963, Ir Djuanda diangkat menjadi tokoh nasional. Kini wajah Djuanda Kartawidjaja terpampang di uang pecahan Rp50.000. 

  1. Sam Ratulangi

Pemilik nama lengkap DR. Gerungan Saul Samuel Jacob Ratulangi (G.S.S.J Ratulangi) berprofesi sebagai politikus, jurnalis, dan guru dari Sulawei Utara. Ratulangi disebagai tokoh multidimensional yang dikenal dengan filsafatnya Si tou timou tumou tou yang artinya masunia baru dapat memanusiakan manusia.

Namanya diyakini sebagai salah satu orang yang mempopulerkan nama Indonesia. Wajah Sam Ratulangi pun menghiasi uang pecahan Rp20.000

  1. Frans Kaisiepo

Semasa mudanya ia termasuk dari orang-orang Papua yang mengebarkan Merah Putih dan menyanyikan lagu “Indonesia Raya” di Paupua. Frans termasuk dalam orang yang aktif dalam menegakkan eksistensi Republik Indonesia di Papua.

Dirinya mendapat gelar Pahlawan Nasional dan dianugerahkan Bintang Maha Putera Adi Pradana Kelas Dua pada tahun 1993. Wajah Frans tampil di uang pecahan Rp10.000.

  1. Idham Chalid

Idham di catat sebagai sosok sentral dalam pegerakan untuk mempertahankan Kalimatan sebagai kaum intelektual dan dikenal sebagai salah satu kiai manshur Nadhlatul Ulama (NU).

Atas jasanya, pada tanggal 7 November 2011, Idham diangkat menjadi Pahlawan Nasional dan kini wajahnya terpampang di uang pecahan Rp5.000.

  1. Mohammad Husni Thamrin

Kiprahnya dalam pegerakan nasional, berjuang untuk rakyat, kemajuan masyarakat pribumi, serta tuntutan Indonesia berpalemen merdeka, membuatnya dikenal sebagai Mat Seni si pejuang dari tanah Betawi, dan menjadi orang yang paling dicari kolonial hingga ditangkap atas berbagai tuduhan.

Pemerintah memberikan gelar Pahlawan Nasional sebagai penghormatan atas jasanya melalui Surat Keterangan Presiden Nomor 175 tahun 1960. Wajah Husni Thamrin kini terpampang di uang pecahan Rp2.000. 

  1. Cut Meutia

Perjuangannya dimulai pada tahun 1901 berbasis di daerah Aceh utara, di bawah naungan suaminya sendiri Teuku Chik Tunong.

Cut Nyak Meutia gugur sebagai pahlawan bangsa dan agama, atas jasanya pemerintah mengangkatnya sebagai Pahlawan Nasional sesuai dengan Surat Keputusan Presiden Nomor 107/1964 pada tahun 1964. Wajah Cut Meutia kini menghiasi uang pecahan Rp1.000.

Baca Juga: Salam Pembuka Semua Agama Bukan Wujud Toleransi, Berikut Alasan MUI Jatim  

Baca Juga: Jokowi: Indonesia Butuh Pahlawan Pemberantas Kemiskinan

Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Kabareskrim Pastikan Tidak Pandang Bulu Ungkap Kasus Djoko Tjandra

Nasional

Massa Buruh Berbagai Daerah Tiba di Patung Kuda Jakarta
apahabar.com

Nasional

Baleg DPR Sepakati Revisi UU KPK Jadi UU Disahkan di Paripurna
Darurat Covid-19, Jadi Momentum Evaluasi Sistem Pendidikan

Nasional

Darurat Covid-19, Jadi Momentum Evaluasi Sistem Pendidikan
apahabar.com

Nasional

Jokowi: 180 Negara Berebut APD hingga Sanitizer
apahabar.com

Nasional

TNI: Tak Ada Pengamanan Khusus Jelang Natal di Papua
apahabar.com

Nasional

Wapres: Pemindahan Ibu Kota Indonesia Berbeda dengan Malaysia
apahabar.com

Nasional

Kisah Pilu di Balik Operasi Penyergapan Begal Sapi di Tanah Laut
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com