Breaking News! Warga Tangkap Buaya Pemangsa di Pantai Kotabaru Siap-Siap, Ditlantas Polda Kalsel Bakal Uji Coba Tilang Elektronik Usai Banjir Siapkan Hunian Layak, Polda Kalteng Bangun Rusun Bagi Anggota BPPTKG: Volume Kubah Lava Merapi Masih Tergolong Kecil Sedikit Surut, Puluhan Rumah di Martapura Masih Terendam Banjir

Polda Kalteng Kirim 100 Personel ke Barito Timur

- Apahabar.com Senin, 25 November 2019 - 06:00 WIB

Polda Kalteng Kirim 100 Personel ke Barito Timur

Kapolres Barito Timur AKBP Zulham Effendy meninjau langsung kesiapan anggota Ditsabhara dan Brimob Polda Kalteng dalam melaksanakan patroli di wilayah Tamiang Layang, Minggu (24/11). Foto - Antara

apahabar.com, TAMIYANG LAYANG – Polda Kalimantan Tengah mengirim 100 personel atau sebanyak satu Satuan Setingkat Kompi (SSK) ke Polres Barito Timur, pascaaksi damai yang dilakukan ratusan masyarakat selaku pemilik angkutan dan karyawan perusahaan PT Senamas Energindo Mineral dan PT Rimau Elektrik Mining.

Kapolres Barito Timur AKBP Zulham Effendy di Tamiang Layang, mengatakan Polres Barito Timur juga mendapat tambahan anggota Brimob Polda Kalteng di luar anggota Sabhara.

“Peningkatan pengamanan dilakukan untuk mencegah terjadinya gesekan di tengah masyarakat,” kata Zulham, Minggu (24/11).

Pihaknya melakukan upaya preventif yaitu sambang, kemudian penyuluhan kepada masyarakat untuk dapat menyikapi situasi yang ada di wilayah Barito Timur, khususnya di jalan angkutan batu bara bekas Pertamina.

Upaya preventif juga dilakukan sebagai upaya pencegahan. Personel dari Polri tersebut melakukan patroli untuk memastikan, tidak adanya masyarakat terganggu akibat adanya penutupan jalan oleh kelompok atau pihak tertentu.

Personel Ditsabhara dan Brimob Polda Kalteng dibagi menjadi beberapa regu, untuk melakukan patroli secara bergantian. Selain itu, juga dilakukan penempatan beberapa anggota di lokasi penutupan jalan di Desa Jaweten, Kecamatan Dusun Timur.

“Personel yang ada di lokasi sifatnya memantau situasi dan kondisi. Jika berpotensi adanya gejolak di masyarakat atau akan terjadi sesuatu yang membahayakan, maka akan langsung melaporkan ke satuan atas yaitu Polres Bartim,” tegasnya.

Setelah mendapat laporan terkait situasi dan kondisinya, regu yang berada di Polres Barito Timur langsung turun ke lapangan, guna melakukan antisipasi gejolak masyarakat maupun konflik sosial.

Ditegaskan Zulham, pascaadanya gejolak terkait penggunaan jalan eks Pertamina, situasi wilayah Barito Timur saat ini masih kondusif.

Mantan Kapolsek Pulogadung itu juga menegaskan, bahwa posisi Polri, terutama Polres Barito Timur berada di tengah-tengah antara PT Patra Jasa selaku anak perusahaan PT Pertamina dengan PT SEM.

“Posisi kami jelas sampai saat ini ada di tengah-tengah masalah antara PT Patra Jasa anak perusahaan PT Pertamina dengan perusahaan lain. Tapi kalau ada permasalahan hukum disana polisi berada di garda terdepan,” jelasnya.

Jebolan Akpol 2000 itu juga mengimbau kepada masyarakat, untuk melihat permasalahan dengan cermat, artinya bukan hanya permasalahan antara perusahaan dengan masyarakat, namun juga terkait permasalahan masyarakat dengan masyarakat.

“Saya tidak mau masyarakat di Barito Timur terbawa dengan suasana yang tidak kondusif yang nantinya akan ada perpecahan diantara mereka. Polri dan dibantu TNI akan tetap menjaga situasi agar tetap aman dan kondusif,” pungkas Zulham.

Baca Juga: Pascakebakaran, Wabup Kobar Sarankan SMPN 4 Menumpang di SD Terdekat

Baca Juga: Kerugian Akibat Kebakaran di Teweh Diperkirakan Capai Ratusan Juta

Sumber: Antara

Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Di Kalteng, Hanya Sukamara yang Bisa Sekolah Tatap Muka
apahabar.com

Kalteng

Terpeleset, Koki Kapal Hilang di Sungai Kahayan Kalteng
apahabar.com

Kalteng

Hendak ke Banjarbaru, Penganiaya Anak di Sampit Ditangkap Tak Sengaja
apahabar.com

Kalteng

Tambah 16 Kasus Baru, Positif Covid-19 di Palangka Raya Jadi 168 Orang
apahabar.com

Kalteng

Seminggu ke Depan Kalteng Berpotensi Hujan
apahabar.com

Kalteng

Berperan Besar Sosialisasikan Program, BPJS Barito Utara Ajak Jurnalis Ikut Workshop
apahabar.com

Kalteng

Resmi, Palangka Raya Belum Mau Berlakukan New Normal
Damkar Mandiri Kapuas

Kalteng

Lagi, Perkumpulan Damkar Mandiri Kapuas Salurkan Bantuan ke Korban Banjir Kalsel
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com