apahabar.com
Perayaan Maulid Nabi SAW di Yaman. Foto-net

apahabar.com, BANJARMASIN – Perayaan kelahiran Nabi Muhammad SAW atau Maulid Nabi SAW tidak hanya digelar di Indonesia, ada berbagai negara lain yang memiliki tradisi serupa.

Dilansir berbagai sumber, berikut di antara negara yang juga memiliki tradisi memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW:

  1. Turki

Perayaan maulid Nabi Muhammad SAW diperingati di Turki, negeri di mana kekhalifahan Turki Utsmani berdiri. Perayaan tersebut di antaranya dilakukan dengan tarian sufi.

  1. Khasmir, India

Penduduk Khasmir India merayakan maulid Nabi SAW dengan mengunjungi tempat yang dipercaya menyimpan peninggalan rambut dan jenggot Nabi Muhammad SAW.

  1. Palestina

Perayaan maulid Nabi Muhammad SAW yang dirayakan di Palestina dilakukan dengan melantunkan syair pujian untuk Nabi Muhammad SAW.

  1. Nigeria

Perayaan maulid Nabi SAW dilakukan satu minggu penuh dengan berbagai perlombaan, seperti tilawah Alquran antar sekolah, terjemahan, hingga pembacaan teks-teks Islam ke bahasa lokal yang berisikan sejarah kehidupan Nabi Muhammad SAW.

  1. Etiopia

Perayaan Maulid Nabi SAW di negeri ini dimeriahkan dengan pembacaan sirah nabawiyah dan ceramah dari para alim ulamanya. Mereka menyembelih hewan untuk dibagikan kepada kaum dhuafa. Acara makan bersama pun digelar di setiap rumah bersama tetangga.

  1. Kenya

Museum Nasional Kenya menjadi sponsor tetap perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW. Tidak hanya menggelar kegiatan keagamaan, perlombaan seperti renang, menghias henna, dan balap keledai pun dilakukan.

  1. Polandia

Di Benua Eropa, kaum Muslimin biasanya berkumpul untuk berdoa bersama di pusat-pusat kota seperti di masjid atau Islamic centre. Di Polandia khususnya, selain berdoa bersama di masjid, dilakukan pula kegiatan silaturahim ke rumah-rumah saudara dan kerabat seperti yang dilakukan masyarakat Indonesia saat memperingati Hari Raya Idul Fitri.

  1. Rusia

Perayaan maulid Nabi SAW di negeri Rusia dianggap sebagai salah satu cara yang unik dan efektif dalam menebarkan syiar Islam, khususnya bagi kalangan non-Muslim Rusia dan mempererat silaturahim antar sesama umat. Berbagai kegiatan digelar seperti pembacaan ayat Alquran, kasidah, hingga pengenalan beberapa organisasi Islam di Rusia

  1. Pakistan

Pakistan memiliki cara sendiri dalam merayakan hari besar ini. Selama perayaan Maulid, bendera nasional mereka akan dikibarkan di semua bangunan di negara tersebut.

Selama maulid, ada penembakan meriam sebanyak 31 kali di Islamabad dan 21 kali di markas provinsi sebagai bentuk penghormatan saat fajar tiba.

Ratusan orang akan berkumpul di Minar-e-Pakistan, Lahore, pada malam menjelang tanggal 12 Rabiul Awal untuk merayakan hari besar ini.

  1. Malaysia

Masjid Putra di Putra jaya menjadi lokasi pusat perayaan Maulid Nabi dan titik awal pawai. Para pejabat pemerintah termasuk perdana menteri, tamu negara, dan tokoh agama akan berkumpul di sana.

Setiap tahunnya, lebih dari 10 ribu orang akan berkumpul dan melakukan pawai sepanjang hingga 1,5 km. Ada juga perayaan di mana setiap masjid di Malaysia akan dibersihkan dan dilakukan pemasangan dekorasi.

  1. China

Ratusan Muslim Tiongkok dari etnis Hui berkumpul di Masjid Nandouya, Beijing untuk memperingati Maulid Nabi SAW. Mereka mengisi perayaan Maulid Nabi dengan membaca Alqur’an dan berdoa bersama.

Mereka kemudian makan bersama di sebuah ruang serba guna yang masih dalam area masjid. Berbagai macam makanan dihidangkan. Mulai dari nasi putih, roti goreng, nugget, sup ayam, sup daging sapi, bakso sapi, hingga bakso daging sapi goreng.

Selain negara-negara tersebut ada banyak negara lain yang menggelar peringatan maulid, seperti Saudi Arabia, Yaman, Mesir, Maroko, dan lainnya.

Baca Juga: Momentum Maulid Nabi Muhammad SAW, Pemkot Banjarbaru Apresiasi Pondok Pesantren Al-Falah

Baca Juga: 4.960 Orang Ikuti Tradisi Baayun Maulid di Tapin

Editor: Muhammad Bulkini