Sederet Prestasi Niha, Hafizah Cilik Kotabaru dari MTQ Tingkat Kabupaten hingga Provinsi Polisi Anulir Pernyataan Status Tersangka Dua Mahasiswa Kalsel 2 Mahasiswa Tersangka, Rektor ULM Pasang Badan, Ada Dugaan Miskomunikasi di Kepolisian Paula Verhoeven Hamil, Kiano Bakal Punya Adik, Baim Wong Ingin Mak Beti Ucapkan Selamat ke Sang Istri Hasil Liga Champions, Tanpa Ronaldo Juventus Ditekuk Barcelona, Messi Cetak Gol, Skor Akhir 2-0

Pengawas Pemilu Ikuti ESQ, Ini Tujuannya

- Apahabar.com Sabtu, 16 November 2019 - 06:26 WIB

Pengawas Pemilu Ikuti ESQ, Ini Tujuannya

Pembekalan bagi jajaran pengawas Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) berupa ESQ yang diselenggarakan Bawaslu Kalsel 13-14 November, di salah satu hotel di Banjarmasin. Foto- Bawaslu for apahabar.com

apahabar.com, BANJARMASIN – Kemampuan jajaran pengawas pemilu mengatasi tantangan dan menghadapi hambatan dan gangguan, bahkan juga ancaman sangatlah penting.

Berangkat dari hal itulah, kata Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kalimantan Selatan, Erna Kasypiah pihaknya memberikan pembekalan bagi jajarannya. Pembekalan tak hanya diikuti komisioner Bawaslu kabupaten dan kota, tetapi juga untuk staf Sekretariat Bawaslu Kalsel dan Bawaslu Kabupaten/Kota.

Pembekalan dimaksud, antara lain training Emotional Spiritual Questions (ESQ), Rabu-Kamis (13-14/11) di Banjarmasin.

“Kita sengaja mengundang tim trainer ESQ Regional Kalimantan, yang dipimpin Pak Denny Kurniawan,” sebut Erna.

Dengan mengikuti pelatihan ESQ, lanjut mantan aktivis Lembaga Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan (LK-3) itu, pihaknya berharap para pengawas mampu melakukan perubahan sikap dan perilaku serta menerapkannya, terutama saat bertugas, setidaknya mampu mengelola emosi baik dan emosi buruk.

ESQ memang dikenal sebagai metode pembangunan jiwa, yang menggabungkan unsur kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) dengan memanfaatkan kekuatan pikiran bawah sadar (suara hati) atau god spot.

Menurut Erna Kasypiah yang juga alumni IAIN Antasari Banjarmasin itu, peningkatan kapasitas jajaran pengawas menyongsong Pilkada 2020 sangatlah urgen, antara lain dengan training ESQ. “Agar semangat dan disiplin kerja makin tinggi,” pungkasnya.

Sementara Denny Kurniawan yang menjadi narasumber dengan gaya khasnya yang menyegarkan suasana mengingatkan, sebagai seorang komisioner Bawaslu ataupun staf sekretariat di Bawaslu harus jujur bertanya dan jujur menjawab, “Mengapa dan kenapa serta untuk apa saya di Bawaslu?”

Bagi seorang komisioner Bawaslu, lanjut pria penuh semangat ini, tidaklah cukup hanya berbekal kompetensi, tetapi juga agility dan capability yang diperluas.

“Intinya punya karakter dan strategi dalam bertugas, disiplin, pantang menyerah, rela berkurban, dan kompak tergabung dalam tim kerja,” beber Denny.

Baca Juga: Tewas Kehabisan Darah, Keluarga Suami di Martapura Disebut Ikhlas

Baca Juga: Driver Kalsel Resah, Bomber Medan Gunakan Atribut Ojol

Reporter: Ahya Firmansyah
Editor: Syarif

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Akses Penunjang Menuju Bandara, Jalan Panglima Batur-Karang Anyar Sudah Rampung
apahabar.com

Kalsel

Polisi Tabalong Gulung 78 Penyalahguna Narkotika, Paling Banyak Muruk Pudak
apahabar.com

Kalsel

Bungkam, Bupati HST Dituding Coreng Kehormatan DPRD
apahabar.com

Kalsel

Serikat Pekerja Minta Dewan Kota Mengerti Keluhan Buruh
apahabar.com

Kalsel

Mensos: Selama 2019, PKH Memberikan Hasil yang Sangat Baik
apahabar.com

Kalsel

Puncak Covid-19 di Kalsel, Jutaan Warga Diprediksi Terjangkit
apahabar.com

Kalsel

Bertabur Hadiah Dalam HUT Ke-46 PDI Perjuangan Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Resmi Jabat Ketum FMI Kalsel, Bang Dhin Siap Eksplor Destinasi Alam Banua
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com