Tim Paman Birin Blunder Ancam Polisikan Warga Soal Banjir Terima Kasih Warga Banjarmasin, Korban Banjir Batola Terima Bantuan dari Posko apahabar.com Operasi SAR SJ-182 Dihentikan, KNKT Tetap Lanjutkan Pencarian CVR Gempa Magnitudo 7,1 Guncang Talaud Sulut, Tidak Berpotensi Tsunami Potret Seribu Sungai, Serunya Memancing di Jembatan Sudimampir Banjarmasin

Polisi Ringkus Pencuri Kotak Amal Masjid di Tambak Sirang Gambut

- Apahabar.com Minggu, 10 November 2019 - 09:43 WIB

Polisi Ringkus Pencuri Kotak Amal Masjid di Tambak Sirang Gambut

SB (25) saat di depan ruang tahanan Polsek Gambut. Foto – Polsek Gambut for apahabar.com

apahabar.com, MARTAPURA – Unit Reskrim Polsek Gambut meringkus pria berinisial SB (25), pelaku pencurian sebuah kotak amal di Masjid Misbahul Muni Desa Tambak Sirang RT 004, Kabupaten Banjar pada Jumat (08/11).

Kapolsek Gambut Iptu Jenny Rahman, mengatakan sebelumnya, Kamis (07/11), pihaknya mendapat laporan dari masyarakat bahwa kotak amal di masjid Desa tambak Sirang telah lenyap dicuri orang tak dikenal.

Setelah dilakukan pencarian di sekitar masjid, warga menemukan kotak amal tersebut sudah berada di dalam sebuah sumur yang tidak jauh dari tempat hilangnya.

“Menerima laporan tersebut anggota Reskrim langsung melakukan penyelidikan di lapangan dan mengetahui identitas pelaku pencurian,” kata Jenny kepada apahabar.com, Minggu (10/11).

Menurut Jenny, setelah mengetahui keberadaan pelaku, dia bersama Kanit Reskrim Iptu Sumari dan sejumlah anggota langsung melakukan penangkapan terhadap SB.

“Saat kami melakukan penangkapan, SB sedang berada di rumahnya yang beralamat di Handil II Pasar Sabtu, Desa Makmur. Dalam penangkapan itu, tersangka tidak melakukan perlawanan,” ujarnya.

Kepada penyidik, pelaku mengakui bahwa dirinya mengambil kotak amal tersebut pada Kamis (31/10) sekitar pukul 01.00 Wita.

“Pelaku saat melakukan aksinya hanya berjalan kaki, kebetulan jarak rumahnya dengan TKP hanya sekitar 150 meter saja. Setelah berhasil mengambil kotak amal tersebut SB langsung membawa lari ke areal persawahan dan menyembunyikannya di balik tumpukan jerami,” beber Jenny.

Sehari setelahnya, ujar Jenny, pelaku kembali ke tempat di mana dia menyimpan kotak amal tersebut. Dengan menggunakan palu dan pahat tersangka membuka kotak amal serta menguras isinya.

“Dari pengakuannya, dia mendapati uang di dalam kotak amal tersebut uang Rp400 ribu. Selanjutnya pelaku yang telah ditetapkan sebagai tersangka itu memasukan kotak amal yang telah kosong ke dalam karung dan membuangnya ke sumur kering agar tak ada orang yang mengetahuinya,” jelas Jenny.

Pihaknya telah mengamankan barang bukti sebuah kotak amal yang dicuri oleh tersangka.

“Atas ulahnya itu, tersangka SB akan dijerat dengan Pasal 363 KHUP atau pencurian dengan pemberatan,” pungkasnya.

Baca Juga: Penyalahgunaan Narkotika di Banjarbaru Meningkat

Baca Juga: Perlu Kajian Bersama Soal Maraknya Kejahatan Anak Di Bawah Umur di Banjarmasin

Reporter: Ahc15
Editor: Aprianoor

Editor: aji - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Hukum

Sepanjang 2016-2019 KPK Tetapkan 608 Tersangka Korupsi, Selamatkan Uang Negara Rp 63 Triliun
apahabar.com

Hukum

Tabir Kasus Mayat Perempuan Telanjang Mulai Terungkap
apahabar.com

Hukum

Keterangan Pembunuh Istri Muda Pembakal Ada Perbedaan, Hakim Minta Penyidik Polisi Dihadirkan
apahabar.com

Hukum

ASN Dishub Tanah Laut Jual Sabu
apahabar.com

Hukum

KPK Pelajari Penerapan Hukuman Mati di Kasus Proyek SPAM
apahabar.com

Hukum

Tunggu Pembeli Sabu, Pemuda Hantakan Disergap Polisi
apahabar.com

Hukum

Polda Kalteng Tangkap Pengepul dan Pemburu Sisik Tringgiling
apahabar.com

Hukum

Gegara Buah Mangga, Kakak Rela Polisikan Adik Sendiri
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com