Tim Macan Kalsel Gerebek Wanita Buronan Kasus Penggelapan Kapal Indef: Setahun Jokowi-Ma’ruf Amin ULN Melonjak, Setiap Penduduk Warisi Utang Rp 20,5 juta Demo di Pelaihari Berbuntut Laporan Polisi, Sekda Tala Minta Maaf Harga Tiket Bioskop XXI Duta Mall Banjarmasin Turun, Simak Daftar Lengkapnya Kedai Terapung, Unggulan Wisata Baru di Barito Kuala

Ratusan Pelajar Sambangi Agro Edu Park Bumi Tangi Milik BI

- Apahabar.com Kamis, 21 November 2019 - 14:43 WIB

Ratusan Pelajar Sambangi Agro Edu Park Bumi Tangi Milik BI

Ratusan pelajar SMKN 1 Banjarmasin menggelar studi tour ke Agro Edu Park Bumi Tangi milik Bank Indonesia (BI) di Jalan Ahmad Yani, Km 23, Liang Anggang Kabupaten Banjar, Kamis pagi.Foto- apahabar.com/Rizal

apahabar.com, BANJARBARU – Ratusan pelajar SMKN 1 Banjarmasin menggelar studi tour ke Agro Edu Park Bumi Tangi milik Bank Indonesia (BI) di Jalan Ahmad Yani, Km 23, Liang Anggang Kabupaten Banjar, Kamis (21/11).

Tak hanya melihat langsung perkebunan dan perikanan organik yang dikelola oleh bank sentral itu, mereka juga belajar mengolah tomat yang bisa dijadikan berbagai olahan seperti manisan, permen, dan sirup.

Misalnya, saja siswi jurusan pasaran SMKN 1 Banjarmasin bernama Rita dan Mira Pionera. Dia dan rekan-rekannya terlihat begitu serius memperhatikan instruksi dari salah satu UMKM Rumah Kreasi Tomat Banjarbaru.

“Rame asik menambah pelajaran juga, kita jadi tahu bagaimana cara bikin tomat bisa menjadi olahan lain,” kata Rita.

Rita menjelaskan salah satu yang dipraktikkan adalah cara mengolah manisan dari tomat.

Sebelum diolah, terlebih dahulu tomat dicuci dan dipisahkan dari bijinya. Setelah air ditiriskan tomat direbus dengan api kecil.

Selain belajar soal olahan tomat, para pelajar juga diajarkan bagaimana mengemas makanan olahan tersebut, sesuai standar dan menarik untuk dibeli.

Sementara, Manager Pengembangan Ekonomi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Selatan Aryo Wibowo mengatakan aktifitas edukasi dari para pelajar SMK tersebut adalah salah satu tujuan diadakannya Agro Edu Parak.

Mengunakan lahan tidur milik BI, pihaknya menyulap tempat tersebut menjadi wahana belajar dan menularkan pemahaman soal bercocok tanam tanpa unsur zat kimia.

“Harapannya bisa memberikan pemahaman pada mereka (pelajar) pertanian dalam arti luas. Bahwa pertanian dalam arti luas juga bisa memberikan masa depan yang bagus,” kata dia.

Selain itu, dengan adanya edukasi pertanian kepada para pelajar, diharapkan ke depannya akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Tak hanya itu, Aryo juga mengajak berbagai komunitas bisa belajar di Agro Edu Park Bumi Tangi karena pemahaman soal pertanian akan diberikan secara cuma-cuma alias gratis.

Baca Juga: Banjarmasin Nambah Tempat Nongkrong, Cafe Rumah The Panasdalam Resmi Dibuka

Baca Juga: Antisipasi Bencana di Tempat Rekreasi, BPBD Kalsel Turunkan 150 Personel

Reporter: Rizal khalqi
Editor: Fariz Fadhillah

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Ekbis

Tiga Petinggi Bank Kalsel Dicopot, Imam: Serahkan ke Ahlinya
Sepanjang 2019, OJK Tarik Rp5,9 T dari Industri Jasa Keuangan

Ekbis

Sepanjang 2019, OJK Tarik Rp5,9 T dari Industri Jasa Keuangan
apahabar.com

Ekbis

Jadi Pendemi Global, Rupiah Terpapar Kebijakan WHO
apahabar.com

Ekbis

Resmi Diubah, Ma’ruf Amin Ingatkan KNEKS Perkuat Industri Halal
apahabar.com

Ekbis

Juli, Kaltim Alami Inflasi 0,30 Persen
apahabar.com

Ekbis

Wow, Ternyata Orang Ini Menjadi Penyumbang Terbanyak di Dunia
apahabar.com

Ekbis

Nilai Tukar Petani Kalsel Turun, Harga Produsen Gabah Naik
Layanan Bank Indonesia Tetap Jalan Selama PSBB

Ekbis

Layanan Bank Indonesia Tetap Jalan Selama PSBB
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com