Cuaca Ekstrem, Gelombang Sapu Makam Tua di Mattone Pagatan Keluarkan Tulang Belulang MPP Banjarbaru Bawa Angin Segar, Investasi Lampaui Target hingga 124 Persen Peredaran Rokok Ilegal Tinggi, KAKI Kalsel Geruduk Kantor Ditjen Bea Cukai Status Siaga Banjir di Balangan Berlaku hingga 12 Desember Waspada Banjir Rob, BPBD Tanah Bumbu Ingatkan Warga Pesisir Laut

Perangi Narkoba, Urine Anggota Damkar Dites

- Apahabar.com     Rabu, 27 November 2019 - 15:00 WITA

Perangi Narkoba, Urine Anggota Damkar Dites

Petugas pemadam kebakaran saat dilakukan pemeriksaan urine. Foto-apahabar.com/Ahc21

apahabar.com, BATULICIN – Puluhan anggota pemadam kebakaran yang tergabung dalam posko Batulicin dan Simpang Empat mengikuti pemeriksaan narkoba melalui tes urine, Rabu (27/11).

Hal itu dilakukan sebagai upaya Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) Kabupaten Tanah Bumbu untuk mendukung program pemberantasan narkoba di Bumi Bersujud.

“Tes urine untuk narkoba ini rutin kami gelar bagi seluruh anggota pemadam kebakaran se-Tanah Bumbu,” ujar Kepala Satpol PP dan Damkar melalui Kabid Damkar, Mukhyar Rasyid, kepada apahabar.com, Rabu (27/11) sore.

Dalam pemeriksaan hari ini, Satpol PP dan Damkar melalui Bidang Damkar dibantu oleh Dinas Kesehatan setempat untuk melakukan tes urine para anggota.

“Bersama dinas kesehatan, hari ini kita melakukan pemeriksaan urine di dua posko, yakni Posko Damkar Batulicin sebanyak 30 anggota dan Posko Damkar Simpang Empat sebanyak 40 anggota. Kemudian ditambah 5 orang pejabat Satpol PP dan Damkar. Total 75 anggota,” bebernya.

Kegiatan pemeriksaan narkoba bagi anggota pemadam kebakaran memang rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Pemeriksaan ini adalah yang keempat kalinya dilakukan untuk 2018 dan 2019.

“Dalam setahun ada dua kali pemeriksaan yang kami lakukan, dan itu berlaku bagi seluruh posko yang ada di Bumi Bersujud,” tegasnya.

Terkait sangsi yang diberikan bagi anggota yang urinenya mengandung narkoba, maka akan dilakukan pemecatan atau tidak diperpanjang kontrak kerjanya. Sedangkan untuk yang punya jabatan seperti Danru akan dihilangkan jabatannya menjadi anggota biasa.

“Ini merupakan bagian dari komitmen kita bersama dalam memerangi narkoba. Jangan sampai ada anggota damkar terlibat narkoba, karena mereka bertugas melayani masyarakat di lapangan. Untuk hasil tes hari ini kita masih menunggu hasil lab dari petugas kesehatan,” paparnya.

Baca Juga: Dispersip Beri Penghargaan Penulis Tanah Bumbu

Baca Juga: Kelola Arsip, Dispersip Tanah Bumbu Bangun Kesadaran SKPD

Reporter: Ahc21
Editor: Puja Mandela

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Multaqo Ulama Tanah Bumbu Serukan Perdamaian dan Persatuan Umat
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Antisipasi Covid-19, Tanbu Tambah 3 Posko Pemeriksaan
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Terima Penghargaan Antara, Sektor Pariwisata Terus Digenjot
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Para Guru di Kusan Hulu Salurkan Bantuan Sembako
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Event “Soreride” di Tanbu Makin Diminati Masyarakat
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Satu-satunya, Kabupaten Tanbu Terima Dokumen Risiko Bencana
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Update Covid-19 Tanbu: Sembuh 7 Orang, Positif 8
Update Covid-19 Tanbu: 5 Warga Kusan Hilir Jadi ODP

Pemkab Tanah Bumbu

Update Covid-19 Tanbu: 5 Warga Kusan Hilir Jadi ODP
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com