apahabar.com
Dandin 1006 Martapura, Letkol Arm Siswo Budiarto saat mengambil Upacara Hari Pahlawan. Foto-apahabar.com/Muhammad Al Madani

apahabar.com, MARTAPURA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar beserta TNI Polri juga pelajar mengikuti upacara Hari Pahlawan di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Ratu Zalecha Martapura, Minggu (10/11).

Dalam upacara tersebut, Dandim 1006 Martapura, Letkol Arm Siswo Budiarto yang menjadi Inspektur Upacara (Irup) menyampaikan, peringatan Hari Pahlawan yang bertepatan pada 10 November untuk mengenang para pejuang yang berjuang di Surabaya.

“Dengan mengenang para pahlawan, kita dapat meningkatkan rasa nasionalisme dan juga dan serta menimbulkan rasa demokrasi untuk membantu sesama agar menjadikan anak bangsa menjadi pahlawan masa kini,” ujar Siswo.

Ia mengatakan, untuk menjadi pahlawan para anak muda harus menunjukkan aksi nyata untuk kesatuan dan persatuan Indonesia dengan membantu sesama.

“Menjadi pahlawan bukan hanya dengan mengangkat senjata, tapi dengan membantu sesama dan menunjukkan prestasi yang dapat membanggakan Ibu Pertiwi juga adalah pahlawan di masa kini. Dengan begitu, semoga kita bisa membanggakan para pahlawan yang telah mendahului kita,” ungkapnya.

Dandim juga mengimbau kepada seluruh peserta upacara dan masyarakat di Kabupaten Banjar agar tidak membiarkan oknum yang ingin merusak kesatuan bangsa dan negara. “Jangan mudah terprovokasi dengan oknum yang tidak bertanggung jawab,” sarannya.

Dalam upacara tersebut juga dihadiri Wakapolres Banjar, Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, serta DPRD Kabupaten Banjar, dan Aparatur Sipil Negara (ASN) serta para pelajar di Kabupaten Banjar.

Baca Juga: Refleksi Hari Pahlawan, Tempat Tinggal Pejuang Veteran di Kalsel Masih Memprihatinkan

Baca Juga: Jokowi: Indonesia Butuh Pahlawan Pemberantas Kemiskinan

Reporter: AHC 15
Editor: Syarif