2021, Kemenhub Kaji Wacana Pembangunan Bandara di Barabai HST Kalsel Cara Nonton Live Streaming El Clasico Barcelona vs Real Madrid di Bein Sport & Vidio.com Malam Ini Jam Tayang & Link Live Streaming UFC 254 Khabib vs Gaethje di ESPN+, Duel Dua Juara! Jadwal Timnas U16 Indonesia vs UEA Malam Ini, Live NET TV & Live Streaming Mola TV, Prediksi Skor! Kontroversi Pencopotan Sekda Tanah Bumbu, Ombudsman: Jangan Lampaui Kewenangan

Muskomwil V Apeksi Regional Kalimantan 2019, 9 Walikota Bahas Penguatan Daerah IKN

- Apahabar.com Rabu, 27 November 2019 - 06:00 WIB

Muskomwil V Apeksi Regional Kalimantan 2019, 9 Walikota Bahas Penguatan Daerah IKN

Pergantian jabatan Ketua Komwil V Apeksi Regional Kalimantan. Dari Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina selaku Ketua Komwil V Apeksi Regional Kalimantan periode 2016-2019, Dilanjutkan oleh Walikota Tarakan, Khairul, sebagai Ketua Komwil V Apeksi Regional Kalimantan periode 2019-2022. Foto-Musnita Sari

apahabar.com, BANJARMASIN – Pemindahan Ibu Kota Negara menjadi  bahasan utama dalam Musyawarah Komisariat V Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Muskomwil V Apeksi) Regional Kalimantan ke-IX tahun 2019 yang digelar di Hotel Golden Tulip Banjarmasin, 25-27 November 2019.

“Muskomwil V tahun ini mengusung tema, dampak pemindahan ibu kota negara terhadap kota-kota di Kalimantan dari segi Infrastruktur, Sosial dan Lingkungan,” ucap Walikota Balikpapan, Rizal Effendi.

Dalam sambutannya mewakili Ketua Umum Apeksi, Airin Rachmi Diany, Rizal memaparkan pertemuan Sembilan walikota di Kalimantan ini sebagai wujud menyambut baik keputusan pemindahan IKN oleh Presiden Joko Widodo April lalu.

“Tentunya rencana pemindahan IKN ini kita sambut dengan baik dengan harapan pertumbuhan ekonomi, pemerataan pembangunan, akan semakin merata di seluruh wilayah Indonesia,” papar Rizal.

Pemindahan IKN ke Kaltim, atas dasar pertimbangan presiden akan tidak meratanya pertumbuhan ekonomi di luar pulau Jawa.

Penempatan IKN di wilayah Kaltim kata dia, tentunya menjadi sebuah kebanggaan, Namun, kepercayan ini juga harus diimbangi dengan perencanaan yang matang dan bijaksana.

“IKN yang baru tentunya harus menjadi ibu kota yang ideal, baik dari berbagai aspek, tata ruang, infrastruktur maupun ekonomi dan social,” sebutnya.

Pertemuan ini juga sekaligus penyerahan jabatan baru bagi ketua baru Komwil V Apeksi di periode selanjutnya. Berdasarkan hasil kesepakatan Bersama, Walikota Tarakan, Khairul,ditunjuk sebagai Ketua Komwil V Apeksi Regional Kalimantan periode 2019-2022.

Ini ditandai dengan penyerahan bendera Pataka oleh Ibnu didampingi Walikota Balikpapan, Rizal Effendi, selaku wakil Ketua Dewan Pengurus Apeksi bidang ekonomi dan keuangan. Yang kemudian diserahkan kepada Khairul.

Baca Juga: Jokowi Dorong Kerja Sama Peningkatan Konektivitas ASEAN-Korea Selatan

Baca Juga: Jokowi Hadiri KTT ASEAN-RoK di Busan Korsel

Reporter: Musnita Sari
Editor: Syarif

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Jenazah NH Dini akan Dikremasi di Ambarawa
apahabar.com

Nasional

Ada Bansos Diselewengkan, Lapor Satgas Saber Pungli
apahabar.com

Nasional

Viral! Air Laut di Bawah Jembatan Suramadu ‘Terbelah’
apahabar.com

Nasional

Innalillah…Adik Gus Dur Tutup Usia
apahabar.com

Nasional

Mayat dalam Koper Diduga Dimutilasi Orang Dekat Korban
apahabar.com

Nasional

El Nino Akan Terjadi Tahun 2019, Siapkah Indonesia?
apahabar.com

Nasional

Anak Krakatau Keluarkan Asap Hitam Setinggi 5 Ratus Meter
apahabar.com

Nasional

Suara Misterius di Pantura, AirNav: Suara Pesawat
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com