ga('send', 'pageview');
Perampokan Brutal di Kotabaru, Korban Ditusuk dan Dilempar ke Sungai Kesan Mendalam Warga Pulau Burung ke Cuncung H Maming: Relakan Gaji untuk Membuka Isolasi Gali Lubang Buat Kabur, Napi Cina Lapas Tangerang Jadi Buruan Tim Khusus Penabrak Lari yang Ngaku Polisi di Banjarmasin Ternyata Sudah Diamankan Mantan Anggota DPRD Tanbu Mahyudin alias Udin Kocak Tutup Usia

Pendaftaran Online CPNS Resmi Dibuka Mulai Hari Ini, Berikut Tahapannya

- Apahabar.com Senin, 11 November 2019 - 10:27 WIB

Pendaftaran Online CPNS Resmi Dibuka Mulai Hari Ini, Berikut Tahapannya

Ilustrasi pelaksanaan seleksi CPNS. Foto – Kompas.com/Totok Wijayanto

apahabar.com, JAKARTA – Bagi para peminat CPNS 2019 sudah bisa bersiap-siap mendaftar mulai hari ini, Senin (11/11).

Pendaftaran calon pegawai negeri sipil atau CPNS 2019 sudah resmi dibuka. Pendaftaran CPNS 2019 dan informasi mengenai lowongan bisa diakses di situs sscasn.bkn.go.id.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah mengupayakan finalisasi verifikasi data dan validasi formasi lowongan CPNS 2019 agar publik bisa mengakses informasi situs pendaftaran CPNS terhitung pukul 00.00 WIB dini hari tadi.

Plt Kepala Biro Humas BKN Paryono menyarankan masyarakat bisa lekas mendaftar setelah pendaftaran dibuka. Dengan begitu, pelamar bisa mengidentifikasi lebih cepat jika kemudian ada permasalahan atau perbaikan usai mendaftar.

Imbauan itu disampaikan karena kecenderungan yang terjadi dalam setiap lowongan CPNS adalah masyarakat tidak akan mendaftar pada hari pertama. Kebanyakan pelamar hanya akan melihat terlebih dahulu formasi yang sudah disediakan.

“Imbauannya agar mengelola waktu dengan baik, jangan mendaftar pada saat-saat akhir agar jika ada masalah diketahui lebih awal,” ujar Paryono, seperti dikutip dari CNNIndonesia.com.

Beberapa tahapan yang bisa dilakukan oleh pelamar adalah mengakses situs SSCASN 2019 di alamat https://sscasn.bkn.go.id untuk melihat informasi penerimaan CPNS dan lowongan formasi yang dibutuhkan berdasarkan kategori kementerian atau kelembagaan.

Pelamar melakukan pendaftaran (login) di portal SSCASN disertai kata kunci dan Nomor Induk Kependudukan.

Pelamar lantas akan diminta melengkapi data dengan mengunggah foto diri memegang KTP dan Kartu Informasi Akun sebagai bukti telah membuat akun.

Kemudian, memilih jabatan dan melengkapi biodata disertai keterangan pendidikan. Pelamar juga mengunggah dokumen yang diperlukan, memeriksa isian pada form resume, dan mencetak kartu pendaftaran.

Pihak BKN selanjutnya akan melakukan verifikasi berkas. Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi akan mendapatkan kartu ujian untuk mengikuti seleksi sesuai ketentuan.

“Diusahakan ketika portal dibuka para pelamar sudah bisa langsung registrasi atau sekadar melihat untuk menentukan pilihan terhadap instansi maupun formasi yang tersedia,” ujar Paryono.

Seleksi CPNS 2019 dibuka selama 11-24 November 2019. Ada 152 ribu formasi yang dibuka.

Beberapa di antaranya adalah Kementerian Agama bakal membuka lowongan membuka CPNS sebanyak 5.815 formasi. Diikuti oleh Kejaksaan Agung sebanyak 5.203 formasi.

Kemudian, Kementerian Hukum dan HAM sebanyak 4.598, Kementerian Kesehatan 2.205, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan plus Pendidikan Tinggi 2.196.

Lalu Sekretariat Mahkamah Agung 2.104, Kementerian Perhubungan 1.244, serta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat 1.180.

Baca Juga: Pendaftaran CPNS Tanbu Resmi Dibuka Hari Ini, Cek Kuotanya di Sini

Baca Juga: Besok Pendaftaran CPNS di Barut Mulai Dibuka, Cek Formasinya

Sumber: CNN Indonesia.com
Editor: Aprianoor

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

TNI Kuasai Tiga Distrik di Nduga, Ruang Gerak Separatis Kian Sempit
apahabar.com

Nasional

Aliansi Relawan Jokowi Harapkan Rekonsiliasi Usai Pemilu
apahabar.com

Nasional

Kemendagri: Pemetaan Zona Penyebaran Covid-19 Tak Cerminkan Kondisi Sebenarnya
apahabar.com

Nasional

Kampanye Hitam di Karawang Bisa Pecah Belah Masyarakat
apahabar.com

Nasional

Erick Panggil Mantan Komisioner KPK ke Kementerian BUMN
apahabar.com

Nasional

11.866 WNI di Brunei Darussalam Telah Gunakan Hak Pilihnya
apahabar.com

Nasional

Tahun Baru, Jangan Main Kembang Api di Area Sarfas Pertamina!
apahabar.com

Nasional

Mereka yang Menjunjung Tinggi Kode Etik Jurnalistik, Nyawa Pun Dipertaruhkan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com