VIDEO: Polisi Rilis Tersangka Pencurian Hp Rosehan di Pesawat Sengketa Kepemilikan Kampus Achmad Yani, Gugatan Adik Berlanjut di PN Banjarmasin Magrib, Mayat di Jembatan Kayu Tangi Gegerkan Warga Sekolah Tatap Muka di Banjarmasin: Waktu Belajar Dipangkas, Sehari Hanya 5 Jam Sehari Jelang Penutupan, Pendaftar BLT UMKM di Batola Capai 5.000 Orang

Sastrawan HST Dominasi Penghargaan di Aruh Sastra ke XVI

- Apahabar.com Minggu, 17 November 2019 - 10:59 WIB

Sastrawan HST Dominasi Penghargaan di Aruh Sastra ke XVI

Maulidanoor Apriliyanti siswa MTsN 1 HST menerima trofi juara 1 lomba karya cipta puisi pada ASKS ke XVI di Pagatan, Tanah Bumbu. Foto-Istimewa

apahabar.com, BARABAI – Dewan Kesenian Kabupaten Hulu Sungai Tengah (DKK HST) kembali mendominasi penghargaan pada kategori lomba cipta puisi pada Aruh Sastra Kalimantan Selatan (ASKS) ke-XVI.

Dalam aruh sastra yang mengangkat tema ‘Sapamandiran Maangkat Sastra Ruhui Kata Mambina Literasi’ yang berlangsung selama 3 hari, dari 15-17 November 2019 di Pagatan Kabupaten Tanah Bumbu.

Para sastrawan HST kembali mendominasi Lomba Cipta Puisi dan berhasil meraih juara satu dengan judul ‘Munajat Orang-Orang Perahu’ Karya Maulidanoor Apriliyanti siswa MTsN 1 HST dan juara tiga Siti Normalisa siswa SMAN 3 Barabai dengan judul ‘Ombak Garam’.

Yang masuk dalam sepuluh besar kategori puisi pilihan yang diterbitkan bersama pada kumpulan puisi juara adalah Nafisah siswi SMAN 3 Barabai dengan judul puisi ‘Lautku’, Risni Aulia siswi SMAN 3 Barabai dengan judul ‘Filosofi Ombak’, Saman Akmal Ridani siswa SMAN 2 Barabai dengan judul ‘Tugu Darah’ dan ‘Laut Leluhurku’ dan Maulidanoor Apriliyanti” Dengan judul ‘Senandung Manusia Laut’.

Sedangkan untuk Lomba Musikalisasi puisi, Sanggar Batu Benawa SMKN 2 Barabai juga berhasil meraih juara ketiga dengan membawakan puisi berjudul ‘Kabar Buruk Dari Surga’ Karya Andi Amrullah, Tanah Bumbu.

Ketua Rombongan ASKS HST, Rahmiyati, menyampaikan untuk lomba karya cipta puisi tingkat pelajar di ASKS XVI itu, seluruh puisi yang dikirim oleh sastrawan se-Kalsel dinilai oleh dewan juri dan selanjutnya dipilih lagi sebagai juara 1, 2 dan 3, dan harapan 1.

Sedangkan 10 puisi lainnya dikategorikan sebagai puisi pilihan.

“Alhamdulillah juara 1 dan 3 diraih oleh para sastrawan asal HST, dan 10 puisi terbaik non pemenang, 5 diantaranya merupakan karya cipta para sastrawan muda HST, dan pada lomba musikalisasi puisi meraih juara ketiga, ini suatu prestasi yang membanggakan,” kata Rahmiyati, Minggu (17/11).

Lebih lanjut, Ketua Bidang Sastra Banjar DKK HST ini menuturkan, melihat prestasi ke belakang, para sastrawan HST selalu bisa memberikan yang terbaik untuk lomba cipta puisi.

Pada ASKS XIII tahun 2016 di Tanah Laut, para sastrawan HST berhasil membawa pulang 5 piala yaitu juara 1, 2, 3, harapan 1 dan 2. Dan pada ASKS XIV tahun 2017 di Kab. HSS, memperoleh juara juara 2, 3, harapan 1, 2, dan 3. Serta pada ASKS XV tahun 2018 di Kab. Kotabaru dari 20 pemenang, Juara 1 – 17 diraih oleh para sastrawan asal HST.

“Kami sangat bersyukur atas raihan prestasi di ajang ASKS XVI ini karena untuk tahun keempat sastrawan HST mampu bersaing dengan sastrawan sastrawan lainnya dan kembali mengukir prestasi,” kata Rahmiyati  yang saat ini mengajar di SMAN 3 Barabai.

Keberhasilan ini, kata Rahmiyati, tidak lepas dari perhatian Pemkab HST dengan memberikan fasilitas dan bantuan kepada para sastrawan untuk mengikuti event tahunan ini.

“Terima kasih kepada bapak Bupati, Sekda dan Plt. Kepala Dinas Pendidikan atas dukungannya serta kepada rekan-rekan sastrawan yang sudah bekerja keras sehingga kembali mengharumkan nama daerah di ajang ASKS ke XVI ini”, ucap Rahmiyati.

Terpisah Bupati HA Chairansyah melalui Plt Kepala Dinas Pendidikan Chairiah mengungkapkan rasa syukur dan bangga atas apa yang diraih oleh para sastrawan HST.

“Atas nama pimpinan, saya mengapresiasi dan memberikan penghargaan kepada para sastrawan yang tahun ini kembali mengharumkan nama daerah dengan torehan prestasi di aruh sastra yang merupakan event tahunan ini. Hal ini sangatlah membanggakan bagi kami, dan semoga kedepan akan lebih baik dan berprestasi lagi,”Kata Chairiah.

Pada ASKS XVI ini, juga dilakukan seleksi karya cipta puisi para sastrawan se Kalsel (Non Lomba) untuk diterbitkan pada Antologi Puisi ASKS XVI 2019 “Semerbak Hutan Seharum Ombak”, dan 19 sastrawan HST berhasil lulus seleksi dan menempatkan karya puisinya pada antologi tersebut.

Baca Juga: Ibnu Sina hingga Anggota DPRD Kalsel Hadiri Banjarmasin Berselawat

Baca Juga: Percepat Pembangunan, Kotabaru Mantap Tambah Kecamatan

Reporter: HN Lazuardi
Editor: Syarif

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

WALHI Kalsel Sesalkan Pencoretan Pohon Ulin sebagai Flora Dilindungi
apahabar.com

Kalsel

Rombak Posisi Ratusan Pejabat, Bupati Banjar: Saya Tidak Nyalon Lagi
apahabar.com

Kalsel

Ogah Diswab, Sikap Ketua DPRD Banjar Tuai Kritik
apahabar.com

Kalsel

Update 26 Mei: Tambah 27 Kasus, Total 630 Positif Covid-19 di Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Kelenteng Soetji Nurani Bersiap Sambut Tahun Baru Imlek 2571
apahabar.com

Kalsel

Polsek Rantau Badauh Tegakan Disiplin Protokol Kesehatan di Pintu Masuk Mahelat Lebo
apahabar.com

Kalsel

KNPI Kalsel Sikapi Video Viral PSBB Kilometer 6 Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Akhir Tahun, Telur dan Daging Alami Penaikan, Ini Penjelasan Dinas Perdagangan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com