Salah Tulis, Perbaikan Plang Nama SDN di Banjarmasin Tunggu Dana BOS Cair Bawa Pesan Damai ke Ukraina-Rusia, Jokowi Dianggap Layak Raih Nobel Diguyur Hujan Berjam-Jam, Sejumlah Kawasan di Banjarbaru Tergenang Banjarmasin Terendam Lagi, Masyarakat Diminta Waspada Air Kiriman! Banjarbaru Terendam, Sejumlah Warga Dievakuasi

Rukuk dan Keutamaan Mencari Fadhilah dan Ridhwan-Nya

- Apahabar.com     Rabu, 20 November 2019 - 05:15 WITA

Rukuk dan Keutamaan Mencari Fadhilah dan Ridhwan-Nya

Rukuk. Foto- wordpress

apahabar.com, JAKARTA – Rukuk dalam salat menjadi salah satu sarana ampuh untuk berdoa kepada Allah. Hal itu dikemukakan pendiri Quran and Sunnah Solution Ustaz Adi Hidayat.

Menurut dia, dalam rukuk, ada peluang besar terkabulnya doa seorang Muslim. Dia pun menyitir salah satu ayat dalam Alquran. “…Kamu lihat mereka ruku’ dan sujud mencari Fadhilah Allah dan ridhwan-Nya… ” (QS al-Fath: 29).

Fadhilah merupakan salah satu keutamaan khususnya dalam urusan dunia. Doa-doa untuk meraih keutamaan tersebut bisa dihajatkan ketika rukuk. Doa diucapkan dalam hati dengan keyakinan tanpa keraguan. Tak hanya itu, doa ini pun bersifat paling utama.

Artinya, nomor satu dalam urusan dunia. Namun, kita semestinya cerdas dalam memaknai keutamaan ini. Artinya, keutamaan tersebut harus melihat apa yang kita butuhkan dan benar-benar cocok dengan diri kita. Bukan semata-mata keinginan.

Bagaimana dengan ridhwan?

Ustaz Adi menjelaskan, ridhwan bermakna semua aktivitas yang sudah diridhai Allah. Ketika sudah mendapat ridha Allah, maka sudah bernilai ibadah. Menurut Ustaz Adi, jika Allah sudah ridha artinya sudah ada pahalanya. Dia mencontohkan, para sahabat Nabi SAW yang disebutkan Allah sebagai Radhiyallahuanhum wa ra dhuanhu atau ridha Allah un tuk mereka dan mereka pun ridha kepada-Nya (QS al-Bayyinah: 8).

Semua aktivitas mereka dijaga sehingga selalu menjadi ibadah. Karena itu, Ustaz Adi menjelaskan, ridhwan bermakna sebagai keutamaan atau kemuliaan akhirat. Ketika Fadhlan dan Ridhwan disandingkan, dimohonkan dan insya Allah dikabulkan, maka akan lahir hamba yang utama baik dari sisi dunia dan akhirat. wallahualam.

Sumber: Republika
Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Tak Berkategori

Sukses Usaha Daster Sasirangan, Miliarder Asal Martapura Ini Luncurkan Aplikasi Olshop

Tak Berkategori

Fakta Baru Joki Vaksin di Banjarmasin, Tidak Hanya Terjadi Sekali
Bayar Kampanye Pakai DD, Kades Kotabaru Segera Diadili

Tak Berkategori

Bayar Kampanye Pakai DD, Kades Kotabaru Segera Diadili

Tak Berkategori

Baru Rilis, Video Klip ‘Ayahku’ Betrand Peto Trending YouTube
apahabar.com

Tak Berkategori

Berencana Kunjungi Orangtua, Oknum Polisi Ngamuk di Pos PSBB
apahabar.com

Tak Berkategori

Polres Tala Amankan Ribuan Kayu Ilegal di Desa Pasir Putih
UniQly

Tak Berkategori

Jaga Produktivitas Bermusik di Usia 10 Tahun, UniQly Rilis Single “Logika”

Tak Berkategori

Pascabanjir di HSS, Distribusi Air Bersih Terganggu Dua Hari
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com