Cari Keadilan untuk Rekannya, Ratusan Mahasiswa Geruduk Kejati Kalsel Akhirnya, Pelaku Pembunuhan Guru di RM Wong Solo Tanbu Tertangkap Ketum HIPMI Pusat Bakal Jadi Pembicara di HUT JMSI ke-2 di Sulteng Kalsel Ingin Adopsi Kawasan Kumuh jadi Wisata di Yogyakarta Waspada, Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang Ancam 3 Kabupaten Kalsel

Ngopi bareng MHM: Hilirisasi Kunci Utama Bisnis

- Apahabar.com     Senin, 4 November 2019 - 21:07 WITA

Ngopi bareng MHM: Hilirisasi Kunci Utama Bisnis

Mardani saat Ngopi Bareng di Cafe Rumah The Panasdalam Banjarmasin, Senin malam. Mardani berbagi seputar rahasia sukses berbisnis. apahabar.com/Rizal Khalqi

apahabar.com, BANJARMASIN – Era kini, hilirisasi bisnis jadi kunci dalam menjaga stabilitas usaha di tengah persaingan.

Hal itu dirasakan benar oleh Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Mardani H Maming.

“Ini perlu adanya bisnis dari hulu ke hilir agar terbentuknya kesempurnaan bisnis,” beber Mardani saat Ngopi Bareng di Cafe Rumah The Panasdalam Banjarmasin, Senin (4/11) malam.

Proses kesempurnaan itu, kata dia, dijamin tak akan menggoyahkan stabilitas bisnis. Walau, persaingan usaha di era sekarang sangat ketat.

“Meskipun jenis usaha yang sama banyak bermunculan, tapi kesempurnaan bisnis itu menjadikan usaha tetap bertahan,” tegasnya.

Sebagai contoh, ia telah melakukan proses hilirisasi bisnis di sektor pertambangan. Kala itu, ia hanya sebagai pemegang Izin Usaha Pertambangan (IUP). Baru kemudian, merambah di sektor penyewaan alat berat.

“Kita bukan hanya bisa memakai untuk usaha kita sendiri, tapi juga bisa direntalkan kepada orang lain,” katanya.

Tak hanya itu, Mardani juga melebarkan bisnis ke perusahaan holding dan pelabuhan. Sukses menekuni bisnis, eks Bupati Tanah Bumbu dua periode mencoba bisnis di sektor pertambangan nikel.

“Semua itu saya lakukan melalui proses meniru orang-orang sukses. Saya mencoba meniru dari PT Arutmin Indonesia dan PT Adaro Indonesia,” tegasnya.

“Siapa yang bertahan dan fokus itu yang akan sukses. Apalagi kesempatan anak muda untuk sukses sangat besar,” tandasnya.

Saat ini ngopi bareng MHM masih berlangsung. Puluhan pemuda dari berbagai latar sosial dan pendidikan hadir untuk menggali lebih dalam rahasia sukses dalam berbisnis.

Ngopi santai merupakan gelaran rutin apahabar.com di Rumah The Panasdalam Banjarmasin.Malam ini, Mardani berbagi seputar rahasia sukses berbisnis.

Ya, Mardani terbilang sukses dalam bisnis tanah air. Di usia muda, ia sudah memiliki ribuan karyawan. Mardani merupakan CEO PT Batulicin 69 dan PT Maming 69, perusahaan holding yang membawahi 35 entitas anak bisnis mulai dari perusahaan pertambangan mineral, pengawasan alat berat, pelabuhan, perkebunan hingga properti.

Dalam karir, Mardani juga memiliki segudang prestasi. Menjadi anggota DPRD Tanah Bumbu pada 2009, setahun kemudian ia terpilih menjabat Bupati Tanah Bumbu. Kala itu ia mencatat sejarah sebagai bupati termuda (29 tahun).

Baca Juga: Ngopi Bareng di Café Rumah The Panasdalam, MHM Tawarkan Metode ‘ATM’

Baca Juga: MHM Bocorkan Rahasia Sukses Berbisnis

Reporter: Muhammad Robby
Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Pengakuan Pelaku Pengeroyokan Maut di Alalak Selatan
Tanah Bumbu

Kalsel

Inalillahi, 2 Pasien Covid-19 Simpang Empat Tanah Bumbu Tutup Usia
apahabar.com

Kalsel

DLH Banjarmasin Siagakan Pasukan Kuning di Idul Adha
apahabar.com

Kalsel

Bertambah 79 Positif, Covid-19 di Kalsel Sudah 4.146 Kasus
apahabar.com

Kalsel

Cuaca Cerah Ceria Hari Ini
apahabar.com

Kalsel

Minim Ekonomi Kreatif, Banjarmasin Andalkan Pajak Bermotor dan Perhotelan
apahabar.com

Kalsel

Waspada Covid-19, Pengendara dari Banjarmasin ke Tanbu Diperiksa
TNI/Polri

Kalsel

Bersama TNI/Polri, Banser NU Siap Kawal Malam Natal di Kalsel
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com