apahabar.com
Ketua Syariah DPC PKS HST, Faqih Jarjani (kiri) dan Kepala Disdukcatpil HST, Abu Yazid Bustami. Foto-apahabar.com/HN Lazuardi.

apahabar.com, BARABAI – Meski belum mendeklarasikan secara resmi, duet pasangan Faqih Jarjani dan Abu Yazid Bustami menyatakan siap bertarung di Pemilihan Bupati (Pilbup) Hulu Sungai Tengah (HST) 2020.

Saat ini keduanya sudah membentuk tim untuk merebut hati masyarakat agar memberikan dukungan melalui jalur independen.

Meski Faqih merupakan kader Partai Keadilan Sejahtera, namun jalur independen dipilih sebagai antisipasi jika tak mendapat dukungan partai. Namun Faqih mengaku tetap melakukan pendekatan ke sejumlah partai.

Ada pun tim yang dibentuk tersebut, tugasnya bergerak untuk mengumpulkan KTP dari desa ke desa. Sehingga memenuhi syarat sesuai peraturan yang berlaku.

Yakni, keduanya harus mengumpulkan dukungan 10 persen dari total suara pemilih atau kurang lebih 19.100 kopi KTP.

“Kami membuka posko di eks Air Mancur Barabai untuk pengumpulan kopi KTP sebagai syarat pencalonan independen,” ungkap Faqih.

Lantas apakah tim tersebut sama saat sukses mengantarkan Abdul Latif-Chairansyah pada Pilbub 2015 lalu?

Dengan tegas Faqih menjawab bukan tim yang memenangkan pasangan itu. Melainkan tim baru yang dibentuknya untuk merebut kepercayaan maayarakat HST.

“Saya bukan dari tim pemenangannya. Maju kali ini saya membentuk tim sendiri dan ingin merintis dari awal,” tegas Faqi yang merupakan Ketua Syariah DPC PKS HST ini.

Faqih mengungkapkan keinginannya maju sebagai bentuk pengabdian agar tericpta kemajuan di HST. Disamping itu dia mengaku ingin mengedukasi bagaimana politik yang sehat, sesuai aturan yang berlaku.

“Siapapun yang ingin bergabung atau berkoalisi dengan kita, harus siap tanpa politik uang,” tegas Faqih yang pernah menjadi Ketua DPRD dan Wakil Bupati HST.

Sebelum Faqih berkomentar itu, Abu Yazid Bustami tadinya maju sebagai calon bupati lewat jalur independen. Namun belakangan dia dikabarkan mau jadi wakil bupati.

Terkait itu, apahabar.com sebelumnya lebih dulu menghubungi Yazid. “Soal itu tanyakan pada Ustaz Faqih langsung,” kata Yazid singkat saat dihubungi melalui Whatsapp, Kamis, (7/11).

Lantas ketika Faqih dikonfirmasi menyatakan positif berpasangan dengan Abu Yazid Bustami yang saat ini menjabat Kepala Disdukcatpil HST.

“Karena waktunya masih lama, sementara memilih jalur independen. (Namun) Kita tetap melakukan komunikasi serta pendekatan dengan beberapa partai,” timpal Faqih.

Baca Juga: Pilkada Banjarbaru, Angkutan Umum Ikut Bersolek

Baca Juga: Jadi Ketua Dewan Banjarbaru Termuda, Intip Profil Fadliansyah

Reporter: HN Lazuardi
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin